Bahan Kaos Terbaik

√ Daftar Bahan Kaos Terbaik Paling Hits Tahun 2020

Bahan Kaos Terbaik – Kaos adalah salah satu pakaian yang sangat umum sekali dipakai sehari-hari oleh masyarakat. Baik itu kaos dalam atau kaos T-shirt yang kamu gunakan, dan terbuat dari berbagai bahan yang memiliki kualitas berbeda-beda.

Dampaknya, banyak dari kita yang bingung ketika sedang memilih, mana kaos yang bagus serta layak untuk dikenakan dalam kehidupan sehari-hari.

Maka daripada itu, kami ingin berbagi informasi yang diharapkan bisa memudahkan kalian dalam menentukan pilihan pada kaos terbaik dan pastinya sesuai dengan kebutuhan serta dana yang kamu miliki.

Sejarah Mengenai Kaos

Bahan Kaos yang Bagus

Sedikit cerita mengenai kaos. Sebelum masuk di era T-Shirt mulai berkembang pesat, pada awalnya kaos itu cuma dipakai sebagai dalaman untuk kemeja, baju serta pakaian yang lainnya saja, terlebih masih berlaku sampai sekarang.

Kebiasaan dalam memakai kaos sebagai bahan dalaman ini sudah dimulai dari tahun 1913, waktu itu ketika Amerika Serikat mempopulerkan fungsinya sebagai kaos dalam untuk dipakai oleh angkatan laut mereka.

Sesudah terjadi Perang Dunia ke 2, seluruh veteran perang itu sudah mulai banyak yang berjalan-jalan sambil memakai kaos dalam mereka itu. Kemudian sekitar tahun 1920-an, sebutan “T-Shirt” mulai dikenal dan dimasukkan dalam kamus Marriem-Webster.

Tidak cuma para veteran perang saja, T-Shirt juga dipakai oleh kalangan petani, buruh, serta para pekerja keras khususnya saat masa “Great Depresswion” yang merupakan sebuah krisis ekonomi paling parah yang pernah terjadi di Amerika Serikat.

Nama dari kaos T-Shirt semaki terkenal dan terus berkembang di tahun 1950-an yang berhasil dipopulerkan oleh salah satu dari aktor terkenal yaitu Marlon Brando.

Kemudian setelah itu malah semakin berkembang dan menjadi kaos sablon di tahun 1960-an setelah berhasil dipopulerkan oleh Andy Warhol tersebut.

Saat itu kaos sablon tersebut sempat menjadi lambang dari kebebasan dalam berekspresi, menunjukkan jati diri, serta sebuah bentuk protes terhadap sebuah kabijakan, atau dijadikan sebagai simbol sebuah gerakkan.

Tips Dalam Memilih Bahan Kaos Terbaik dan Berkualitas

Ketika kamu sedang memilih bahan kaos yang paling bagus dan berkualitas terbaik itu ada beberapa faktor yang harus kamu perhatikan dalam menentukannya, agar nantinya kamu tidak menyesal dan tidak membuang-buang uang yang tidak perlu ketika membelinya.

Di bawah ini merupakan tips-tips terbaik dalam memilih bahan kaos yang sesuai keinginan, simak ulasan berikut:

1. Ukuran Benang

Bahan Kaos Terbaik 2019

Ukuran benang bisa menentukan terhadap ketebalan dari kaos tersebut. Jadi tidak berarti bahan yang tipis itu mempunyai kualitas yang kurang bagus, melainkan cuma untuk kamu jadikan pertimbangan saja, dan disesuaikan dengan preferensi dan kesukaan kalian masing-masing.

Misalnya seperti benang 20s, itu akan lebih tebal daripada benang 30s. Kemudian benang 30s itu juga akan lebih tebal dari benang 40s, sampai pertimbangan hal tersebut sebelum membeli kaos.

2. Kerapihan Pada Jahitan

bahan kaos terbaik untuk sablon

Salah satu dari masalah utama adalah kerapihan dari segi jahitan, yang biasa sering kalian lihat garis jahitan yang terdapat pada pinggir kaos.

Jika jahitan tersebut semakin rapih dan tidak banyak benang-benang pendek yang berserakan, maka kualitas pada kaos tersebut lebih baik.

3. Pilih Bahan yang Cocok

Bahan Kaos Terbaik

Ini juga termasuk salah satu dari faktor utama yaitu dalam memilih bahan yang tepat atau cocok dengan kebutuhan kamu, dan sambil mempertimbangkan dari segi kerapihan akan jahitan dan juga ukuran pada benangnya.

Bahan kaos yang paling sering sekali dipakai sekarang ini adalah jenis dari:

  • Cotton Carded.
  • Cotton Combed.
  • Bahan Polyester.

Tetapi masih banyak bahan kaos yang lainnya yang sebenarnya itu sama atau bahkan lebih bagus kualitasnya, biasanya juga pasti lebih tinggi harga yang ditawarkannya.

Baca Juga: Kenali Bahan Baby Terry

Cukup dengan memperhatikan beberapa dari tips-tips tersebut, kami harap kalian bisa lebih teliti lagi dalam menentukan sebuah pilah yang tepat.

Terutama dalam memilih kualitas bahan kaos yang ingin kalian jadikan sebagai pakaian sehari-hari, terlebih untuk kalian jual kembali.

Jenis-Jenis Bahan Kaos Terbaik di Pasaran

Bahan Kaos Terbaik

Kami telah merangkum beberapa bahan kaos terbaik dan yang paling bagus dan saat ini sudah beredar banyak di pasaran.

Mulai dari yang sangat umum sampai yang mungkin kamu baru pertama kali mendengarnya, terutama jika kamu tidak terlalu mendalami dunia konveksi serta fashion.

Berikut daftar bahan kaos terbaik dan yang bagus, antara lain:

1. Bahan Kaos Terbaik: Cotton Combed 20s, 24s, 30s dan 40s

Bahan Kaos Terbaik
elfadz.com

Yang pertama ini mungkin kalian sudah sering sekali mendengarnya kan!

Bahan cotton combed adalah sebuah bahan yang paling banyak sekali dipakai saat ini, hal ini disebabkan karena tekstur yang dimiliki oleh bahan ini sangat lembut dan daya tahan yang awet serta harga yang ditawarkannya sangat terjangkau.

Untuk proses produksinya, tenunan benang dihaluskan terlebih dahulu atau disisir supaya bisa membuang benang-benang pendek yang berserakan.

Hal tersebut dilakukan sampai menghasilkan tenun yang memiliki kualitas yang tinggi.

Kualitas yang tinggi bisa didapatkan karena adanya proses penyisiran atau penghalusan. Itulah yang menyebabkan harga pada bahan cotton combed bisa menjadi lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis katun lainnya.

Walaupun demikian, hasilnya lebih bagus dan berkualitas, benangnya juga lebih rapat dan pastinya jauh lebih kuat.

2. Bahan Kaos yang Bagus: Blends

Bahan Kaos Terbaik
insidenesia.com

Disesuaikan dengan namanya, jenis bahan kaos blends ini merupakan hasil campuran dari dua bahan kaos yang terbilang cukup umum dipakai, yaitu bahan katun dan polyester.

Kedua jenis bahan tersebut itu mempunyai karakteristik bahan yang nyaman dan dingin ketika sedang dipakai.

Untuk kombinasi lainnya yaitu dari tiga jenis bahan seperti:

  • Bahan Polyester.
  • Bahan Rayon.
  • Bahan Katun.

Ketiga bahan tersebut umumnya sering dikenal dengan sebutan Tri-blends, ketiga bahan tersebut tidak mudah kusam, cukup lentur dan lembut.

3. Bahan Kaos Terbaik: Linen

Bahan Kaos yang Bagus

Kalau untuk jenis bahan yang satu ini dikenal lebih unggul jika dibandingkan dengan bahan katun, hal tersebut karena:

  1. Daya tahan 30% lebih kuat.
  2. Daya serap keringat lebih tinggi.
  3. Cocok dipakai di semua musim.

Bahan linen juga cukup banyak sekali dipakai sebagai kaos di musim panas.

Karena material yang dimilikinya terbuat dari serat tumbuhan yang membuat bahan kaos ini nyaman dan aman untuk digunakan oleh para penderita alergi, khususnya yang alergi terhadap bahan kimia.

Baca Juga: Jenis Kain Untuk Dress yang Wajib Kamu Ketahui

Bahan ini juga tergolong sebagai bahan pakai paling tua, diperkirakan sudah dipakai sejak 6000 tahun sebelum masehi pada saat kebudayaan Mesopotamia dan Mesir kuno.

Pada saat itu bahan ini sering dipakai sebagai kain pembalut mumi yang berkualitas dan awet, karena mumi itu merupakan sebuah jenazah dari para raja-raja waktu itu.

4. Bahan Kaos yang Bagus: Lycra

Bahan Kaos Terbaik

Bahan lycra ini biasa dikenal dengan sebutan bahan spandex yang memiliki kelenturan dan halus di bagian permukaannya, serta cukup nyaman saat dipakai.

Bahan ini juga sangat umum sekali dijadikan sebagai salah satu bahan untuk seragam para atlet seperti atlet sepeda. Bahan ini juga biasa dikombinasikan dengan bahan katun dalam membuat pakaian dalam.

Walaupun tergolong sebagai bahan sintetis dan tidak alami, namun kenyamanan dan juga kelenturan yang dimilikinya ini, menjadikan bahan ini sangat disukai oleh banyak orang di seluruh dunia.

5. Bahan Kaos Terbaik: Modal

bahan kaos terbaik untuk olahraga

Bahan modal itu dibuat dari serat kayu yang terkenal akan kelembutannya, serta mempunyai aliran pertukaran udara yang bagus.

Selain daripada itu, bahan ini juga sangat bagus, karena memiliki daya serap keringat sehingga sangat cocok jika dipakai sebagai kaos musim panas.

Bahan ini juga memiliki nama lain lho. nama lainnya yaitu Polynosic.

Bahan ini sangat mudah sekali untuk dicuci, baik memakai deterjen maupun dry cleaning. Dianjurkan juga untuk menyetrikanya menggunakan setrika uap agar bahan tersebut kembali licin lagi.

6. Bahan Kaos Terbaik: Polyester

bahan kaos terbaik untuk olahraga

Polyester juga termasuk kedalam bahan yang sangat umum sekali dipakai. Biasanya sering digunakan sebagai bahan kaos, ini dibuat dari hasil campuran antara senyawa kimia terephthalic dan ethylene glycol, sihingga tidak termasuk bahan yang terbuat dari material bahan alami.

Walaupun demikian, bahan ini mempunyai beberapa keunggulan lho, keunggulan-keunggulan yang dimilikinya antara lain:

  • Tidak mudah menyusut.
  • Sangat lembut.
  • Sangat mudah untuk dibersihkan.

Walaupun memiliki keunggulan seperti itu, untuk para penderita alergi sebaiknya harus tetap waspada agar tidak memakai jenis bahan ini.

7. Bahan Kaos yang Bagus: Rayon

Bahan Kaos Terbaik

Rayon juga merupakan salah satu bahan hasil buatan manusia alias tidak dibuat dari material-material “alami”, ini mempunyai nama sebutan “Sutra Buatan”.

Disebut demikian karena karakteristik yang dimilikinya ini menyerupai dengan bahan sutera tersebut.

Harga yang ditawarkannya juga sangat terjangkau lho jika dibandingkan dengan sutra yang dibuat dari regenerasi serat selulosa pepohonan serta tanaman. Dan biasa juga dipakai untuk seragam para atlet, karena kelenturannya dan memiliki daya serap keringat yang bagus.

8. Bahan Kaos Terbaik: Supima Cotton

bahan kaos terbaik 2019

Supima cotton atau katun supima ini merupakan salah satu dari bahan katun yang mempunyai kualitas tinggi jika dibandingkan dengan jenis katun yang lainnya.

Harga yang ditawarkannya juga jauh lebih tinggi, karena bahan katun jenis ini lebih langka dan juga lebih eksklusif produksinya.

Katun jenis ini dibuat menggunakan kapas sebagai bahan utamanya. Dari jenis ini hanya diproduksi sekitar 1% saja dari seluruh total produksi di seluruh dunia.

Baca Juga: Mengenal Karakteristik Bahan Kaos Polo

Material utama yang dipakai pada katun supima ini adalah kapas dari Amerika Serikat.

Adapun ciri khas yang dimiliki katun supima ini antara lain:

  • Memiliki serat sepanjang 1/2 meter jika dibandingkan dengan katun biasanya.
  • Memiliki tekstur yang sangat lembut.
  • Memiliki warna yang lebih cerah.
  • Memiliki keunggulan-keunggulan dari jenis katun yang lainnya.

9. Bahan Kaos yang Bagus: Cotton Bamboo

bahan kaos terbaik 2019

Cotton Bamboo ini merupakan salah satu bahan yang tergolong sedang naik daun sekarang ini, hal tersebut disebabkan karena dibuat menggunakan serat bambu yang mempunyai banyak sekali keunggulan.

Tidak cuma itu saja lho, cotton bamboo ini juga bisa menyehatkan seperti:

  • Anti terhadap bakteri.
  • Anti dari bau ketiak.
  • Anti listrik statis.
  • Ramah lingkungan.

Bahan ini juga dikenal sangat kuat, lembut, dan elastik dan pastinya adem untuk digunakan.

Bahan ini juga tergolong ke dalam bahan yang bagus dibandingkan dengan bahan cotton combed, walaupun harga yang ditawarkannya ini lebih mahal jika dibandingkan dengan bahan yang umumnya.

Tidak cuma untuk dipakai saja, katun bambu ini juga bisa dipakai sebagai kebutuhan lainnya seperti kaos kaki, jika memakai kaos kaki dari bahan ini bisa menjadikan pemakainya terhindar dari bau kaki, karena memiliki sifat anti bakteri.

10. Bahan Kaos Terbaik: Oxford Weave

Bahan Kaos Terbaik

Kemudian bahan yang paling terakhir ini yang sangat direkomendasikan, karena pada umumnya dipakai untuk jenis pakaian dress, yang mana bahan tersebut merupakan bahan Oxford Weave yang memakai rajutan keranjang. Dan umumnya dibuat dari bahan bulu domba yang berkualitas bagus.

Oxford Weafe ini mempunyai daya tahan yang sangat baik sekali jika dibandingkan dengan jenis katun yang lainnya.

Selain daripada itu, dia juga sangat halus dan lembut, serta sangat nyaman sekali jika dipakai. Harga yang ditawarkannya juga tentu jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis bahan yang lainnya.

Kesimpulan

Telitilah dalam menentukan sebuah pilihan pada bahan kaos, karena itu yang akan menjadi sebuah karakter serta reputasi brand distro kamu.

Terdapat banyak sekali perusahaan yang menyediakan kaos polos terutama di daerah Bandung, pakailah naluri kalian dengan sebaik-baiknya.

Kami harap setelah kamu membaca artikel ini bisa menentukan pilihan yang tepat dan mendapatkan bahan terbaik sesuai dengan keinginan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terima kasih telah menjadi pembaca setia Bukabukumu.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: