14+ Daftar Makanan Khas Sukabumi yang Wajib Kalian Tau

Makanan Khas Sukabumi
Pixabay.com

Berbicara mengenai ragam kuliner memang tidak ada habisnya, hari demi hari bahkan sampai tahun demi tahun perkembangan kuliner sangat pesat sekali, di pembahasan ini kita akan berbicara seputar makanan khas Sukabumi yang paling populer dan paling banyak peminatnya.

Perlu diketahui, bahwa daerah Sukabumi ini merupakan salah satu kota yang terbilang cukup kecil di daerah Jawa Barat. Sukabumi ini berasal dari Bahasa Sunda yaitu Suka dan Bumen yang artinya suatu wilayah disukai untuk menetap karena memiliki udara yang sejuk.

Untuk mempersingkat waktu, mari sama-sama kita simak ulasan mengenai makanan khas Sukabumi Jawa Barat berikut ini dengan seksama.

Makanan Khas Sukabumi Jawa Barat

1. Makanan Khas Sukabumi: Surabi

Makanan Khas Sukabumi
Pesona.travel.com

Oke disini kita akan membahas makanan khas yang pertama dari kota Sukabumi ini adalah surabi. Mungkin dari kalian semua sudah banyak yang mengetahui jajanan khas yang satu ini.

Yang menjadi khas banget dari daerah Sukabumi ini adalah surabi rasa durian. Jajanan ini tidak cuma ada di daerah Bandung saja, ternyata daerah Sukabumi juga tidak mau kalah, hehehe. Salah satu lokasi yang dapat kalian kunjungi yaitu di Jalan Jendral Soedirman Sukabumi.

Untuk soal rasa, kalian jangan takut diragukan lagi, sebab kalau kalian suka dengan makanan manis dan suka dengan durian sudah pasti suka dengan surabi ini juga.

2. Makanan Khas Sukabumi: Mochi 

Makanan Khas Sukabumi
Tastemade.com

Nih guys, selain dari surabi tadi, kalian juga pasti sudah tidak asing lagi dengan kue khas yang satu ini yaitu mochi. Untuk makanan khas Sukabumi yang satu ini sebenarnya berasal dari negara Jepang lho.

Jadi pada saat Jepang menjajah negara Indonesia, kue ini dibawa oleh tentara Jepang ke Indonesia dan sampai sekarang justru sudah sangat berkembang sekali kue yang satu ini. Mochi ini dibuat dari beras ketan yang ditumbuk sebagai bahan utamanya lalu dibentuk menjadi bulat-bulat.

Kalau untuk di negara Jepang sendiri, kue yang satu ini dijadikan sajian pada perayaan tahun baru Jepang. Mochi ini mempunyai rasa yang sangat khas sekali yaitu rasa manis, lembut serta lengket ketika dimakan.

Di Sukabumi, mochi yang paling populer adalah mochi lampion yang biasa dikenal dengan sebuatan Mochi Kaswari.

Mochi lampion sendiri sudah ada sejak tahun 1983-an. Keunikan dari mochi ini dibungkus menggunakan tempat yang berbentuk kotak dan terbuat dari anyaman bambu. Kalian juga dapat memilih beragam rasa yang tersedia.

Berikut varian rasa mochi lampion antara lain:

  • Original
  • Durian
  • Kacang
  • Kacang hijau
  • Blueberry
  • Kombinasi
  • Dsb.

Jika kalian tertarik untuk mencobanya, kamu juga bisa langsung datang ke lokasi Jalang Bhayangkara No.19, Kaswari 11, Selabatu, Cikole Jawa Barat.

3. Makanan Khas Sukabumi: Bubur Ayam

Kuliner Khas Sukabumi
Myeatandtravelstory.wordpress.com

Bubur ayam merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal sekali. Biasanya bubur ayam ini juga menjadi salah satu makanan untuk orang yang sedang sakit. Bukan berarti hanya orang sakit saja yang boleh makan, kita yang sehat juga bisa, hehehe.

Bubur ayam tidak cuma dijual di pinggiran jalan saja, di supermarket juga sudah banyak yang menyediakan bubur ayam ini yang dikemas menggunakan kemasan praktis.

Bubur ayam sangat cocok sekali untuk dijadikan sarapan sebelum melalukan aktivitas. Isi dari bubur ayam juga bervariasi dan membuat makanan ini menjadi sangat khas sekali.

Berikut campuran untuk bubur ayam yaitu:

  • Bubur
  • Ayam yang sudah dipotong kecil-kecil
  • Kacang goreng
  • Bawang goreng
  • Telur ayam
  • Telur puyuh
  • Sate usus
  • Kuah kaldu
  • Kerupuk
  • Dsb.

4. Makanan Khas Sukabumi: Nasi Uduk Ungu

Makanan Khas Sukabumi
qraved.com

Selanjutnya kita akan membahas nasi uduk. Buat kalian para pecinta nasi uduk, maka kalian harus mencoba makanan khas sukabumi yang unik ini. Nasi uduk yang ada di Sukabumi ini berbeda dengan nasi uduk pada umumnya, karena nasi di daerah ini memiliki warna yaitu ungu, wkwkwk sangat unik kan.

