Cara Print Bolak Balik

Cara Print Bolak Balik

Cara Print Bolak Balik – Apakah kamu termasuk orang yang sering mencetak dokumen pribadi memakai print pada Microsoft Word? Jika benar, maka kamu harus mengetahui cara efisien dalam menghemat kertas.

Cara efisien tersebut yaitu dengan cara melakukan print bolak balik, kamu bisa melakukannya pada dua sisi selembar kertas. Dengan begitu maka kamu sudah berhasil menghemat kertas.

Tetapi, kamu juga memerlukan printer yang support untuk mencetak bolak balik dokumen word dan juga excel.

Ada beberapa printer yang dipercaya bisa menjalankan pekerjaan tersebut, antara lain:

  • Canon
  • Hp
  • Epson
  • Fuji
  • Dsb.

Ketahui Kemampuan Printer Anda

Cara Print Bolak Balik
750px.com

Perlu kamu ketahui sebelum kamu melakukan percetak dokumen secara bolak balik, langkah pertama kamu harus mengetahui kemampuan printer milik kamu terlebih dahulu saat ingin melakukan percetakan bolak balik (duplex).

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui kemampuan printer kamu antara lain:

1. Microsoft Word

Cara yang cukup mudah yaitu, kamu bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu secara langsung melalui Microsoft Word.

Cara mengeceknya yaitu tekan print kemudian kamu cari kotak yang menampilkan percetakan dua sisi, seperti Double-Sided, 2-Sided atau Duplex.

Pastikan kamu selalu periksa pengaturan / preferensi pada menu print sebelum mencetakknya.

2. Buku Panduan

Biasanya dalam buku panduan pada printer selalu terdapat sebuah info tentang kemampuan dari printer tersebut. Teliti saat membaca buku panduan, apakah printer tersebut memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan percetakkan dua sisi atau tidak.

3. Internet

Jika dari kedua cara diatas belum kamu berhasil, coba kamu cari info terkait printer tersebut melalui internet.

Baca Juga dong : Cara Sharing Printer Windows 7, 8, dan 10.

Kamu hanya perlu mengunjungi situs-situs resmi dari produsen printer atau juga kamu ketik dengan kata kunci seri printer pada Google.

Cara Print Bolak Balik

Cara Print Bolak Balik Secara Otomatis

Cara Print Bolak Balik

Apabila printer yang kamu pakai itu sudah mendukung percetakan duplex, maka kamu bisa langsung mencetak dokumen-dokumen milik kamu secara bolak balik.

Beberapa model printer biasanya sudah menyediakan pengaturan otomatis yang akan mencetak dokumen-dokumen duplex tanpa harus mengatur dengan cara yang manual.

Nah, cara mengaktifkan fitur tersebut, silahkan kamu berikan tanda centang pada menu “Double-Sided Printing” yang ada pada bagian bawah pengaturan printer milik kamu.

Dengan demikian, kamu tidak usah melakukan pengaturan setiap kamu ingin mencetak dokumen-dokumen yang panjang.

Tetapi jika pengaturan otomatis tersebut tidak tersedia, maka kamu perlu mengaturnya secara manual. Mungkin kamu perlu mengubah pengaturan default menjadi duplex printing setiap kamu ingin mencetak dokumen panjang.

Cara Print Bolak Balik Secara Manual

Cara Print Bolak Balik

Jika kamu memiliki printer yang kurang mendukung pencetakan duplex, maka kamu masih bisa mencetak dokumen-dokumen tersebut bolak-balik secara manual. Caranya gampang banget, kamu pasti bisa melakukannya.

Saat kamu mencetak duplex dengan cara manual, Microsoft Word akan dengan cepat mencetak di tiap-tiap halaman pada sisi pertama lembar kertas.

Setelah itu kamu harus membalikkan kertas supaya halaman selanjutnya itu bisa dicetak di sisi lainnya. Berikut langkah-langkanya, antara lain:

  1. Masuk ke kotak dialog print yang ada di bawah aplikasi printer.
  2. Kemudian pada menu Print On Both Side, kamu tekan Yes Flip Over.
  3. Setelah itu kamu scroll lagi ke bawah dan pilih Manual Duplex, Lalu kamu save pengaturan tersebut.
  4. Jika sudah, maka kembali lagi pada word. Print dokumen lalu word akan meminta kamu untuk memasukkan halaman yang ingin dicetak pada sisi kertas selanjutnya.

Selain dengan cara di atas, kamu juga bisa melakukan percetakan dokumen bolak-balik dengan cara manual yang lainnya. Di bawah ini ada cara yang lebih efektif pada makalah, skripsi, jurnal, dan yang lainnya. Berikut caranya print bolak balik:

  • Buka dokumen kamu di word.
  • Lalu kamu klik “Print”.
  • Kemudian pilih opsi “Print Odd Numbered Pages” atau menu dengan kata-kata yang sama dengan kata-kata tadi.
  • Pilih “OK” untuk mencetak halaman tersebut.
  • Setelah itu masukkan kertas kamu ke dalam printer.
  • Jika sudah, langsung kembali lagi ke dokumen word. Pilih tulisan “Print Event Numbered Pages” Lalu klik “OK” untuk mencetak halaman di sisi lainnya.

Mencetak duplex secara manual ini menharuskan kamu untuk mengetahui fungsi pengumpan kertas. Coba kamu masukkan beberapa kertas terlebih dahulu, tujuannya untuk memastikan printer sebelum kamu mencetak halaman ganjil.

Bagi para pemula mungkin sedikit kesulitan saat mempraktekkan cara diatas. Beda dengan para penjaga mesin fotocopy, pasti mereka sudah mengerti dan mahir karena sudah biasa memakai salah satu cara diatas.

Tips Mencetak Dokumen Duplex yang Baik dan Benar

Cara Print Bolak Balik
700pc.com

Apakah kamu bisa bayangkan jika mencetak dua sisi dengan cara manual? Ya, seperti dengan cara menekan tombol print, kemudian jika halaman tersebut sudah tercetak, maka kamu harus membalik kertas tersebut dan menekan tombol lagi tombol printnya untuk mencetak halaman selanjutnya.

Nah, jadi kalau kamu berniat ingin membeli printer baru, pilihlah jenis printer yang sudah tersedia fitur duplex.

Beberapa jenis printer dari perusahaan ternama yang bisa kamu pilih seperti:

  • Canon,
  • Epson,
  • HP,
  • Brother,
  • dan Panasonic.

Nah, jenis-jenis printer milik perusahaan ternama tersebut sudah bisa mencetak dokumen dengan cara duplex atau dua sisi.

Tetapi untuk memastikannya lagi apakah printer yang kamu gunakan selama ini sudah mendukung percetakan duplex atau tidak. Ya, ikuti saja step by step di atas atau juga bisa dengan cara membaca seputar printer kamu di internet.

Selain itu coba kamu cek juga komputer milik kamu, apakah masih bisa terhubung pada printer lain yang mensupport percetakan duplex.

Jika komputer masih bisa terhubung dengan mesin fotocopy atau scanner, maka kamu gunakan cara tersebut. Karena dari kedua alat tersebut bisa mencetak secara bolak balik (duplex).

Dengan kamu melakukan percetakan di dua sisi kertas ini secara tidak sadar bahwa kamu sudah ikut serta dalam mengurangi limbah kertas juga membatasi pemakaian kertas.

Demikian ulasan tentang cara print bolak balik yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat dan bisa kamu praktekkan langsung. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like