Makanan Khas Salatiga

√ 13+ Daftar Makanan Khas Salatiga Paling Terkenal

Berbicara seputar kuliner, kira-kira kalian sudah ada yang pernah makan makanan khas Salatiga apa belum? Kalau belum, maka kalian wajib simak ulasan ini dengan seksama. Oh iya, sebelumnya kita sudah membahas seputar makanan khas Surabaya yang paling populer dan paling banyak diminati oleh banyak orang.

Perlu kalian ketahui, bahwa kuliner khas Salatiga juga tidak kalah menarik nih dari kuliner khas Surabaya tadi, di daerah ini terdapat ragam jajanan yang unik dan bisa buat perut kamu kenyang.

Oke tidak perlu panjang lebar, langsung saja simak pembahasan beberapa kuliner-kuliner menarik di bawah ini.

Ampyang atau Gula Kacang

Makanan Khas Surabaya
Sajiansedap.grid.id

Ampyang ini lebih dikenal dengan sebutan gula kacang, jajanan yang satu ini merupakan jajanan khas daerah Salatiga yang enak banget untuk kalian coba. Ampyang ini memiliki rasa kacang yang gurih sekali, karena bercampur dengan rasa manis dari gula.

Nah, di daerah ini terdapat penjual ampyang yang sangat populer di Salatiga yaitu Bu Bekel. Jajanan yang satu ini sangat mudah sekali untuk kalian jumpai ketika sedang berada di daerah ini.

Karena hampir di semua toko itu menjual jajanan khas yang satu ini. Jadi kalian tidak perlu khawatir untuk mencarinya.

Makanan Khas Salatiga, Sate Sapi Suruh

Kuliner Khas Surabaya
Pixabay.com

Sate yang satu ini berbeda dengan sate pada umumnya, Jajanan tradisional khas dari Salatiga ini dibuat dari daging sapi yang dijadikan sebagai bahan utamanya. Kemudian ditambahkan dengan bumbu dari kacang dan juga kecap manis serta ditaburi perasan jeruk nipis dan taburan irisan bawang.

Dari pencampuran tadi mampu membuat makanan yang satu ini menjadi lebih gurih untuk dimakan. Selain dari resep bumbu yang sangat sempurna itu, jajanan tradisional ini juga mempunyai daging empuk yang tidak bau amis.

Kuliner Khas Salatiga, Soto Esto

Kuliner Khas Salatiga
id.tastemade.com

Memakan soto ini di daerah yang memiliki suhu dingin menjadi sesuatu hal yang sangat direkomendasikan. Selain mempunyai rasa yang sangat enak, makanan ini dapat membuat badan kita menjadi hangat.

Soto Esto merupakan makanan khas Salatiga yang mempunyai kuah kaldu yang bening agak sedikit kekuningan serta dicampur dengan santan yang gurih, nasi, mie beras serta kerupuk.

Jadi jika kalian sedang berada di daerah Salatiga ini, maka kalian harus mencicipi makanan khas yang satu ini. Dan ada satu lokasi yang sangat populer untuk menyantap makanan ini ialah warung Soto di Jalan Langensuko No.04. Kedai yang satu itu mulai dibuka dari jam 06 pagi sampai tutup sekitar jam 12 malam.

Untuk harga sekitar Rp. 10.000/porsi.

Gecok Kambing

Makanan Khas Salatiga
Pegipegi.com

Kuliner yang satu ini memiliki nama yang agak sedikit aneh, tapi perlu diketahui bahwa kuliner ini juga mirip dengan tongseng  dan memiliki rasa yang gurih.

Dari keanehan namanya itu, kuliner khas Salatiga yang satu ini mempunyai rasa yang sangat khas, karena dibuat dari campuran racikan rempah-rempah, lada dan juga kelapa sangrai yang menjadikan makanan ini semakin lezat untuk disantap.

Kalau kalian sedang mencari makanan ini bisa langsung saja datang ke lokasi Warung Bu Ari, Jalan Tuntang-Beringin. Harga untuk satu porsi Gecok Kambing dengan tambahan nasi cukup mengeluarkan uang sekitar Rp.15.000 saja.

Sajian Khas Salatiga, Opor Bebek

Kuliner Khas Salatiga
Picdeer.org

Opor biasanya dibuat menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Tapi ada yang berbeda nih dengan opor khas Salatiga. Di daerah ini opor yang dibuat menggunakan bahan dasar bebek loh.

Ada kedai opor bebek yang sangat populer di daerah Salatiga ini yaitu kedai miliki Mak Yah, lokasi tersebut di Jalan Raya Kota Salatiga.

Untuk menu makanan di warung tersebut masih sangat tradisional banget, karena cara memasaknya itu masih menggunakan tungku, sehingga hasilnya pun sangatlah berasa sekali bumbunya.

Warung Mak Yah dibuka mulai pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore saja. Jadi kalau kalian mau mencicipi makanan khas di warung ini, kalian jangan sampai terlambat.

Jajanan Khas Salatiga, Ronde Sekoteng

Jajanan Khas Salatiga
Travelingyuk.com

Ronde sekoteng merupakan sebuah minuman favorit dari dulu sampai sekarang di daerah Salatiga ini. Ronde ini terbuat dari tepung beras dengan memiliki isi dari gula merah, ronde ini dibentuk seperti sebuah bola kecil yang dicampurkan menggunakan air dari jahe, kacang tanah dan kolang-kaling.

Jika ingin menghasilkan rasa yang paling enak, maka ronde sekoteng Jagolah yang paling pas buat jawaban tersebut. Warung tersebut berlokasi di Jalan Jendral Soedirman no.09 dan sudah waktu bukanya itu pukul 3 sore sampai jam 10 malam.

Kalau kalian sedang berada di daerah ini silahkan untuk mencoba mencicipi minuman khas Salatiga ini.

Jajanan Khas Salatiga, Bakmi

Kuliner Khas Salatiga
Bakmi.clu

Selanjutnya yaitu kuliner bakmi khas Salatiga, makanan ini jangan sampai kalian lewatkan. Jadi, kalian harus mencoba mencicipi makanan tradisional yang satu ini. Bakmi yang ada di daerah Salatiga ini termasuk makanan yang paling banyak peminatnya, karena memiliki citarasa yang sangat enak sekali.

Berikut bahan utama untuk membuat bakmi khas Salatiga, yaitu:

  • 600 gram mie yang basah (mie telor), masak dan sisihkan
  • 1 sendok makan minyak sayur
  • 60 gram rebusan daging ayam, kemudian dipotong kecil-kecil kasar
  • 100 gram terigu
  • 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • Kaldu ayam 1/2 liter
  • Telur bebek 1 butir
  • 75 gram kol, lalu rajang kasar
  • Daun bawang 1 btng
  • 1/2 buah tomat, lalu rajang kasar.

Kalau kalian tidak mau ribet membuatnya, kebetulan ada tempat rekomendasi nih buat kalian yang mau langsung makan yaitu Bakmi Djowo, lokasinya di Jalan Semeru-Sidomukti. Cara memasak yang digunakan masih sangat tradisional sekali dengan menggunakan tungku dari kayu bakar.

Untuk harganya sekitar Rp.10.000/porsi, dan kalian dijamin tidak akan menyesal.

Enting-Enting Gepuk

Jajanan Khas Salatiga
Travel.tribunnews.com

Enting-enting gepuk ini merupakan sebuah makanan yang berkategori makanan ringan dan banyak sekali dibeli para wisatawan untuk mereka jadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah.

Coba kalian lihat gambar di makanan ini di atas, kalau dilihat dari gambar di atas, jajanan tradisional yang terbuat dari kacang tanah yang ditumbuk dan gula merah ini sangat pas banget kalau dijadikan untuk makanan cemilan.

Jika kalian tertarik untuk mecicipi makanan ini, kami rekomendasikan untuk pergi ke toko oleh-oleh Oom Tan, lokasinya di Jalan Jendral Soedirman-Kalicacing.

Untuk harga sekitar Rp.17.000 – Rp.22.000/biji.

Makanan Khas Salatiga, Gudeg Koyor

Kuliner Khas Salatiga
Indonesia.go.id

Untuk makanan yang satu ini bernama gudeg koyor. Gudek koyor ini merupakan sebuah makanan yang terbuat dari otot sapi sebagai bahan utamanya kemudian dimasak hingga mirip dengan gulai padang serta mempunyai rasa yang kenyal ketika disantap.

Untuk gudek koyor yang paling populer dan terkenal akan kelezatannya sampai sekarang ini masih dipegang oleh Reksa Bu Jono, lokasinya yaitu di Jalan Progo, Kutowinangun, Tingkir, Kota Salatiga. Warung tersebut dibuka mulai jam 8 sampai jam 4 sore.

Untuk harga makanan ini sekitar Rp.15.000/porsi saja.

Jajanan Khas Salatiga, Getuk Ketek

Makanan Khas Salatiga
nyaribisnis.com

Selanjutnya yaitu kuliner yang terbuat dari singkong sebagai bahan utamanya kemudian direbus sampai empuk dan juga dikasih parutan kelapa di bagian atasnya itu termasuk salah satu jajanan tradisional yang paling legendaris.

Getuk ini mempunyai rasa yang sangat pulen dan juga gurih yang dapat membuat siapa saja yang makanan getuk itu menjadi ingin nambah, hehehe.

Tapi sayang sekali getuk itu cuma bisa bertahan sampai 6 jam saja.

Oleh-Oleh Khas Salatiga, Bakpia Om Tan

Jajanan Khas Salatiga
Bisnisusahaonline.com

Kalian pasti sudah mengenal beragam macam bakpia. Tetapi ada yang berbeda nih dengan bakpia yang ada di Salatiga ini, bakpia di daerah ini dikenal dengan bakpia Om Tan.

Kalian bisa menemukan bakpia Om Tan ini di bagian pusat oleh-oleh yang berlokasi di Kota Salatiga. Bakpia di situ mempunyai beragam jenis varian rasa loh, seperti rasa kacang, cokelat hijau, keju dan rasa yang pernah ada, wkwkwk.

Kopi Babah Kacamata

Oleh Oleh Khas Salatiga
Food.detik.com

Buat kalian para pecinta kopi, oleh-oleh yang satu ini sangat pas ketika sedang berkunjung ke daerah Salatiga ini, oleh-oleh ini bernama Kopi Babah Kacamata.

Kopi babah kacamata merupakan kopi khas di daerah Salatiga yang dibuat dari biji kopi asli sebagai bahan utamanya dan dimasak menggunakan cara yang sangat tradisional. Kopi ini mempunyai rasa yang sangat khas, tentunya berbeda dengan kopi yang lainnya.

Keripik Paru

Oleh Oleh Khas Salatiga
Resepkuerenyah.com

Keripik paru ini dibuat dari bagian paru sapi sebagai bahan utamanya. Biasanya keripik itu selalu terbuat dari singkong ataupun bayam, namun keripik ini terbuat dari paru sapi yang menjadikannya sangat khas sekali.

Rasa dari keripik paru ini juga sangatlah renyah dan gurih sekali ketika dimakan. Untuk harga keripik ini agak sedikit mahal kalau dibandingkan dengan keripik lainnya.

Makanan khas disetiap daerah itu merupakan makan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat daerah dan masakan di suatu daerah itu biasanya mencerminkan karakter masyarakat.

Mahal tersebut dikarenakan bahan pembuatannya menggunakan dari organ tubuh dari hewan sapi dan menjadikan makanan ini sebagai makanan yang cukup unik sekali.

Nah, itulah pembahasan seputar makanan khas dari daerah Salatiga. Semoga buat kalian yang sedang berkunjung ke daerah ini bisa mampir sebentar untuk menikmati berbagai macam makanan yang khas dari daerah ini. Dan semoga artikel ini bisa menjadi salah satu referensi kalian. Terima kasih.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: