√ Cara Sharing Printer Windows 7 Ke atas [100% Work]

Cara Sharing Printer – Kamu pernah melihat atau mendengar tentang sharing printer belum? Jadi sharing printer itu merupakan sebuah cara untuk menghubungkan satu printer ke beberapa komputer dalam satu jaringan.

Sharing printer ini bisa kita temukan di tempat-tempat seperti warnet dan photocopy, mereka itu hanya memakai satu printer saja namun dapat dipakai untuk banyak komputer.

Cara ini dapat digunakan di windows 7, 8, dan 10 karena caranya sama saja.

Cara melakukan sharing printer ini bisa memakai Wifi dan LAN. Kami juga memberikan tutorial ini lengkap dengan gambar supaya kamu tidak kebingungan dalam mengerjakannya. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Sharing Printer

Supaya printer bisa dishare dan dipakai oleh komputer kamu yang lain, kamu harus melakukan sedikit pengaturan di PC / komputer kamu yang sudah tersambung dengan printer tersebut.

Cara Sharing Printer Langkah #1

Pertama kamu buka menu Control Panel. Cara membukanya yaitu dengan cara klik tombol Windows + R setelah itu kamu tulis saja control panel di dalam pencarian tersebut, jika sudah langsung kamu klik OK atau kamu bisa tekan tombol Enter.

Cara Sharing Printer

Cara Sharing Printer Langkah #2

Setelah itu tampilan Jendela menu Control Panel sekarang sudah terbuka. Kemudian kamu harus mengaktifkan File and printer sharing. Caranya tinggal kamu pilih Network and Internet pada menu Control Panel.

Cara Sharing Printer

Cara Sharing Printer Langkah #3

Jika kamu sudah berada dalam menu Network and Internet, kamu tinggal pilih dan klik Network and Sharing Center.

Cara Sharing Printer

Cara Sharing Printer Langkah #4

Kemudian kamu klik tulisan Change advanced sharing settings.

Cara Sharing Printer

 

Cara Sharing Printer Langkah #5

Nah, untuk sharing printer maupun file, kamu tinggal aktifkan pilihan tersebut dengan cara pilih Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing. Dengan cara aktifkan itu maka komputer yang lain sudah bisa mengakses file atau printer yang telah dibagikan.

Cara Sharing Printer Windows 7

Langkah #6

Kemudian, ini merupakan langkah pilihan yang mau kamu pilih (bisa kamu aktifkan ataupun tidak), namun bukabukumu.com memberi saran kepada kamu untuk mengaktifkannya saja.

Tapi jika kamu tidak mau repot supaya komputer yang lainnya juga bisa langsung mengakses file dan printer tersebut yang di sharing, maka kamu bisa nonaktifkan saja passwordnya dengan cara membuka menu All Networks.

Cara Sharing Printer Windows 8

Langkah #7

Setelah itu scroll sedikit ke bawah lalu kamu pilih Turn of password protected sharing. Dengan demikian komputer lain yang ingin mengakses printer tidak perlu memasukkan password lagi untuk login. Setelah itu jangan lupa klik Save Changes agar tersimpan pengaturannya.

Cara Sharing Printer Windows 10

 

Langkah #8

Jika kamu sudah mengaktifkan File and sharing tadi, sekarang kamu sudah bisa melakukan sharing printer. Caranya silahkan buka kembali menu utama Control Panel lalu pilih View devices and printers di kategori Harware and Sound.

Cara Sharing Printer

Langkah #9

Lalu kamu tinggal klik kanan pada salah satu printer yang kamu sharing kemudian pilih Printer properties. Contoh gambar tersebut menggunakan tipe Epson L360 Series.

Cara Sharing Printer

Langkah #10

Kamu pindah ke tab Sharing lalu centang Share this printer, kemudian bisa kamu kasih nama pada printernya. Lalu klik OK.

Sekarang printer yang barusan dishare tersebut sudah bisa dipakai oleh komputer lain yang sudah terhubung dengan satu jaringan yang sama. Di bawah ini adalah cara mengakses printer yang telah dishare pada komputer lain.

Cara Mengakses Printer yang Sudah Dishare

Langkah 1

Kamu harus melakukan pengaturan pada laptop / komputer yang mau diakses dengan printer yang sudah dishare. pastikan kamu sudah mengaktifkan Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing kemudian pilih Save Changes.

Cara Sharing Printer

Langkah 2

Kamu bisa akses printer tersebut lewat File Explorer. Untuk membuka File Explorer tersebut cara simpelnya yaitu dengan menekan tombol Windows + E lalu pilih Network.

Setelah itu kamu klik nama komputer yang sudah dihubungkan dengan printer, contohnya seperti pada gambar di bawah.

Cara Sharing Printer

 

Langkah 3

Setelah itu buka nama komputer tersebut lalu akan terlihat file yang dibagikan dari komputer lain. Setelah itu kamu klik kanan pada printer dan klik Connect lalu kamu sampai proses selesai.

Cara Sharing Printer

Langkah 4

Yang terakhir ini kamu sudah dapat mengakses dan memakai printer yang sudah disharing. Dan pastikan kamu pilih printer dalam kondisi Ready.

Cara Sharing Printer

Cara Sharing Printer dengan HomeGroup

Kalau kamu sudah memakai cara seperti di atas tadi namun tidak berhasil, ada cara alternatif yang bisa kamu gunakan lho, yaitu menggunakan HomeGroup. Biasanya HomeGroup ini sudah tersedia pada windows 7 keatas.

HomeGroup ini dapat kamu manfaatkan untuk berbagai data atau printer kepada komputer lain yang saling berhubungan dalam jaringan yang sama (satu wifi).

Langkah-Langkah Menggunakan HomeGroup untuk Sharing Printer:

  1. Buka Control Panel pada Laptop si A, cara melakukannya yaitu dengan menekan Tombol Windows + R lalu kamu ketik Control Panel dan Enter.
  2. Setelah itu kamu lanjut klik Choose homegroup and sharing options.
  3. Sebelum membuat HomeGroup, kamu perlu ubah jaringan profil kamu menjadi Privat terlebih dahulu. Kalau profil jaringan kamu sudah kamu privat selanjutnya tidak akan ada lagi notif seperti ini.
  4. Kalau memang belu maka kamu harus pilih Change network location dan pilih Yes untuk mengganti profil jaringan menjadi di privat.
  5. Lalu klik Tulisan Create a homegroup untuk membuat homegroup dan klik Next.
  6. Pilih file yang mau dishare. Lalu biarkan default pada langkah ini, namun pastikan kamu memilih Shared pada kolom Printers & Devices. Lalu klik Next.
  7. Setelah itu akan muncul Password homegroup yang sudah dibuat. Pada tiap komputer yang ingin masuk ke homegroup harus login password dulu. Lalu klik Finish.
  8. Jika Laptop si B mau ikut bergabung pada homegroup Laptop A, caranya yaitu kamu buka menu HomeGroup lewat Control Panel. Namun kadang homegroup yang telah dibuat tidak muncul sama sekali, tetapi kamu masih bisa mengakalinya dengan cara pilih tulisan Start the HomeGroup troubleshooter.
  9. Jika sudah melakukannya lalu klik Next dan tunggu sampai prosesnya selesai. Biasanya hanya butuh beberapa menit saja.
  10. Setelah itu bakalan muncul homegroup yang sudah dibuat pada Laptop si A, kemudian pilih Join now.
  11. Lalu pilin Next dan Next lagi hingga kamu disuruh memasukkan password yang sudah dibuat di Laptop si A. Kalau sudah maka klik Next dan yang terakhir kamu pilih Finish.

Nah, sekarang kamu sudah terhubung di homegroup dengan Laptop si A. Sehingga kamu dapat dengan bebas mengakses file yang dishare dari Laptop si A (termasuk perinternya).

Sekarang kamu ingin mengeprint dokumen, kamu hanya tinggal memilih nama printer yang telah dishare oleh Laptop si A. Dan pastikan situs printernya Ready.

2 pemikiran pada “√ Cara Sharing Printer Windows 7 Ke atas [100% Work]”

Tinggalkan komentar