Rizal Firdaus Setiap nafas seseorang merupakan sebuah langkah menuju ajalnya.

√ 13+ Makanan Khas Cianjur yang Menggoda Tiada Duanya

5 min read

Makanan Khas Cinajur

Makanan Khas Cianjur – Negara Indonesia sangat dikenal dengan beragam jenis budaya dan juga adat yang dimilikinya. Selain dari pada itu, Indonesia juga mempunyai beragam macam kuliner yang membuat kalian tidak bisa untuk melewatkannya.

Mulai dari Sabang hingga Merauke yang tentunya mempunyai ciri khas tersendiri yang bisa menambah nilai-nilai kebudayaan yang dimiliki oleh negara Indonesia ini. Salah satunya adalah daerah Cianjur yang memiliki beragam kuliner yang sangat khas sekali.

Dibawah ini kami sajikan daftar makanan khas yang terdapat di daerah Cianjur, antara lain.

Makanan Khas Cianjur, Tauco

Makanan Khas Cianjur
Masakapaya.com

Tauco ini merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah Cianjur. Sehingga membuat banyak orang tertarik untuk mencari tauco ini ini sebagai makanan yang memiliki citarasa yang sangat khas.

Makanan khas Tauco ini terbilang cukup populer di kalangan masyarakat Cianjur, salah satu tauco yang sangat populernya itu adalah tauco cap meong. Tauco tersebut dibuat oleh Nyonya Tasma.

Nyonya Tasma tersebut menjual makanan ini sekitar Rp. 15.ooo/botol. Buat kalian yang sangat penasaran ingin mencobanya, bisa langsung datang ke Jalan HOS Cokroaminoto.

Tempat tersebut biasanya sangat ramai sekali dengan para pengunjung ketika hari libur.

Mochi Khas Cianjur

Jajanan Khas Cianjur
en.wikipedia.org

Makanan selanjutnya adalah mochi. Nah, mochi ini termasuk ke dalam salah satu oleh-oleh khas yang terdapat di daerah Cianjur. Makanan ini sudah menyebar luas di kawasan Jawa Barat.

Mochi ini dibuat dari isian bagian dalam pada kacang tanah dan pada bagian luarnya memakai tepung kanji.

Hingga rasa lezat nantinya akan dirasakan ketika kalian sedang memakannya, paling pas bersama teh yang hangat untuk mengkonsumsinya. Kalau kalian tertarik untuk mencoba makanan khas Cianjur yang satu ini.

Makanan ini sangat cocok jika dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Kuliner Khas Cianjur, Laksa

Makanan Khas Cianjur
Youtube.com

Laksa ini merupakan salah satu daftar makanan khas daerah Cianjur, makanan ini sangat digemari oleh banyak orang. Mungkin dari kalian sudah ada yang pernah mencoba makan makanan ini.

Laksa Cianjur ini mempunyai citarasa yang khas Loh, rasa tersebut yang membuatnya menjadi berbeda dengan laksa-laksa yang terdapat di kota-kota lainnya.

Makanan khas yang satu ini memiliki harga yang sangat terjangkau loh, sehingga banyak masyarakat yang menyukainya. Kalau kalian sedang berada di daerah Cianjur ini jangan sampai tidak mencoba makan laksa ini, kalian wajib untuk mencobanya.

Laksa ini bisa kalian temukan di pinggir-pinggir jalan yang sedang kalian lewatkan, makanan ini sangat mudah sekali untuk ditemukan.

Sajian Khas Cianjur, Geco

Kuliner Khas Cianjur
Kaskus.co.id

Geco merupakan sebuah nama singkatan dari kata toga dan tauco. Makanan ini merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal akan kelezatannya. Jika kalian mencoba makan geco ini saya jamin pasti bakalan ketagihan.

Makanan ini mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan kupat tahu. Yang membuat geco ini berbeda dengan kupat tahu adalah tambahan saus tauco pada geco.

Makanan khas Cianjur yang satu biasa dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan yang terpenting bisa membuat perut kalian kenyang.

Roti Manis Tan Keng Cu

Jajanan Khas Cianjur
Pixabay.com

Makanan selanjutnya adalah roti manis. Makanan yang satu ini termasuk ke dalam makanan khas daerah Cianjur yang terbilang sudah cukup lama diproduksi.

Roti manis ini sudah diproduksi sejak tahun 1926. Tetapi hingga sekarang roti manis ini masih menjadi makanan khas yang cukup banyak sekali di cari oleh para wisatawan yang sedang datang ke daerah Cianjur.

Roti manis khas Cianjur ini termasuk makanan yang sangat populer. Cara pembuatannya juga masih memakai cara yang sangat tradisional sekali.

Karena dari hal tersebutlah yang membuat makanan khas ini mempunyai citarasa yang khusus dan sangat lezat.

Asinan Bersama Manisan Buah

Makanan Khas Cianjur
Lifestyle.okezone.com

Jenis makanan khas Cianjur selanjutnya adalah asinan dan manisan. Makanan ini terdiri dari beragam jenis buah-buahan yang kemudian di campur pada satu wadah, kemudian disirami menggunakan bumbu khas yang memiliki rasa pedas.

Bumbu pada asinan ini biasanya dalam bentuk cair. Untuk mengkonsumsi makanan ini paling cocok pada waktu siang hari.

Kalau kalian sudah mencoba asinan ini sekali saja dijamin bakal ketagihan. Hal tersebut bisa terjadi karena dari antusias para wisatawan yang sedang berkunjung daerah Cianjur ini akan mencari asinan ini. Selain dari pada asinan, disini juga terdapat manisan yang keringkan dan dicampur dengan gula.

Marici Putu Mayang

Kuliner Khas Cianjur
Review.bukalapak.com

Makanan khas Cianjur selanjutnya adalah marici. Makanan ini memiliki nama yang sangat unik sekali yaitu marici, kata marici tersebut merupakan sebuah singkatan yang kalau diartikan adalah makanan ringan khas Cianjur.

Makanan ini adalah kue putu mayang yang dibuat dari tepung beras yang kemudian dibentuk sebagai bahan utamanya.

Marici ini biasanya dikukus serta disajikan bersama saus gula dan juga santan. Nah, tidak hanya itu saja, jadi masih terdapat marici lainnya seperti marici rengginang.

Marici rengginang tersebut dibuat dari beras ketan sebagai bahan utamanya, beras ketan tersebut dikeringkan dengan cara dijemur dan jika sudah kering akan langsung digoreng.

Mie Ayam Mang Memed

Kuliner Khas Cianjur
Pixabay.com

Kalau kalian merasa pencinta mie ayam, maka kalian wajib mencoba mie ayam khas Cianjur ini, kalian wajib mencobanya. Mie ayam Mang Memed ini disajikan dengan semenarik mungkin dan pastinya mempunyai citarasa yang sangat khas sekali.

Hal tersebut merupakan salah satu kuliner yang sangat legendaris yang terdapat di Cianjur. Untuk lokasi mie ayam Mang Memed ini sangatlah dekat dengan toko roti manis Tan Keng Cu.

Jika kalian sedang berkunjung ke daerah ini, maka kalian wajib untuk mencoba kuliner khas yang satu ini.

Rasa mie ayam yang dimiliki oleh Mang Memed ini sangatlah lezat dan juga gurih yang membuat kalian menjadi ketagihan.

Bubur Cianjur

Sajian Khas Cianjur
uzone.id

Selanjutnya adalah bubur. Makanan khas Cianjur ini disajikan menggunakan santan yang memiliki warna kuning. Tetapi, yang membuat bubur ini spesial adalah pada bubur Cianjur ini menggunakan jeroan ayam, usus dan juga ampela untuk bahan pelengkapnya.

Makanan khas Cianjur ini sangat cocok sekali untuk kalian jadikan sebagai makanan sarapan sebelum melakukan berbagai aktivitas. Harga pada bubur ini juga sangatlah terjangkau serta sangat mudah untuk kalian temukan.

Kalau kalian sedang berkunjung ke Cianjur, maka kalian wajib mencoba makan bubur khas Cianjur yang satu ini.

Nasi Pepes

Makanan Khas Cianjur
Agungnurcahyonophoto.blogspot.com

Selanjutnya adalah nasi pepes khas Cianjur. Makanan ini menjadi salah satu makanan khas yang terdapat di Cianjur, dikarenakan mempunyai ciri khas tersendiri. Nasi pepes ini sangat cocok untuk mengatasi rasa lapar, pada makanan ini juga mempunyai rasa yang lezat.

Tekstur yang dimiliki pada nasi pepes ini sangatlah lembut karena melalui dua kali proses pemasakan.

Berikut proses pemasakan nasi pepes:

  1. Masak nasi hingga setengah matang, campur bumbu khas dan juga ayam
  2. Bungkuslah nasi tersebut menggunakan daun pisang kemudian pepes.

Yang membuat nasi pepes ini sangat khas adalah aroma ayam dan juga daun kemanginya.

Jajanan Khas Cianjur, Roti Popon

Jajanan Khas Cianjur
Pawonsekars.blogspot.com

Mungkin kalian sudah pada tau bahwa roti itu merupakan sebuah olahan dari tepung yang dapat kalian jadikan sebagai asupan karbohidrat untuk tubuh kita.

Roti popon ini merupakan makanan khas Cianjur yang sangat terkenal kerana memiliki rasa yang begitu enak. Bentuk roti popon ini tidak terlalu besar, roti ini juga mempunyai rasa andalannya yaitu rasa cokelat.

Perlu kalian ketahui bahwa roti popon ini merupakan olahan roti homemade yang dibikin sendiri menggunakan tangan serta oven untuk memasaknya. Rasa khas yang dimiliki pada roti popon ini karena proses pembuatannya masih menggunakan cara yang sangat tradisional.

Roti popon ini juga tidak mau kalah dengan roti-roti yang lainnya.

Sate Maranggi

Kuliner Khas Cianjur
Pergikuliner.com

Sate merupakan makanan yang sering kalian temukan dan kalian makan. Nah, kalau sate maranggi ini terlihat sangat biasa saja karena bumbunya tidak terlihat. Ketika memasak sate maranggi ini bumbu bacemnya dilumurkan pada olahan sate yang kemudian dibakar sampai bumbu tersebut meresap.

Yang menjadi sate maranggi ini sangat khas adalah pada dagingnya itu memiliki tekstur yang sangat empuk. Hal demikian yang menjadikan sate ini sangat disukai oleh banyak orang.

Harga sate maranggi ini juga sangatlah terjangkau sekali.

Ikan Bakar Khas Cianjur

Kuliner Khas Cianjur
Pergikuliner.com

Ikan bakar ini merupakan salah satu makanan khas yang sangat terkenal di daerah Cianjur. Karena pada ikan bakar ini menggunakan bumbu yang sangat khas dan hal tersebutlah yang membuatnya berbeda. Kalian dapat memilih jenis ikan yang kalian sukai. Makan ikan ini sangat pas menggunakan nasi panas.

Bahkan sekarang ini sudah terdapat beberapa resto ikan Cianjur yang cukup besar di berbagai daerah. Hal ini dilakukan supaya semua masyarakat bisa merasakan kelezatan yang dimiliki ikan bakar khas ini tanpa perlu pergi ke Cianjur.

Nah, itulah ulasan seputar makanan khas daerah Cianjur yang bisa kami sampaikan, semoga dengan adanya artikel ini bisa dijadikan sebagai referensi kalian semua yang penasaran dengan makanan khas yang terdapat di daerah Cianjur ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Rizal Firdaus Setiap nafas seseorang merupakan sebuah langkah menuju ajalnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: