Cara Reset Printer Epson L120

Cara Reset Printer Epson L120

Cara Reset Printer Epson L120 – Dalam beraktivitas harian baik di kantor ataupun di rumah, pastinya tidak jauh dari pemakaian printer. Baik itu melakukan printing, foto, dokumen dan lain sebagainya.

Ya, seperti apa yang sudah kita ketahui bahwa terdapat banyak sekali jenis dan model printer yang dapat kita temui, misalnya seperti Epson.

Epson adalah salah satu dari banyaknya merk printer yang dapat dikatakan sudah sangat senior sekali dalam dunia printer. Berbagai jenis produk baru yang mereka rilis, dan jumlah penggunanya juga sudah sangat banyak sekali di seluruh dunia.

Cara Reset Printer Epson L120

Cara Reset Printer Epson L120

Bagi yang sama sekali belum tau saja. Jadi, semua masalah pada printer Epson itu dapat diatasi dengan satu cara saja. Yaitu dengan cara Reset.

Reset adalah sebuah cara yang digunakan untuk mengembalikan pengaturan printer. Dari pengaturan yang kita buat menjadi pengaturan bawaan.

Nah, bagi kamu yang mempunyai printer Epson L120 ini sangat tepat sekali membaca informasi ini. Karena admin Bukabukumu.com akan mengupas tuntas langkah-langkah yang bisa kamu baca dibawah ini:

1. Cara Reset Printer Epson L120 Manual

Nah, untuk cara reset printer Epson L120 ini merupakan cara manual yang tidak menggunakan software tambahan atau yang lainnya.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama silahkan kamu cabut terlebih dahulu kebel power selama 5 menit lamanya.
  • Jika sudah kamu cabut selama 5 menit, kemudian kamu pasang kembali kabelnya.
  • Setelah itu silahkan kamu tekan tombol power dan juga tombol resume (logo tinta) yang terdapat pada printer Epson L120 tersebut.
  • Kamu harus menahan tombol tersebut selama 5 detik lamanya, kemudian lepas.
  • Diamkan printer tersebut selama beberapa saat. Jika proses reset tadi sudah berhasil, maka masalah pada printer tersebut akan kembali normal lagi.

Jadi cara diatas itu sudah berdasarkan dari buku panduan yang resmi. Cara itu juga bisa kamu terapkan untuk seri printer Epson yang lainnya lho.

Perlu diketahui bahwa situs dalam dan situs luar negeri juga sangat merekomendasikan cara tersebut.

Cara Reset Printer Epson L120

Ok, ada sedikit gambaran untuk kamu. Jadi Epson L120 ini memiliki 2 tombol utama seperti contoh gambar diatas. Nah, dari 2 tombol tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda, antara lain:

  • Tombol Kanan memiliki fungsi untuk melanjutkan posisi dalam proses print yang sedang berhenti. Saat lampunya berkedip itu kemungkinan ada bagian tertentu yang error. Selain itu, tombol ini juga mempunyai fungsi cancelation terhadap kertas yang sedang dicetak oleh kita.
  • Tombol Kiri berfungsi untuk menyalakan dan mematikan printer. Saat lampu tombol tersebut berkedip, itu berarti sedang menerima data print, dan sedang membersihkan bagian head printer.

Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan pelajari caranya secara langsung.

2. Cara Reset Printer Epson L120 Otomatis

Cara Reset Printer Epson L120
700px.com

Nah, jika kamu menggunakan cara manual masih belum berhasil, cara selanjutnya menggunakan software.

Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu software disini akan kami jelaskan. Jadi software disini merupakan aplikasi untuk melakukan reset printer yang disebut resetter.

Aplikasi tersebut didesain khusus untuk mengatur atau mereset ulang semua pengaturan printer menjadi pengaturan bawaan.

Coba kamu cari aplikasinya di mbah Google, dengan memakai kata kunci resetter Epson L120 atau sejenisnya coba. Di bawah merupakan langkah-langkah dalam menggunakannya, antara lain:

  1. Jika aplikasinya sudah kamu install, langkah selanjutnya silahkan kamu ekstrak lalu jalankan aplikasinya.
  2. Kemudian akan muncul sebuah jendela dialog. Dalam kolom model name, silahkan kamu pilih printer yang sesuai. Kalau disini kita menggunakan Epson L120, maka pilih jenis tersebut.
  3. Setelah itu di kolom adjust akan menampilkan fungsi-fungsi aplikasi yang dapat kamu pilih untuk menjalankan perintah pada printer. Lalu kamu geser hingga masuk pada kolom maintenance dan pilih Waste Ink Pad Counter.

Cara Reset Printer Epson L120

  1. Untuk melanjutkannya silahkan kamu klik OK.
  2. Lalu bakalan muncul halaman Waste Ink Pad Counter. Di situ silahkan kamu centang Main Pad Counter. Jika sudah, silahkan klik check untuk melanjutkannya.

Jika langkah diatas sudah kamu lakukan, maka selanjutnya tinggal menunggu beberapa saat saja. Aplikasi sementara akan menghitung total pemakaian printer.

Kalau jumlahnya sudah muncul, maka centang kembali menu Main Pad Counter lalu klik Initialization. Setelah itu harus menunggu lagi beberapa saat, jika sudah sukses, nanti akan ada notifikasi bahwa kita harus mematikan printer tersebut.

Cara Reset Printer Epson L120

Jika sudah selesai, kamu bisa mematikan printer tersebut sepeti biasa, lalu nyalakan kembali. Dengan demikian printer kamu sekarang sudah tereset.

Sekarang tinggal kamu cek-cek lagi apakah sudah kembali normaL lagi atau belum.

Perhatikan: Pada langkah 3 itu dapat sesuaikan sendiri, mau seperti apa perintah yang mau kamu pilih dalam metode reset printernya. Kalau yang dipilih tadi merupakan metode reset tinta.

Jenis Error Epson L120

Ketahuilah, dari sekian banyak produk printer Epson, ada salah satu produknya yang sangat terkenal. Namanya yaitu Epson L120. Nah Epson L120 ini merupakan sebuah printer seri Ink Jet.

Dia memiliki berat yang ringan dan ringkas. Sudah banyak sekali orang-orang yang menggunakan printer jenis ini, karena dia memiliki harga yang cukup murah.

Namun sama saja seperti printer biasanya. Epson L120 ini juga bisa muncul error tertentu, misalnya seperti:

1. Lampu Selalu Berkedip

Printer bisa juga tidak merespon, dan diiringi dengan lampu led yang terus menerus berkedip. Hal tersebut merupakan masalah yang bisa dibilang sering terjadi.

Masalah lampu printer yang suka berkedip tersebut dapat terjadi karena ada terdapat salah satu komponennya yang rusak, atau juga bisa karena driver yang bermasalah (mungkin kurang cocok atau yang lainnya).

2. Printer Tidak Dapat Menarik Kertas

Bagaimana cara kamu saat memasukkan kertas ke printer? Sangat mudah kah. Cukup dengan memasukkan kertasnya ke dalam printer lalu biarkan printer tersebut bekerja dengan sendirinya. Nanti akan otomatis ketarik oleh printer.

Untuk masalah printer yang tidak dapat ditarik kertasnya itu cukup sering terjadi. Biasanya disebabkan karena roller printernya bermasalah sampai ada komponen lainnya yang rusak.

Pada printer Epson L120, jenis masalah ini juga bisa terjadi. Kertas printer tersebut tidak dapat ditarik ke dalam dan mengakibatkan tidak berjalannya proses percetakkan.

3. Not Responding

Kamu tau ngga apa artinya Not responding? Ya, artinya tidak merespon. Maksudnya adalah sistem tersebut tidak bisa merespon. Jenis masalah seperti ini biasanya disebabkan karena printer yang error saat mencetak.

Tandanya yaitu, saat muncul jendela print akan tampil pesan not responding, jika sudah seperti itu biasanya tidak bisa diapa-apakan.

4. Tidak Dapat Mencetak

Kertas tidak dapat dicetak atau kertas tidak dapat ditarik. Hasilnya benar-benar kosong dan lain sebagainya. Bisa dibilang universal gitu. Terkadang juga suka ada yang kertasnya itu tersangkut di dalam print.

Biasanya paling banyak disebabkan di roller atau software printer. Atau juga bisa terjadi pada komponen yang lainnya.

Akhir Kata

Demikian Pembahasan seputar cara reset printer Espson L120 yang sudah kami rangkum, jika ada masalah atau hal lain silahkan tulis di komentar ya. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like