Untuk warna ungu yang ada pada nasi uduk ini dihasilkan dari buah ubi bit. Nasi uduk ini biasanya disajikan dengan campuran seperti tempe, ayam goreng kemiri, lalapan, tahu, sambal serta telur dadar tipis.

Jadi kalau kalian tertarik untuk mencoba nasi uduk khas Sukabumi ini, kalian bisa langsung datang ke Mamih Ungu Resto dan Cafe yang berada di Jalan Brawijaya No.16, Sriwidari, Sukabumi. Jadi selain dari nasi uduk ungu, kalian juga dapat mencicipi nasi uduk ijo di rumah makan tersebut.

Untuk rasa yang ada pada nasi uduk ijo itu sangatlah pedas, karena membuatnya menggunakan cabe hijau.

5. Makanan Khas Sukabumi: Roti Priangan

Jajanan Khas Sukabumi
Pixabay.com

Roti priangan ini merupakan jajanan legendaris yang ada di daerah Sukabumi. Makanan ini sudah ada sejak tahun 1943-an oleh Oey Tjiang Lie. Kalau untuk saat ini, makanan khas Sukabumi ini sudah dikelola generasi yang keriga dari keluarganya.

Rumah tempat produksinya terletak di Jalan Perigi Kel. Nyomplong Kec. Warudoyong, Sukabumi.

Roti ini dibikin tanpa menggunakan bahan pengawet loh, jadi sudah dijamin aman deh. Roti ini memiliki varian yang menjadikannya itu sangat khas sekali dari roti priangan ini adalah roti tanduk. Roti tanduk ini mempunyai bentuk menyerupai tanduk yang berisi mentega dan juga susu.

Selain dari roti tanduk tadi, ternyata ada juga roti lainnya seperti roti manis dan roti kepang.

6. Makanan Khas Sukabumi Jawa Barat: Bandros Ata

Jajanan Khas Sukabumi
Youtube.com

Bandros ata merupakan jajanan khas Sukabumi yang dibuat menggunakan tepung beras, santan, kelapa parut sebagai bahan utamanya. Untuk ata sendiri ini adalah nama dari penjual bandros ketika pertama kali dijual. Jajanan ini sudah menjadi salah satu jajanan yang sangat legenda di Sukabumi.

Jika kalian penasaran ingin mencobanya, kalian bisa langsung datang ke Jalan Gudang No. 4, Sukabumi. Penjual yang menyediakan bandros ata dibuka mulai dari jam 20.30 hingga 06.00 Wib.

Makanan ini menggunakan resep yang diwariskan secara turun temurun sejak tahun 1973-an hingga sekarang ini.

Bandros ata memiliki varian rasa yang unik antara lain:

  • Cokelat
  • Keju
  • Strawberry
  • Vanila
  • Dsb.

Tempat ini juga menyedian beragam minuman seperti:

  • Susu
  • Teh
  • Kopi
  • Jeruk
  • STMJ
  • Dsb.

7. Makanan Khas Sukabumi: Mie

Sajian Khas Sukabumi
Pixabay.com

Di Indonesia mie ini sudah sebagai makanan pokok pengganti ketika sedang tidak ada nasi, hehehe. Banyak juga yang menjadikan mie ini sebagai menu andalan mereka seperti para anak kost-kosan ketika pada tanggal tua.

Di setiap daerah juga banyak yang mempunyai mie khas mereka masing-masing. Kalau mie khas Sukabumi ini dapat kalian temukan di tempat seperti kedai-kedai mie yang berada di Jalan Jendral Ahmad Yani, Sukabumi, Jawa Barat.

Mie Sukabumi ini juga hanya dapat bertahan selama satu hari saja, sehingga kalian tidak bisa untuk mencobanya di tempat lain.

8. Makanan Khas Sukabumi: Sekoteng Singapura

Jajanan Khas Sukabumi
Travelingyuk.com

Di antara kalian mungkin sudah banyak yang tahu tentang sekoteng ini. Tetapi di Sukabumi ini terdapat sekoteng yang sangat unik yang bernama sekoteng singapure. Ada yang bilang bahwa sekoteng ini sudah ada sejak tahun 2002-an dibuka mulai jam 16.30 hingga 00.00 WIB.

Perlu diketahui bahwa jajanan khas ini cuma ada di Sukabumi dan tidak memiliki cabang.

Yang membuat beda antara sekoteng singapure dengan sekoteng biasa pada umumnya itu adalah terdapat sebuah tambahan berupa biskui serta buah lengkeng.

9. Makanan Khas Sukabumi: Kue Jahe

Kue Khas Sukabumi
id.wikipedia.org

Kue jahe ini merupakan salah satu makanan andalan daerah Sukabumi. Kue ini dibuat dari jehe parut dan dicampurkan dengan gula sehingga terasa sangat manis sekali ketika dimakan.

Kue jahe ini sangat enak kalau dikonsumsi dengan sirup yang masih dalam keadaan dingin atau juga bisa memakai teh panas. Kalau kalian penasaran dengan kue ini, kalian wajib mencobanya ketika sedang berliburan ke daerah Sukabumi.

10. Makanan Khas Sukabumi: Sagon Bakar Ciaul

Makanan Khas Sukabumi
Youtube.com

Sagon bakar merupakan makanan yang terbuat dari kelapa, aci serta bahan-bahan lainnya. Sagon ini juga merupakan jajanan khas Sukabumi yang memiliki citarasa yang sangat gurih serta renyah ketika dimakan. Sagon juga memiliki beragam rasa loh.

Berikut adalah varian rasa yang dimiliki sagon, yaitu:

  • Original
  • Cokelat
  • Keju
  • Kopi
  • Dsb.

Sagon bakar ciaul ini untuk kalian yang mempunyai alergi terhadap terigu dan yang sedang diet. Lemak yang terkandung pada makanan ini sudah berkurang sangat dalam proses pengovenan.

11. Makanan Khas Sukabumi: Bolu Pisang Ibu Onih

Kue Khas Sukabumi
detakriaunews.com

Bolu merupakan salah satu makanan yang paling sering kita temukan, tetapi terdapat bolu yang unik nih yang ada di Sukabumi yatiu Bolu Pisang Ibu Onih, bolu yang dibuat beliau ini terbuat dari buah pisang sebagai bahan utamanya.

Bolu Ibu Onih ini sudah ada sejak tahun 1988-an loh guys. Kalau di tangan Ibu Onih ini, buah pisang bisa dirubah menjadi makanan yang mempunyai nilai jual yang cukup tinggi.

Ibu Onih sendiri mengatakan bahwa dia awal mula berbisnis ini berasal dari hobinya yang bisa membuat kue. Kemudian beliau menitipkan kue dari hasil buatannya itu ke beberapa warung terdekat di sekitarnya.

Seiring berjalannya waktu, nama beliau ini sudah mulai banyak dikenal oleh banyak orang, dari situ juga awal mulai mendapatkan banyak pesanan dari orang.

Dari berbagai pesan juga banyak yang berdatangan. Bolu buatan Ibu Oni ini bisa bertahan selama seminggu loh, karena pembuatannya tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali.

12. Makanan Khas Sukabumi yang Enak: Pisang Cakra

Jajanan Khas Sukabumi
abowlofclover.com

Selain bolu pisang dan juga mochi tadi, kalian juga harus mencoba pisang cakra ini. Pisang ini biasa untuk dijadikan sebagai oleh-oleh loh. Pisang cakra merupakan makanan yang terbuat dari pisang cokelat dan kemudian dibalut dengan kulit lumpia.

Ketika kalian memakan makanan ini, kalian pasti akan merasakan kelezatan dari cokelatnya yang meledak ketika di mulut.

Disini juga menyediakan pisang yang masih dalam keadaan mentah dan belum digoreng yang bisa kalian goreng sendiri di rumah sehingga dapat menikmati ketika masih hangat.

13. Makanan Khas Sukabumi: Nasi Tutug Oncom

Kuliner Khas Sukabumi
ummayustika.blogspot.vom

Makanan Tradisional selanjutnya yaitu Nasi Tutug Oncom. Makanan ini berupa sebuah nasi yang dimasak menggunakan campuran oncom dan juga bumbu-bumbu lainnya, makanan ini juga sudah cukup tersohor.

Disajikan menggunakan lauk pauk khas sunda lainnya, Kuliner khas Sukabumi ini sangat layak sekali untuk masuk kedalam daftar makanan yang wajib untuk dicoba ketika sedang berada di Sukabumi.

14. Makanan Khas Sukabumi: Sate Aci

Makanan Khas Sukabumi
Travel.kompas.com

Yang terakhir ini adalah sate aci. Makanan khas ini terbuat dari aci tepung kanji sebagai bahan utamanya. Tepung kanji tersebut harus diolah terlebih dahulu memakai kompor dengan aci yang kecil, lalu dicampurkan bersama penyedap rasa.

Lakukan pengadukan secara perlahan dan jangan sampai adonannya menggumpal. Jika adonan sudah mendidih, kemudian diangkat.

Kalian bisa menyajikan makanan ini seperti sate ayam, yaitu disiram menggunakan bumbu kacang. Karena caranya yang terbilang sangatlah mudah, maka kalian juga bisa mempraktekkannya di rumah dengan memakai resep kuliner khas Sukabumi.

Nah, itulah pembahasan seputar makanan khas Sukabumi yang bisa kami rangkum ini. Jangan lupa untuk melihat artikel makanan khas daerah lainnya. Semoga bermanfaat dan bisa kalian jadikan sebagai referensi. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like