Jenis Kain Untuk Dress

√ 9+ Jenis Kain Untuk Dress yang Wajib diketahui [Lengkap]

Dalam pemilihan jenis kain untuk dress itu sangat bergantung dengan jenis dress seperti apa yang mau kalian buat. Walaupun sebenarnya sangat banyak sekali jenis kain yang dapat kita buat untuk dijadikan sebuah dress, tinggal ditentukan aja pemakaian dress yang mau kita buat.

Apakah nantinya dress tersebut mau kalian pakai untuk acara formal, misalnya seperti acara pernikahan mantan, ke kantor, pesta ulang tahun. Atau hanya sekedar dipakai saat nonformal saja, seperti sedang bersantai-santai atau sekedar jalan-jalan.

Oleh sebab itu, mari sama-sama kita simak informasi terkait jenis-jenis kain yang dapat dipakai untuk dress.

Jenis Kain seperti apa yang Cocok Untuk dijadikan Dress

Jenis Kain Untuk Dress
Kompasiana.com

Jenis kain untuk dijadikan dress yang kalian pilih itu harus pas dengan desain yang nantinya akan kalian buat. Karena kalau tidak pas nanti akan terlihat kurang bagus untuk dilihatnya.

Beragam jenis kain yang dapat kalian gunakan untuk dijadikan sebuah dress. Pastinya itu harus sesuai dengan fungsi dress tersebut nantinya. Karena sebagian dress yang digunakan hanya pada acara nonformal dan ada juga yang dipakai untuk acara formal.

Berikut telah kami rangkum sedikit rekomendasi untuk kalian mengenai jenis kain yang mungkin cocok untuk dijadikan sebagai desain dress kalian.

Jenis Kain Untuk Dress

Sebelumnya kita telah membahas seputar kelebihan dan kekurangan dari bahan kain baby terry.

Dalam tulisan ini kami akan memberikan beberapa jenis kain yang mungkin bisa kalian jadikan sebagai referensi dalam menentukan pilihan yang cocok untuk dijadikan dress nantinya.

1. Kain Sutera

Jenis Kain Untuk Dress
inspiring.id

Berbicara mengenai kain sutera, mungkin di antara kalian sudah langsung terbayang ulat sutera, benar ngga sih? Kain jenis sutera ini bisa digolongkan sebagai salah satu jenis kain mewah lho.

kok bisa?

Karena kain jenis ini terbuat dari serat sutera yang dihasilkan oleh kepompong ulat sutera sebagai bahan utamanya.

Kelembutan dan kemilau yang terdapat pada kainnya itu menjadikan seperti magnet tersendiri bagi para peminatnya. Jika kain sutera ini dijadikan sebuah dress, maka dapat dipastikan hasilnya nanti bakal sangat mewah dan indah.

2. Jenis Kain Untuk Dress – Batik

Jenis Kain Untuk Dress Batik
komunitas.bukalapak.com

Kain batik merupakan salah satu jenis kain kebanggaan orang indonesia. Yang mana pada tanggal 2 Oktober 2009 lalu sudah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia oleh UNESCO.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama-sama, bahwasanya kain batik saat ini semakin terkenal, sehingga tidak heran kalau diantara kita itu sangat suka memakai batik sebagai pakaian dalam acara formal ataupun nonformal.

Pertanyaannya, apakah kain batik itu bisa dijadikan sebagai bahan untuk dijadikan dress?

Tentu sangat bisa, justru akan semakin bagus sekali hasilnya jika dikombinasikan dengan penataan motif dan juga warna yang pas dengan karakter kulit, pasti akan terlihat keren dan indah.

3. Kain Sifon / Chiffon

Jenis Kain Untuk Dress
tokopedia.com

Selanjutnya yaitu kain chiffon atau sifon. Kain ini dikenal sangat licin dan indah dilihat. Banyak juga orang yang bilang bahwa kain yang satu ini sulit sekali untuk dijahit, karena dia memiliki permukaan yang licin.

Tetapi walaupun seperti itu, banyak juga orang yang memakai jenis kain sifon atau chiffon ini untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan dress lho.

4. Jenis Kain Untuk Dress – Kain Katun

Jenis Kain Untuk Dress
Pixabay.com

Siapa sih yang tidak mengetahui jenis kain yang satu ini. Kain ini terbuat dari serat kapas sebagai bahan utamanya, dan sangat adem serta membuat nyaman ketika dipakai.

Kain katun itu sangat cocok sekali jika digunakan dalam pembuatan dress, bahkan jenis kain katun ini sangat direkomendasikan oleh para ahli desainer lho, keren bukan?

Akan tetapi itu semua kembali lagi kepada pilihan dan selera kalian masing-masing.

Jenis-Jenis Kain Katun

Kain katun juga mempunyai beberapa jenis, antara lain yaitu:

  • Katun Biasa. Jenis kain katun biasa ini sedikit agak kaku, tipis dan tidak melar. Dia juga mempunyai daya serap sedang hingga bagus. Harganya juga relatif cukup murah dengan motif biasanya yang garis, polos, bunga-bunga hingga abstrak.
  • Katun Jepang. Jenis kain yang satu ini terbuat dari combed 100% (full cotton). Jenis kain ini juga mempunyai tekstur yang halus, permukaan lebih halus dan daya serap yang sangat bagus. Harganya juga relatif lebih mahal dari katun biasa tadi. Jenis kain ini juga sering sekali digunakan untuk membuat sprei dan bagus sekali untuk blouse wanita. Kain ini juga memiliki ciri khusus seperti bisa dilihat pada bagian ujung sisinya terdapat tulisan “Japan Design” atau juga bisa dengan kode warna.
  • Katun Silk. Diberi nama “silk” karena mempunyai bagian permukaan yang terlihat mengkilap. Tetapi jenis kain silk ini mempunyai daya serap keringat yang rendah. Bahkan bisa dibilang paling rendah dari jenis-jenis kain yang lainnya. Meski seperti itu, kilap yang terdapat pada kain ini tidak akan hilang walaupun sudah dicuci.
  • Katun Paris. Kualitas dari jenis kain paris ini pada dasarnya hampir mirip dengan katun Jepang lho. Namun, cuma lebih tipis saja. Jenis kain ini memiliki daya serap keringat yang bagus lho, sehingga harganya juga bisa dibilang cukup mahal. Kain ini juga cocok sekali untuk digunakan dalam pembuatan kerudung atau blouse wanita.
  • Katun Kombed (Cotton Combed). Kain ini merupakan jenis katun yang saat proses finishingnya harus dilakukan penyisiran/combed, hal itu bertujuan agar serat-serat kapas yang halus pada kain tersebut bisa dipisahkan, sehingga menjadi lebih halus serta tidak berbulu. Jenis kain ini paling banyak dipakai sebagai bahan dalam pembuatan kaos distro. Dan ukuran kain ini terdiri dari (20s, 24s serta 30s). Ukuran tersebut menunjukkan tentang ukuran benang yang dipakai dalam produksi. Semakin tinggi angkanya maka menunjukan semakin tipis benangnya, serta menunjukan kelemasan atau kelenturan pada kain tersebut.
  • Katun Karded (Cotton Carded). Jenis kain ini hampir mirip dengan cotton combed, kain jenis ini hanya memiliki satu perbedaan saja, yaitu jenis kain katun ini tidak melewati proses penyisiran ketika finishingnya. Maka dari itu, kain ini masih memiliki serat-serat kapas halus.

5. Kain Denim

Jenis Kain Untuk Dress dan Gambarnya
slympics30.com

Kain denim ini biasanya sering sekali dijadikan sebagai bahan untuk membuat celana. Di sisi lain, jenis kain denim ini juga bisa dijadikan bahan dalam pembuatan dress lho. Contoh seperti pada gambar dress di atas.

Dress yang pembuatannya itu menggunakan bahan denim ini terlihat casual serta memiliki nuansa yang santai.

Baca Juga: Jenis Baha Kaos Teerbaik [Trend 2020]

Tekstur yang dimiliki oleh kain jenis denim ini cukup kasar, tebal dan tidak mudah kusut serta mempunyai ciri khas yang sangat unik.

Jenis kain denim yang satu ini termasuk ke dalam jenis kain yang cukup banyak digemari oleh semua kalangan lho.

Karena jika warnanya semakin gelap, denim ini terkesan lebih formal serta rapih dibandingkan yang terang.

6. Jenis Kain Untuk Dress – Kain Linen

Jenis Kain Untuk Dress
suara.com

Kain linen merupakan salah satu jenis kain yang terbuat dari serat alami, yaitu dari linen. Jadi, kain linen ini terbuat dari serat tumbuhan rami sebagai bahan utamanya.

Jenis kain yang satu ini juga memiliki karakter yang mudah kusut, kaku, tetapi terasa halus serta lembut ketika diraba. Tetapi tidak cuma itu saja, katanya sih jenis kain ini memiliki ketahanan yang kuat terhadap serangan jamur dan bakteri.

Apakah kalian tahu bahwasanya kain ini tergolong jenis kain yang memiliki harga yang cukup mahal?

Hal tersebut disebabkan pada proses penenunan benang sampai bisa menjadi sebuah kain itu lebih susah daripada memproses cotton atau kapas.

7. Kain Crepe

Jenis Kain Untuk Dress Panjang

Kain jenis crepe ini mempunyai tekstur yang sangat lembut dan jatuh ketika digunakan.

Kain crepe juga mempunyai mempunyai banyak jenisnya dan tergantung pada jenis fiber yang dipakai dalam membuat kain jenis crepe tersebut.

Dengan keunikan yang dimiliki jenis kain crepe ini, maka dress yang dibuat menggunakan bahan kain crepe juga pastinya mempunyai tekstur seperti berkerut atau berpasir. Contohnya seperti:

  • Silk crepe dress.
  • Woll crepe dress.

8. Jenis Kain Untuk Dress – Kain Satin

Jenis Kain Untuk Dress Pengantin
anadhif.com

Kain satin merupakan salah satu jenis kain untuk dress yang mempunyai bagian permukaan yang sangat licin, halus, serta mengkilap pada bagian mukanya.

Selain daripada itu, kain dress juga termasuk jenis kain yang sangat sering sekali dipakai untuk produksi pakaian, misalnya seperti tuxedo serta baju pengantin.

Sateen atau satin ini merupakan sebuah nama teknik dalam menenun kain agar mendapatkan permukaan yang mengkilap.

Selain daripada itu, serat sutera pada jenis kain ini juga dapat dibuat memakai jenis fiber lainnya seperti rayon, polyestron serta nilon.

9. Kain Wol

Jenis Kain Untuk Dress

Jenis kain ini paling sering digunakan untuk pembuatan jaket. Di sisi lain jenis kain ini juga bisa dipakai untuk membuat sebuah dress.

Karena tidak semua dari jenis kain wol ini memiliki bahan yang tebal, tetapi ada juga yang memiliki bahan yang tipis.

Baca Juga: Kenali Bahan Kaos Terbaik

Sekarang ini jenis kain wol tidak cuma dipakai sebagai dress-dress Korea saja. Tetapi juga digunakan sebagai dress muslimah.

Demikian informasi mengenai jenis kain yang cocok dijadikan sebuah dress. Untuk kalian yang ingin membuat dress, maka tinggal disesuaikan saja jenis kain yang mau dijadikan sebagai dress, dan sesuai dengan model tentunya.

Semoga bermanfaat buat kalian. Terima kasih sudah menjadi pembaca setia.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: