Rizal Firdaus Setiap nafas seseorang merupakan sebuah langkah menuju ajalnya.

√ 15+ Daftar Makanan Khas Surabaya yang Bikin Menggoda

6 min read

Makanan Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya – Kota Surabaya ini termasuk kota terbesar di Indonesia dan juga sebagai kota sentra industri, Surabaya juga menjadi tempat tujuan bagi mereka para pembisnis maupun wisatawan.

Pastinya tidak cuma bisnis dan wisatawan lokal sala, tetapi sudah banyak wisatawan yang berasal dari berbagai negara.

Hal tersebut membuat kota Surabaya ini menjadi sangat berkembang dalam dunia bisnis. Tidak hanya itu saja lho, kota Surabaya juga tidak mau ketinggalan di bidang kuliner.

Kira-kira ada makanan apa aja sih di Surabaya ini?

Berikut daftar makanan khas Surabaya yang dapat membuat kalian lapar, hehehe.

Makanan Khas Surabaya: Sate Klopo

Kuliner Khas Surabaya
travelaper.com

Sate Klopo ini bukan sembarang sate biasa, hehehe. Jadi sate yang terdapat pada gambar di atas itu dibuat dari daging sapi sebagai bahan utamanya.

Jangan berfikir kalau sate ini terbuat dari kelapa, kalau kelapanya itu hanya sebagai campuran saja seperti jeroan supaya bisa menambahkan rasa gurih.

Bahan yang digunakan untuk membuat sate ini yaitu:

  • 300 gram daging sapi yang berlemak
  • 1/2 butir kelapa muda
  • Siapkan 17 buah tusukan sate
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • ketumbar 3 sdm
  • kunyit bakar sekitar 1 ruas jari
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Tambah bumbu kacang sebagai pelengkap.

Untuk proses pembuatan sate ini sebelum hendak dibakar, sate ini harus dicampur atau dilumuri dengan kelapa yang telah diparut, nah hal ini yang membuat orang mengira bahwa sate ini dibuat dari bahan kelapa, hehehe.

Padahal sate ini cuma ditaburi parutan kelapa bertujuan agar rasa sate tersebut semakin gurih dan enak.

Sate klopo ini dapat kalian jumpai di Jalan Walikota Mustajab No 36. Surabaya dibagian barat Balai Kota Surabaya.

Makanan Khas Surabaya: Sate Lisidu

Kuliner Khas Surabaya
resepresepan.com

Di Surabaya terdapat makanan sate yang tentunya tidak kalah enak dengan sate klopo, sate tersebut adalah sate lisidu. Nah, sate lisidu ini berada di Jalan Kutai No 53, Wonokromo, Surabaya.

Kuliner Khas Surabaya ini menunjukan sesuatu hal yang sangat unik dari segi penampilannya, karena bentuknya terlihat pipih ketika sedang dibakar.

Pengipasannya juga menyeluruh dari arah atas hingga ke bawah yang membuat daginya ini menjadi bersih tanpa ada arang yang menempel.

Makanan Khas Surabaya: Sate Karak

Kuliner Khas Surabaya
Jatimnow.com

Sate karak ini tidak mau kalah dengan sate-sate yang lain, jadi di Surabaya itu terdapat beragam sate dan salah satunya itu adalah sate yang sudah kita bahas di bagian atas tadi.

Berbicara tentang sate karak, jadi sate ini dapat disebut sebagai kuliner khas Surabaya yang dimana keberadaan sate tersebut sudah cukup langka.

Salah satu lokasi yang masih ada penjual sate karak ini berada dikawasan Religi yaitu Sunan Ampel di Surabaya, tepatnya berada di Kampung Arab.

Untuk lokasi yang lebih jelas lagi yaitu di Jalan Ampel Lonceng, No 60, Ampel, Semampir, Surabaya.

Jadi, sate karak ini mempunyai perbedaan dengan sate yang biasa sering kita jumpai di daerah lain yang terbuat dari daging sebagai bahan utamanya.

Kalau sate karak ini dibuat dari usus sebagai bahan utamanya. Cara penyajiannya itu dengan karak tau nasi hitam serta ditambah dengan parutan kelapa supaya menjadi lebih gurih lagi.

Nah, buat kalian yang penasaran dengan rasa sate ini, segeralah untuk berkunjung ke alamat yang sudah kami sebutkan tadi, hehehe.

Makanan Khas Surabaya: Sego Sambel

Makanan Khas Surabaya
Travelingyuk.com

Buat kalian yang sering merasakan kelaparan pada malam hari, boleh banget nih kalian mencoba untuk mencicipi kuliner khas Surabaya yang satu ini yaitu sego sambal.

Di Jalan Wonokromo Wetan No 12, terdapat sebuah warung yang menjual sego sambal atau nasi sambal ini, pastinya tidak asing banget di telinga kalian kan.

Sego sambal biasanya dibuka mulai pukul: 10 malam hari.

Seperti namanya, kuliner yang satu ini menyajikan nasi putih dengan tambahan sambal dan lauk yang menggugah selera.

Dengan memakan sego sambal ini bisa membuat lapar kalian menjadi hilang.

Makanan Khas Surabaya: Lontong Kupang 

Makanan Khas Surabaya
id.openrich.com

Kalau kalian sedang berlibur ke Surabaya jangan rasanya kurang afdhol kalau belum mencicipi kuliner khas Surabaya yang satu ini.

Lontong kupang ini terbuat dari kupang putih yang sama dengan kerang lalu dimasak dan juga direbus dengan tambahan lontong petis serta perasan dari jeruk.

Jika memakan lontong kupang yang cukup unik ini biasanya dengan es kelapa muda serta sate kerang.

Buat kalian yang penasaran dengan makanan ini, maka kalian bisa langsung datang ke Jalan Darmo Indah No 7 di Warung lontong kupang ibu siti.

Makanan Khas Surabaya: Lontong Balap

Jajanan Khas Surabaya
Resepkoki.id

Di Surabaya ini tersedia beragam jenis makanan, mulai dari makanan yang unik, enak serta langka serta makanan yang hits juga ada loh.

Lontong balap ini sudah ada dari tahun 1956 loh. Kira-kira, tuaan kalian apa lontong ini? Hehehe.

Kalau kalian sedang di Surabaya, usahakan untuk mampir dan membeli lontong balap ini, dijamin tidak akan ada penyesalan, karena yang ada itu hanya kekenyangan, wkwkwk.

Makanan Khas Surabaya: Rujak Cingur

Oleh Oleh Khas Surabaya
Beritagar.id

Apakah kalian tau dengan rujak cingur ini? Ituloh jajanan yang murah, lezat dan tidak bikin kalian jadi ngantuk, hehe.

Kalau kalian belum tau dengan jajanan yang satu ini, maka kalian wajib banget untuk mencobanya.

Makanan yang satu ini berasal dari Surabaya loh. Walaupun harganya terbilang murah, tapi kalau masalah rasa dijamin ngga murahan, mantapsss.

Jika kalian sedang berada di Kota Surabaya, maka sempatkanlah waktu kalian untuk mencicipi jajanan yang satu ini.

Makanan Khas Surabaya: Warung Kepiting Cak Gundul

Kuliner Khas Surabaya
Mediapangandaran.com

Kalian sudah tau belum dengan warung kepiting cak gundul? Kalau belum, maka kalian harus mencobanya.

Warung sesepuh yang berada di Surabaya ini sudah berdiri dari tahun 1992 loh, warung ini juga mempunyai menu andalannya salah satunya adalah kepiting bumbu kare dan juga kepiting asam manis.

Untuk lokasi warung kepiting ini berada di Jalan Kupang Indah.

Tidak cuma kepiting saja, kalian juga dapat memilih beragam jenis makanan lainnya, jadi tidak hanya kepiting yang menjadi menu utama di warung cak gundul ini.

Menu yang tersedia di warung cak gundul yaitu:

  • Kerang
  • Ikan
  • Udang
  • Cumi-cumi
  • Dsb.

Jadi kalau kalian sudah sangat penasaran dengan warung cak gundul ini, maka segeralah untuk mecicipinya di Surabaya.

Makanan Khas Surabaya: Tahu Tek

Makanan Khas Surabaya
qraved.com

Selanjutnya yaitu tahu tek. Jajanan yang satu ini dalam satu porsi berisi lontong, tahu goreng, serta kentang yang dipotong kecil-kecil.

Keunikan dari tahu tek ini adalah memotong bahannya tidak menggunakan pisau tetapi menggunakan gunting, jika sudah digunting, maka diberikan tambahan kecambah dan juga taburan seledri.

Untuk bumbu pelengkapnya ialah memakai bumbu petis di atasnya serta untuk lebih lengkap lagi harus diberi tambahan kerupuk agar lebih nikmat lagi ketika disantap.

Jajanan tahu tek ini termasuk makanan terfavorit di Surabaya loh.

Makanan Khas Surabaya: Nasi Goreng Jancuk

Kuliner Khas Surabaya
Pixabay.com

Makanan selanjutnya adalah nasi jancuk. Namanya sedikit agak kurang enak banget untuk di dengar, hehehe.

Dibalik namanya yang sangat kurang enak untuk kalian dengar, nasi goreng ini enak banget untuk kalian cicipi ketika sedang berada di Surabaya.

Nasi goreng ini mempunyai rasa yang sangat-sangat pedas, sampai-sampai orang memakan nasi goreng ini ingin berteriak jancuk, wkwkwk.

Makanan Khas Surabaya: Mie Akhirat

Jajanan Khas Surabaya
Kitamuda.id

Dari namanya memiliki makna yang sangat seram sekali di telinga kita, mie akhirat ini mempunyai dua warna yaitu hitam dan juga putih, hotam yang berarti yang memiliki arti neraka sedangkan putih yang artinya surga.

Dinamakan mie akhirat itu karena pemiliknya itu terinspirasi dengan urusan dunia sesudah kematian, ialah akhirat.

Cara menjualnya juga sangat menarik, mulai dari diskon buat kalian yang jomblo sudah bertahun-tahun, sampai gratis bagi mereka yang berpuasa seni dan kamis. Apakah kalian tertarik untuk mencobanya?

Makanan Khas Surabaya: Rawon Setan

Makanan Khas Surabaya Paling Enak
inibaru.id

Rawon setan ini merupakan oleh-oleh khas Surabaya yang memiliki kuah berwarna hitam pekat, rawon setan ini masih satu jenis dengan soto.

Warna hitamnya itu bersumber dari kluwak atau bumbu untuk membuat rawon.

Rawon setan ini dibuat dari daging sapi sebagai bahan utamanya, daging sapi tersebut dipotongnya lebih besar dibandingkan dengan rawon-rawon yang biasa kita makan, bentuk rawon setan ini juga sangat empuk sekali ketika digigit.

Rawon setan ini juga memakai tambahan jeroan atau kikil sapi, pas banget buat kalian pecandu rawon, silahkan datang ke daerah Surabaya.

Makanan Khas Surabaya: Nasi Cumi

Sajian Khas Surabaya
qraved.com

Selanjutnya kita akan membahas tentang makanan favoritnya orang Surabaya, makanan ini mempunyai harga yang sangat murah, dan rasanya juga tidak murahan.

Sayang sekali kalau kalian berkunjung ke Surabaya, tapi tidak mencicipi makanan orang Surabaya ini.

Hidangan ini disajikan dengan memakai nasi yang masih hangat serta ditambah dengan serundeng.

Menu lainnya ada juga seperti mie kuning dan sambal pecit dan juga tambahan lauk cumi hitam.

Apakah kalian tertarik untuk mencoba makanan ini? Ngga usah kebanyakan mikir deh, hehehe.

Makanan Khas Surabaya: Pecel Semanggi

Jajanan Khas Surabaya
dailywuz.com

Pecel semanggi ini salah satu makanan khas Surabaya, makanan ini berbahan dasar semanggi, jadi semanggi itu merupakan sebuah jenis tanaman yang dapat dimakan.

Kalau kalian pasti merasa sedikit agak aneh ketika mendengar nama tanaman semanggi ini.

Di daerah Surabaya biasanya semanggi ini sering diolah menjadi makanan seperti pecel dengan menggunakan tambahan berupa daun pepaya hingga disebut sebagai pecel semanggi.

Tetapi sayang sekali, kalau sekarang sedikit agak sulit untuk menemukan pecel semanggi ini karena sudah banyak makanan yang lainnya.

Makanan Khas Surabaya: Bebek Mercon

Makanan Khas Surabaya
Lakehavensdiary.blogspot.com

Buat kalian pecandu kuliner yang pedas, kebetulan ada makanan yang cocok banget nih buat tipe orang seperti kalian.

Bebek mercon ini merupakan makanan khas Surabaya yang terbuat dari daging bebek sebagai bahan utamanya.

Jadi, makanan ini disajikan dalam kondisi rasa yang sangat pedas banget tentunya.

Sehingga ketika kita pertama kali memakannya pasti bakal muncul sensasi pedas di mulut layaknya seperti sedang terbakar.

Gimana, apakah kalian tertarik untuk mencoba makanan pedas yang satu ini? Hehehe.

Pada tiap satu porsi bebek mercon ini terdapat sebuah nasi putih yang pastinya masih dalam kondisi masih hangat.

Tidak hanya nasi saja, jadi ada beberapa lagi seperti tahu goreng, lalapan serta tidak lupa dengan sambal bumbu.

Kalau kalian tertarik untuk mencoba jajanan khas Surabaya yang satu ini, kalian bisa langsung datang saja ke Surabaya.

Nah, itu dia pembahasan seputar makanan khas Surabaya yang wajib kalian cobain. Jika terdapat makanan khas Surabaya lainnya yang belum kami tulis, silahkan beritahu kami dengan meninggal pesan di kolom komentar.

Semoga artikel ini bisa menjadi referensi kalian ketika sedang di Kota ini. Terima kasih.

Rizal Firdaus Setiap nafas seseorang merupakan sebuah langkah menuju ajalnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: