Bahan Baby Terry

√ Kenali Bahan Kain Baby Terry – Kelebihan, Harga, dll

Dari sekian banyak bahan kain yang disukai oleh banyak orang, salah satunya adalah jenis baby terry. Kain ini telah banyak sekali digunakan pada berbagai jenis pakaian lho. Kain jenis ini memiliki serat yang cukup tebal dan bisa membuat kita hangat.

Material dari jenis kain ini juga banyak sekali dipakai untuk membuat sweater, jaket, dan jenis yang lainnya. Kira-kira seperti apa sih kain baby terry itu? supaya tidak penasaran, mari simak ulasan di bawah ini.

read the reviews below

Kenali Bahan Kain Baby terry

Bahan Baby Terry
supplierpeci.com

Baby terry merupakan salah satu dari banyaknya jenis kain yang berasal dari serat atau kapas. Karena jenis kain ini sangat hangat dan tebal, kain ini sangat sering sekali dipakai untuk menghangatkan tubuh.

Pada dasarnya semua masyarakat mengenal kain baby terry ini dengan sebutan baby tray.

Selain itu, ada juga sebagian orang yang mengenalnya dengan sebutan terry atau tray saja. Awal mulanya, jenis kain ini biasa dipakai sebagai bahan dasar dalam pembuatan handuk untuk anak-anak, lebih tepatnya balita ataupun bayi.

Hal ini disebabkan balita itu mempunyai kulit yang sangat sensitif, sehingga membutuhkan bahan kain khusus untuk bayi, demi kenyamanan kulitnya.

Kemudian seiring berkembangnya zaman dan teknologi yang semakin maju, kebutuhan masyarakat akhirnya semakin meningkat akan pakaian yang nyaman serta bisa menghangatkan tubuh, kain ini akhirnya dibuat untuk memenuhi kebutuhan orang dewasa.

Bahan kain ini sangat terkenal akan kelembutannya, dan mempunyai pola yang melingkar. Jadi, jika kalian perhatikan lebih dekat, pola pada kain ini akan terlihat seperti lingkaran, bulatan, serta cincin kecil di permukaan yang kainnya.

Serat pada kain beby terry yang dipakai sebagai handuk, keset ataupun lap, tentu sangat berbeda dengan material yang biasa digunakan untuk pakaian.

Pembuatan handuk, dengan pola lingkaran di permukaan kain ini berbeda antara kedua sisi dan sangat cenderung terlihat mirip.

Untuk pembuatan pakaian itu sangat cenderung sekali memakai bahan yang mempunyai pola lingkaran di satu sisi saja.

Sebagian dari produsen membuat pakaian baby terry ini dengan serat kapas 100%. Namun ada juga yang membuat pakaian ini dengan kadar sebasar 80% saja. Jadi 20% nya itu memakai polyterry.

Perlu diketahui bahwa kain teryy ini terbagi kepada dua jenis, yaitu French terry (one sided loop) serta towel terry (mempunyai lingkarang panjang dan double sided loop).

Sifat Bahan Kain Baby terry

Bahan Baby Terry Katun
indah-jaya.web.id

Jadi seperti yang sama-sama sudah diketahui, setiap kain itu mempunyai ciri khas serta karakteristik yang berbeda-beda.

Begitu juga pada jenis kain baby terry ini. Jadi supaya kalian tidak salah ketika memilih jenis kain ini, lebih baik lagi kalian wajib mengetahui ciri-ciri dari kainnya dahulu.

Ciri-ciri dari Kain Baby Terry:

  • Mempunyai bahan yang nyaman dan ringan ketika dipakai.
  • Mempunyai tekstur yang halus, lembut, serta tidak berbulu.
  • Mempunyai daya serap keringat atau air yang cukup bagus.
  • Mempunyai sifat bahan yang bisa membuat tubuh hangat dan tidak bikin gerah.
  • Bagian dalam pada kain cenderung lebih lembut, layaknya seperti selimut.
  • Bagian luarnya itu mirip sekali dengan bahan jersey double knitted (rajutan ganda) tetapi lebih lentur.
  • Pada bagian perut, bahannya memiliki rongga kecil yang fungsinya itu untuk meningkatkan daya serap pada kain.
  • Rajutan di bagian dalam kainnya itu membentuk pola bulatan kecil yang lucu.
  • Sebagian dari kainnya memiliki sifat yang cukup tebal, tetapi ada juga yang tipis dan mirip dengan bahan kaos.

Kelebihan serta Kekurangan Bahan Baby terry

Bahan Baby Terry Premium
rumahkomunitas.com

Perlu diketahui, sebelum kalian mengambil keputusan untuk mempunyai pakaian yang berbahan baby terry, alangkah baiknya kalian wajib ketahui kelebihan dan kekurangannya. Mari sama-sama kita bahas lebih detail.

Kelebihan dari Kain Baby terry

Pertama-tama kita bahas kelebihan dari jenis bahan kain baby terry ini. Berikut kelebihan-kelebihannya:

1. Memiliki Tekstur Lembut, Ringan dan Halus

Kain jenis baby terry ini mempunyai keunggulan dari segi kelembutannya. Dari sifatnya yang lembut serta halus itulah yang menjadikan kain ini sangat bagus sekali dipakai untuk anak-anak.

Baca Juga: Jenis Kain Untuk Dress

Selain daripada itu, kain ini juga bisa dikelompokkan sebagai kain yang bisa dibilang sangat ringan sekali, jika dibandingkan dengan jenis kain yang lainnya.

2. Mempunyai Daya dalam Menyerap Keringat yang Bagus

Jadi seperti yang sama-sama sudah kita ketahui sebelumnya, bahwasanya bahan dari kain beby terry ini berasal dari cotton atau kapas.

Maka daripada itu, jelas tidak heran jika sifat dari cotton cukup terkenal dengan daya serap keringat yang sangat bagus.

Kemampuan dalam menyerap keringat ini dihasilkan dari adanya rongga-rongga kecil yang terdapat pada permukaan baby terry tersebut.

3. Bisa Menghangatkan Tubuh

Kelebihan dari baby terry selanjutnya itu bisa mampu menghangatkan tubuh pemakainya.

Sifatnya yang hangat tersebut itu berasal dari bulu-bulu halus yang ada pada sisi bagian dalam baby terry tersebut. Dia juga mempunyai kelebihan dalam menahan suhu tubuh.

Maka daripada itu, jenis pakaian yang satu sangatlah bagus digunakan, terutama pada daerah yang memiliki suhu udara yang cukup dingin.

4. Mempunyai Banyak Pilihan Warna

Pada jenis bahan kain baby terry ini mempunyai banyak sekali varian warna yang tersedia. Hal ini yang menjadi daya tarik dan bisa meningkatkan nilai jual tersendiri di mata para konsumen.

5. Tidak Membuat Gerah

Pada poin sebelumnya penulis menyebutkan bahwa pakaian ini sangat cocok sekali untuk dipakai terutama pada cuaca-cuaca yang dingin. Akan tetapi kalian juga dapat memakainya ketika cuaca sendang panas. Apakah bisa?

Jelas bisa, karena baby terry ini mempunyai serat yang bisa dibilang cukup tebal serta memiliki rongga, tapi tidak akan membuat kalian gerah ketika memakainya kok.

Selain dari pada itu, daya serap keringat yang sangat bagus juga menjadikan kain tersebut cocok banget dipakai ketika musim panas.

Kekurangan dari Kain Baby terry

Banyaknya kelebihan ataupun keunggulan yang terdapat pada jenis bahan baby terry ini, tetapi kalian juga harus mengetahui kelemahan seperti apa saja dari jenis kain ini. Simak beberapa kelemahan sebagai berikut:

1. Bahannya Tidak Tahan Lama

Baby terry ini cukup terkenal mengenai seratnya yang agak kurang ringan, rapat, dan sangat cenderung kurang tebal dibandingkan pada jenis yang lainnya.

Maka daripada itu, kain ini dapat dikatakan tidak bisa tahan lama atau biasa dibilang dengan sebutan cepat rusak, apalagi jika dipakai terus menerus serta dicucinya menggunakan mesin cuci.

2. Sangat Mudah Melar (Elastis)

Kemudian selain dari bahannya yang kurang awet, di sisi lain kain ini mempunyai kekurangan yang harus kalian pertimbangkan, contohnya seperti cenderung mudah melar.

Hal ini sering ditemukan pada jenis pakaian terutama seperti sweater.

Baca Juga: Jenis Bahan Kaos

Jadi, sifat tersebut bisa terjadi karena banyaknya rongga-rongga yang ada pada baby terry ini.

3. Tingkat Kualitasnya di bawah Bahan Cotton Fleece

Jika dibandingkan dengan cotto fleece, bahan baby terry ini sangat cenderung lebih tipis. Dan dia hampir mirip baby terry. Jenis cotton fleece juga banyak dipakai untuk sweater serta jaket.

4. Harga Lebih Murah

Walaupun pada sebagian orang menganggap kain ini mempunyai harga yang cukup terjangkau, tetapi jika dibandingkan dengan jenis kain yang lainnya, baby terry ini termasuk jenis kain yang memiliki harga yang cukup mahal.

Tingginya harga pada jenis kain ini disebabkan oleh bahannya yang berasal dari serat kapas asli.

Walaupun begitu, pada faktor utama yang menentukan harga kain baby terry ini yaitu banyaknya kadar kapas yang terdapat di dalamnya.

Untuk jenis baby terry polyester mempunyai harga yang lebih tinggi lagi daripada jenis beby terry katun.

Karena dari segi kenyamanannya, baby terry katun ini memang sangat lebih nyaman dan juga lembut jika dibandingkan dengan jenis campuran polyester.

Perbedaan Kain Baby terry dengan Fleece

Bahan Baby Terry
kaos-kerah.com

Pada dasarnya jenis baby terry dan juga fleece itu sering sekali dipakai untuk material dalam pembuatan sweater, (baik itu jenis hoodie ataupun nono hoodie). Mungkin kalian masih merasa kebingungan dalam membedakan kedua jenis kain ini.

Jadi untuk membedakannya, kalian bisa melihat dari permukaan kain tersebut.

Untuk jenis baby terry, akan terlihat seperti bulatan-bulatan kecil yang ada pada bagian permukaan kain tersebut. Sedangkan untuk fleece itu terlihat sangat mirip sekali dengan wool.

Baca Juga: Bahan Kaos Terbaik

Hal tersebut karena kain fleece itu merupakan hasil imitasi dari kain jenis woll atau wool. 

Supaya bisa lebih jelas lagi, coba kalian bisa lihat perbandingan yang ada pada gambar di atas serta video di bawah ini.

Fungsi dari Kain Baby terry

Bahan Baby Terry Motif
Aminama.com

Pada awalnya, jenis bahan baby terry ini sangat banyak diproduksi untuk dijadikan sebagai handuk.

Kemudian seiring dengan berkembangnya zaman yang lama kelamaan semakin maju, dan kain juga mulai banyak dibutuhkan untuk dijadikan pakaian.

Berikut contoh pemakaian baby terry yang sangat sering sekali kita jumpai setiap hari:

  1. Gamis.
  2. Hoodie.
  3. Jumper.
  4. Jumpsuit.
  5. Sweater.
  6. Blazer.
  7. Pakaian bayi.
  8. Jaket Bomber.
  9. Bahan pelapis sandal.
  10. Keset.
  11. Dsb.

Itulah contoh-contoh kegunaan dari bahan baby terry yang biasa kita temukan setiap harinya.

Harga dari Kain Baby terry

Bahan Baby Terry
pecihitam.com

Beragam jenis baby terry itu sering dijual dalam bentuk per meter maupun kiloan di pasaran. Sebagian ada juga yang menjualnya dalam bentuk per roll.

Dari analisis yang kami dapatkan di beberapa marketplace, kami menemukan bahwasanya harga pada kain jenis ini sekitar Rp 65.000,- sampai Rp 120.000,- per kg, dengan panjang sekitar ±1,8 m.

Jika kalian ingin mendapatkan kualitas yang terbaik, alangkah baiknya kalian membeli jenis kain baby terry ini yang mempunyai kualitas good quality atau premium.

Baca Juga: Mengenal Bahan Kaos Polo

Perlu diketahui juga, harga tersebut bukanlah sebuah patokan baku pada barga baby terry di pasarannya.

Hal ini disebabkan karena harga kain memiliki beberapa faktor yang berhasil mempengaruhi, dan beberapa berbedaan komposisi seperti:

  • Bahan
  • Model
  • Kualitas
  • Motif
  • Ketebalan
  • Lokasi
  • Dsb.

Walaupun harganya itu sebanding lurus dengan kualitas pada bahan yang tersedia, alangkah baiknya kalian langsung mendatangi ke toko kain yang paling dekat dengan rumahmu, supaya kalian bisa langsung melihat kualitas kainnya lebih detail.

Cara Merawat Pakaian yang Berbahan dari Baby terry

Bahan Baby Terry

Terakhir untuk tips cara merawat jenis bahan baby terry ini tergolong cukup mudah dilakukan.

Berikut ini beberapa tips dalam merawat pakaian baby terry yang kami rangkum buat pembaca setia kami.

  1. Alangkah baiknya memakai cara manual (seperti dikucek dengan tangan) ketika sedang mencuci pakaian, dan jangan disikat.
  2. Pakailah air hangat dan juga deterjen secukupnya, atau saat melakukan proses pencucian (perendaman dilakukan sekitar 10 menit).
  3. Alangkah baiknya menjemur ditempat yang agak teduh dan tidak langsung terekena sinar matahari.
  4. Pakailah settingan suhu low ketika sedang menyetrika, supaya serat kain tersebut tidak cepat rusak.

Itulah pembahasan mengenai bahan dari kain baby terry yang bisa kami rangkum. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian para pembaca. Terima kasih.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: