Rizal Firdaus Setiap nafas seseorang merupakan sebuah langkah menuju ajalnya.

√ 11+ Makanan Khas Belitung yang Menggugah Selera!

5 min read

Makanan Khas Belitung

Belitung dikenal karena memiliki pulau yang indah, tidak hanya pulau saja, daerah ini juga mempunyai berbagai macam makanan khas. Kuliner khas di daerah ini mempunyai keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan kuliner yang terdapat di daerah lain.

Keunikan bisa ada karena terdapat perpaduan antara budaya masyarakat pribumi bersama budaya Tiongkok. Beragam sajian khas Belitung ini hampir semuanya dibuat dari ikan sebagai bahan utamanya.

Tidak termasuk sesuatu yang aneh kalau bahan makanan di daerah ini dibuat dari ikan sebagai bahan dasarnya, karena Provinsi Belitung ini terletak di daerah yang dekat dengan laut. Berikut mengenai ragam makanan yang khas yang menggugah selera.

Makanan Khas Belitung, Mie

Makanan Khas Belitung
Travelingyuk.com

Makanan khas yang akan kita bahas pertama adalah mie Belitung. Buat kalian yang memang baru pertama kali ke daerah ini, maka kalian wajib mencoba untuk makan mie ini. Mie khas belitung ini dibuat menggunakan bahan yang hampir sama dengan mie pada umumnya, yaitu memakai mie kuning.

Tetapi kuah yang dipakai pada mie ini jelas berbeda dengan kuah-kuah mie yang biasa kalian makan. Kalau kuah pada mie khas daerah ini memakai kuah kaldu yang dibuat dari olahan udang, serta campuran dari bumbu yang lainnya.

Berikut bumbu yang dipakai dalam membuat mie khas Belitung:

  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Jahe
  • Merica
  • Dsb.

Pada tiap satu porsi mie ini terdapat mie kuning, kentang rebus, taburan emping, udang serta mentimun. Memakan makanan ini paling pas jika masih dalam kondisi sedang panas.

Kuliner Khas Belitung, Sup Gangan

Kuliner Khas Belitung
Ksmtour.com

Sup gangan ini merupakan salah satu makanan khas daerah Belitung yang sangat populer. Makanan ini memiliki kuah yang sangat menggugah selera kalian dan berasal dari beragam olahan laut.

Makanan khas yang satu ini dibuat menggunakan ikan tenggiri yang masih dalam keadaan segar sebagai bahan utamanya.

Nah, ikan tersebut lalu dimasak dengan campuran rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit serta beragam bumbu yang lainnya. Jika pengolahan yang dilakukannya itu benar, maka akan menghasilkan makanan ini tidak bau amis.

Soal citarasa pada makanan khas ini memiliki tiga varian rasa yaitu:

  1. Rasa Gurih
  2. Rasa Asam
  3. Rasa Pedas

Jika kalian sedang di daerah Belitung, maka kalian harus mencoba untuk mencicipi kuliner khas yang satu ini. Makanan ini termasuk yang paling banyak dicari oleh pengunjung yang sedang berliburan ke daerah ini.

Kuliner Khas Belitung, Berego

Makanan Khas Belitung
Ratnadewi.me

Berego merupakan salah satu dari sekian banyak makanan khas daerah Belitung. Makanan yang satu ini mempunyai bentuk yang hampir sama dengan bentuk lontong, tetapi yang membuatnya beda ialah bahan untuk membuatnya.

Kalau lontong dibuat menggunakan beras yang diaron sebagai bahan utamanya kemudian dibungkus memakai daun pisang.

Kalau berego ini dibuat menggunakan tepung beras sebagai bahan utamanya, tepung beras tersebut kemudian dicampur bersama tepung sagu. Kalau untuk cara penyajian antara berego dengan lontong itu hampir sama.

Berego ini dipotong hingga berbentuk kecil-kecil, atau bisa juga dipotong bulat-bulat, lalu disiram memakai lauk yang memiliki kuah.

Khusus berego ini biasanya menggunakan sayur kuah dari gangan, mie Belitung maupun lakse. Makanan khas yang satu ini sangat mudah sekali kalian temukan, karena sudah banyak dijual dipinggir-pinggiran jalan.

Sajian Khas Belitung, Soto

Makanan Khas Belitung
Travelingyuk.com

Selanjutnya adalah soto atau orang sana memanggilnya dengan sebutan suto Belitung. Makanan ini hampir sama dengan ketupat sayur, tetapi rasa yang dimiliki dari kedua makanan tersebut tentu sangat berbeda.

Pada suto Belitung tersebut terdiri atas irisan daging yang empuk, irisan lontong, bihun serta kerupuk meninjo. Kalau kuah pada makanan ini dibuat sangatlah kental.

Kuah tersebut dibuat dari hasil rebusan kari iga sapi yang kemudian dicampur bersama santan kelapa, serta irisan dari daging. Kuah tersebut mempunyai warna yang kuning dan rasanya juga beragam. Buat kalian yang sedang di Belitung, maka jangan dilewatkan begitu saja.

Untuk kalian yang ingin mencicipi makanan ini sangatlah mudah, karena kalian bisa mencobanya di beberapa warung suto yang berada di sekitar kawasan Belitung.

Oleh-oleh Khas Belitung, Sambal Rusip

Oleh Oleh Khas Belitung
Niaazmi.com

Pada setiap daerah itu memiliki jenis sambal yang berbeda-beda, mulai dari sambal dabu-dabu khas Papua, sambal hijau khas dari daerah Jawa Barat, dan yang lainnya.

Di Belitung sendiri juga mempunyai sambal khas yang bernama sambal rusip, biasanya sambal ini dikonsumsi sebagai pelengkap untuk penggugah selera makan oleh masyarakat di Bangka Belitung.

Sambal rusip ini dibuat menggunakan ikan yang telah melewati proses fermentasi terlebih dahulu, kemudian memakai campuran gula merah serta garam, kurang dan lebihnya selama 7 hari. Jika ikan telah mengeluarkan aroma asam, maka proses fermentasi sudah selesai.

Kemudian ikan tadi dicampurkan dengan jeruk kunci, cabai, serta bawang merah. Untuk soal citarasa dan aroma yang dihasilkan dari sambal ini sangatlah khas, kuliner yang satu ini sangat cocok kalau dimakan bersama mentimun, selada serta sayur.

Belacan Belitung

Kuliner Khas Belitung
Travelingyuk.com

Belaca Belitung ini merupakan salah satu yang selalu dijadikan sebagai oleh-oleh khas Belitung. Belacan ini dibuat dari udang rebon yang masih dalam kondisi segar sebagai bahan utamanya, lalu difermentasi terlebih dahulu.

Cara ini sama dengan terasi udang yang berasal dari daerah Cirebon. Oleh-oleh yang satu ini biasanya disajikan sebagai bumbu pelengkap ataupun penyedap untuk sebagian jenis makanan yang ditentukan, yang biasanya memiliki bahan sambal.

Untuk aroma yang dihasilkan dari belacan ini sangatlah khas sekali, karena fermentasi dari hasil laut.

Olahan ini paling banyak dibuat di daerah Sijuk atau disebut dengan desa Sijok. Jika kalian sedang berada di daerah Belitung ini, jangan sampai terlewat untuk membeli oleh-oleh ini.

Mie Koba

Kuliner Khas Belitung
Tour-belitung.com

Mie koba ini termasuk salah satu makanan khas daerah Belitung selain dari mie Belitung yang sudah kita bahas di atas tadi. Mie koba ini setara enaknya dengan mie Belitung. Kalian bisa menemukan banyak mie ini di sekitar Belitung bagian tengah.

Yang membuat mie ini unik yaitu memakai tambahan ikan tenggiri pada saat penyajiannya. Memakan makanan ini juga masih menggunakan bahan pelengkap lainnya.

Berikut bahan pelengkap lainnya, antara lainnya:

  • Telur
  • Seledri
  • Bawang goreng
  • Dsb.

Kuah untuk membuat mie koba dengan mie belitung itu berbeda. Jadi kuah untuk membuat mie koba ini memakai ikan tenggiri sebagai bahan utamanya.

Makanan Khas Belitung, Siput Gonggong

Kuliner Khas Belitung
Commons.wikimedia.org

Selanjutnya adalah siput gong gong, mendengar namanya agak sedikit aneh sekali. Siput gong gong ini tidak mau kalah dengan siput-siput yang lain, siput ini berasal dari laut. Kalau kalian mau menemukan makanan ini dengan mudah, maka kalian harus berkunjung ke daerah tanjung pinang.

Di sana terdapat banyak sekali lokasi yang menyediakan makanan khas yang satu ini. Mayoritas dari masyarakat Bangka Belitung ini sangat menyukai sekali makanan khas ini.

Siput ini dimasak dengan cara direbus, dan jika selesai dari proses perebusan tadi, maka siput tersebut siap untuk disajikan bersama saus sambal.

Cara mengkonsumsi siput gonggong:

  1. Keluarkan isi dari siput tersebut.
  2. Gunakan tusuk gigi atau alat yang lainnya untuk mengeluarkannya.
  3. Oleskan pada kuah sambal yang sudah disediakan.

Rasa siput ini bisa lebih nikmat kalau cara membuatnya itu digoreng.

Pantiaw

Jajanan Khas Belitung
Pergikuliner.com

Bentuk yang dimiliki makanan khas yang satu ini sangatlah mirip dengan bentuk dari kwetiaw, selain dari hal tersebut makanan ini mempunyai nama yang hampir mirip juga, wkwkwkw unik banget kayanya.

Untuk bisa membedakan makanan ini dengan kwetiaw yaitu cara penyajiannya yang berbeda.

Pada daerah Bangka Belitung ini memiliki dua jenis pantiaw, yaitu:

  1. Yang dibuat menggunakan tepung beras
  2. Menggunakan tepung dari gandum

Mie ini memiliki ciri gepeng dan memiliki warna yang putih dan teksturnya pun sangat kenyal ketika kalian santap.

Untuk cara menyajikan makanan ini yaitu dengan menaruh bumbu di bagian atas pada tumpukan mie. Bumbu yang dipakai ini terbuat dari ikan yang sudah digiling sebagai bahan utamanya.

Sambal Lingkung

Kuliner Khas Belitung
Belbangka.blogspot.com

Sambal lingkung ini merupakan jenis sambal lain yang terdapat di daerah Bangka Belitung. Sambal ini sangatlah mirip dengan bentuk abon. Sambal ini dibuat menggunakan ikan dan juga udang segar sebagai bahan utamanya.

Untuk jenis ikan yang dipakai biasanya memakai ikan tenggiri yang dijadikan sebagai bahan utamanya.

Ikan ini diolah lalu dihaluskan hingga berubah menjadi serbuk yang halus, serta memiliki warna kecokelatan. Oleh-oleh yang satu ini paling cocok kalau disantap menggunakan nasi bersama lauk lainnya.

Lempah Darat

Kuliner Khas Belitung
Beritagar.id

Kota Bangka ini memiliki sayur yang khas dan tidak boleh sampai kalian lewatkan. Lempah darat ini tidak sama dengan lempah kuning. Kalau lempah kuning memakai bahan dasar dari laut, kalau lempah darat memakai bahan dari hasil perkebunan.

Berikut bahan untuk membuat bahan sayur lempah darat:

  • Pucuk idat
  • Pepaya yang masih muda
  • Akar keladi
  • Dan sayur muda lainnya.

Sayur lempah darat ini paling cocok kalau dikonsumsi dengan nasi yang masih hangat dan memakai sambal terasi.

Nah, itulah pembahas seputar makanan khas Belitung yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa menjadi bahan referensi kalian yang sedang atau yang akan pergi ke daerah ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Rizal Firdaus Setiap nafas seseorang merupakan sebuah langkah menuju ajalnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: