Jenis Seni Rupa

Jenis Seni Rupa – Pengertian, Fungsi, Gambar [Terlengkap]

Berbicara mengenai jenis seni rupa itu memang tidak akan pernah ada batasnya. Karena seni sendiri merupakan salah satu sebuah wujud ekspresi dari seseorang yang ditumpahkan menjadi suatu bentuk imajinasi. Yang dimana di dalamnya terkandung keindahan, cerita, dan juga curahan hati dari pembuat karya tersebut.

Nah, kira-kira kalian ini termasuk seorang penikmat seni rupa apa bukan? Atau mungkin kalian merasa berminat untuk mempelajari seni rupa? Kalau benar, maka kalian harus menyimak ulasan di bawah ini sampai habis.

Berikut jenis-jenis dari karya seni rupa yang perlu kalian ketahui sebagai berikut.

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi

Seni rupa merupakan sebuah cabang yang melahirkan karya seni yang dimana dari segi bentuk serta kualitasnya dapat dirasakan dengan indera manusia, terkhusus indera penglihatan dan juga indera peraba.

Ada sebagian juga yang bilang bahwa seni rupa itu merupakan cabang kesenian yang menghasilkan sebuah karya yang bisa dinikmati oleh masyarakat secara umum, karena bisa mempunyai bentuk serta wujud yang nyata dan bisa dilihat.

Jenis Karya Seni Rupa

Jenis Seni Rupa
Pasberita.com

Padahal pembagian karya seni itu merupakan sebuah peran penghimpun atau induk dari sebagian karya seni. Nah, di dalam karya seni itu sendiri mempunyai dua kelompok yaitu seni rupa 2 dimensi dan juga seni rupa 3 dimensi.

Berikut ini adalah penjelasan seputar jenis-jenis karya seni.

Ragam Seni Rupa 2 Dimensi

Jenis dari Seni rupa 2 dimensi ini merupakan sebuah karya seni yang bisa dilihat melalui satu sudut saja dan juga memiliki dimensi yang panjang serta lebar.

Berikut ini adalah contoh-contoh dari seni rupa 2 dimensi.

Seni Lukis

Ragam Seni Lukis
Fimela.com

Seni lukis ini merupakan salah satu dari cabang seni rupa yang tercipta dari ide atau imajinasi seorang seniman yang ditumpahkan melalui media garis, tekstur, warna, gelap dan terang ataupun bidang serta bentuk.

Lukisan sendiri merupakan suatu pengembangan yang lebih sempurna dari pada menggambar. Seni lukis yang disediakan dalam bidang dua dimensi seperti:

  • Kertas
  • Kanvas
  • Papan
  • Dsb.

Seni Relief

Jenis Seni Rupa
Sbflashequipment.com

Relief ini merupakan seni pahat dan juga ukiran tiga dimensi yang sering dibuat di atas batu. Bentuk dari ukiran ini paling sering sekali ditemui pada bangunan seperti candi, kuil, monumen dan tempat-tempat bersejarah lainnya.

Relief pada candi Borobudur itu merupakan salah satu dari pada contoh yang dipakai untuk menggambarkan kehidupan seorang Budha serta ajaran-ajarannya.

Kalau di Eropa sendiri, ukuran kuil-kuil kona Parthenon juga masih dapat dinikmati hingga sekarang sebagai bekas peninggalan sejarah dari Yunani kuno.

Seni Grafis

Jenis Seni Rupa
Pixabay.com

Seni grafis termasuk salah satu dari cabang seni rupa yang proses untuk membuatnya itu memakai teknik cetak, biasanya sering dilakukan di atas kertas.

Lukisan ini pada sisi lain dapat menciptakan karya seni yang unik. Cetakan dibuat dari permukaan sebuah bahan, kalau yang paling umum dipakai yaitu seperti plast logam, biasanya berupa tembaga atau juga seng untuk etsa.

Kalau batu dipakai untuk litografi, dan masih banyak lagi yang dipakai menggunakan karya seni ini. Pada tiap-tiap hasil cetakan sering disebut sebagai karya seni orisinil, jadi bukan sebuah salinan.

Bentuk Seni Rupa 3 Dimensi

Seni rupa 3 dimensi ini merupakan sebuah karya seni yang memiliki bentuk seperti bangun ruang dan mempunyai volume yang dimana dimensinya itu terdiri dari tinggi, panjang, dan juga lebar.

Seni Patung

Jenis Seni Rupa
Trivindo.com

Seni patung ini merupakan sebuah bentuk karya seni tiga dimensi yang dibuat oleh manusia dan bisa menampilkan nilai-nilai keindahan atau estetika. Seni patung ini digolongkan sebagai seni tiga dimensi, karena mempunyai ukuran yang panjang, lebar dan juga tinggi.

pada umumnya patung itu dibuat memenuhi kebutuhan batin manusia atau juga cuma sekedar untuk dinikmati keindahan karya seni tersebut.

Seni Arsitektur

Jenis Seni Rupa
wanita.me

Seni arsitektur ini merupakan suatu cabang karya seni yang memakai imajinasi untuk memberikan bentuk pada sebuah bangunan serba guna ataupun bangunan tempat kita tinggal.

Kalau di dalam dunia arsitektur, seniman itu menyusun pembangunan lingkungan dalam lingkup yang kecil, misalnya seperti desain produk atau bangunan, sampai dalam lingkup besar seperti perencanaan taman kota atau perkotaan.

Seni Kriya

Jenis Seni Rupa
bekraf.go.id

Seni kriya ini merupakan sebuah warisan dari budaya nenek moyang yang bisa dibilang sudah mendarah daging. Mulai dari zaman dahulu, terkhusus di zaman pemerintahan yang masih dalam bentuk kerajaan, dan kriya jenis ini telah banyak digunakan.

Salah satu jenis kriya yang dipakai adalah senjata, yang dimana senjata tersebut biasa digunakan untuk penjagaan sebuah kerajaan ataupun saat ingin berperang, semua itu terbuat dari logam.

Berikut ini contoh dari senjata yang terbuat dari logam, antara lain:

  • Keris
  • Tombak
  • Pedang
  • Tameng
  • Dsb.

Selain dari alat-alat yang disebutkan itu, ternyata ada juga alat-alat musik yang pembuatannya menggunakan logam sebagai bahan utamanya, seperti Gamelan dan juga gong.

Seni Keramik

Jenis Seni Rupa
Pixabay.com

Pada jenis karya seni rupa yang satu ini berasal dari tanah sebagai bahan utamanya. Untuk proses pembuatannya yaitu dengan cara dibakar, seperti gerabah dan juga genteng.

Namun karena teknologi sekarang ini semakin canggih, bahan dasar keramik itu digabung dengan logam kimia yang sudah ditentukan. Sehingga bisa membentuk bahan dasar yang baru.

Keramik ini mempunyai tiga sifat, antara lain:

  1. Keras
  2. Mudah pecah
  3. Kaku

Karya seni keramik ini biasanya terlihat mengkilap dan cendrung mahal. Kerajinan keramik yang ada di Indonesia ini cukup mudah untuk dijumpai di beberapa daerah seperti daerah Malang, Purwakarta, dan juga Minahasa. Bentuk karya seni ini juga memiliki beragam jenis bentuk.

Di Minahasa ini memiliki bentuk kerajinan seperti jenis wadah, pot, dan panjang. Selain di Minahasa ternyata daerah Purwakarta juga sangat terkenal dengan kerajinan keramiknya lho.

Fungsi Seni Rupa

Jenis Seni Rupa
Superfighters.com

Kalau secara umum seni rupa itu adalah sebuah penyampaian pesan dan nilai-nilai budaya serta ekspresi dari seniman itu sendiri, sebagai sebuah tempat ritual keagamaan dan seuatu media ataupun alat untuk mengenang pada suatu peristiwa-peristiwa tertentu.

Berdasarkan dari fungsinya, seni rupa ini terbagi kepada dua, antara lain:

1. Fungsi Pribadi

Konsep dalam pembuatan sebuah seni ini lebih menekankan pada proses emosional dari si seniman itu sendiri. Peran seniman itu sebagai seorang kreator di dalam membuat sebuah karya seni.

Semua ide, pemikiran dan imajinasi itu dipadukan menjadi satu sehingga bisa menghasilkan sebuah karya seni yang indah serta enak dipandang.

Bagi mereka para seniman akan tercapai kepuasan tersendiri, ketika semua konsep dari hasil pemikirannya sudah tertuang dalam sebuah karya.

2. Fungsi Masyarakat

Setiap karya seni yang diciptakan oleh para seniman, pada umumnya itu akan dinikmati oleh masyarakat ataupun audiens. Jadi ketika sebuah karya seni itu di hadirkan pada masyarakat, maka pada saat itulah akan terjadi interaksi antara masyarakat dan pembuat karya seni tersebut.

Dari situ pula karya seni tersebut akan dinikmati, diberikan sebuah apresiasi serta diamati oleh para audiens.

Nah, demikian pembahasan seputar jenis seni rupa yang perlu kalian ketahui. Semoga bisa menjadi ladang untuk menambah wawasan kalian. Jika kalian tau mengenai jenis seni rupa lainnya, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Terima Kasih.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: