Cara Download Game di Laptop

Cara Download Game di Laptop

Cara Download Game di Laptop – Bagi kamu yang tidak bisa melakukan download game khususnya di laptop, mungkin merasa sangat bingung bagaimana cara melakukannya.

Pada tulisan ini, kami merekomendasikan 7 cara yang dapat kamu gunakan sekarang juga untuk memenuhi koleksi game untuk laptop kamu.

Pada waktu-waktu tertentu pasti kita sangat membutuhkan yang namanya hiburan agar pikiran kita bisa kembali fresh.

Berbagai jenis game di internet sudah banyak sekali jenisnya, mulai dari yang berbayar dan ada juga yang gratis. Nah berikut 7 cara yang bisa kamu gunakan.

Cara Download Game di Laptop

1. Windows Store

Cara Download Game di Laptop

Windows Store merupakan suatu aplikasi yang sudah disediakan oleh Microsoft Windows secara resmi. Aplikasi ini memiliki banyak kegunaan lho, contohnya bisa mengunduh berbagai aplikasi atau game berbayar dan yang gratis.

Nah, bagi para pengguna Windows 8, 8.1, dan 10. Windows Store ini biasanya sudah terpasang di laptop kita secara otomatis.

Akan tetapi jika di laptop kamu belum ada aplikasi tersebut sama sekali. Kita bisa juga kok mengunduhnya terlebih dahulu melalui situs resmi Microsoft.

Untuk melakukan pengunduhan game di Windows Store ini. Pastikan Windows yang kita gunakan ini sudah terhubung dengan akun Microsoft.

Cara download game di laptop windows:

  1. Masuk ke aplikasi Windows Store. Kamu bisa menemukannya pada fitur pencarian yang ada pada Start Menu Windows.
  2. Jika sudah berhasil masuk, pilihlah kategori Gamenya.
  3. Lalu cari dan pilih game yang mau kamu download.
  4. Kemudian klik Install.
  5. Lalu tunggu sampai proses download game selesai. Jika sudah selesai maka akan secara otomatis Windows menginstal aplikasi tersebut. Dengan begitu kamu tidak perlu repot menginstal game itu sendiri.
  6. Nah, kalau proses download game sudah selesai maka game tersebut bisa kamu temukan di Desktop atau Start Menu secara otomatis.

2. Situs Resmi Game

Cara Download Game di Laptop

Sebagian para pembuat game itu biasanya sudah memiliki situs web khusus. Nah, kebanyakan dari mereka juga merupakan publisher online seperti 3 Kingdoom, Point Blank, dan yang lainnya.

Dalam mencari situs resmi game, kita hanya perlu mengetik judul game sesuai apa yang mau kita download pada kolom pencarian Google. Misalnya Ponit Blank, ya kita tinggal ketik aja. Gampang kan?

Jika sudah kita ketik, lalu Google akan menampilkan situs resmi sesuai dengan game yang sedang kita cari.

3. Discord

Cara Download Game di Laptop

Para gamers biasanya sudah tidak asing lagi dengan Discord ini. Ya, mereka biasanya selalu menggunakan Discord sebagai alat komunikasi.

Tidak hanya itu saja. Discord juga sudah menyediakan berbagai jenis game Windows yang dapat kita download secara berbayar dan juga gratis. Cara mengunduhnya itu bagaimana sih?

Nah, cara mengunduh game melalui Discord, pertama kita harus mengunduh aplikasi Discord terlebih dahulu lewat situs resmi miliknya.

Cara download game di laptop melalui Discord:

  1. Masuk ke aplikasi Discord yang telah kita instal. Lalu buat akun dulu, tetapi jika sudah memiliki akun Discord, maka langsung login menggunakan akun tersebut.
  2. Kemudian buka Menu Store. Lalu kita pilih game yang ingin kita download sesuai keinginan.
  3. Jika sudah, pilih menu Add to Library yang terdapat di halaman game tersebut.
  4. Setelah itu pilih menu Library dan klik Instal pada game yang sudah kita tambahkan tadi sebelumnya.
  5. Lalu tunggu sampai proses penginstalannya selesai. Jika sudah selesai, kita sudah bisa memainkannya dengan menekan tombol Play di game tersebut.

4. GOG

Cara Download Game di Laptop

Apakah kamu pernah mendengar nama ini? Ya, GOG merupakan sebuah platform yang menyediakan game. Kamu bisa mendownload berbagai jenis game mulai dari yang gratis sampai berbayar melalui aplikasi GOG ini.

Untuk mendownload game di GOG. pertama kita harus mempunyai aplikasi GOG Galaxy terlebih dahulu.

Kamu bisa mengunduh dari situs resmi miliknya secara gartis lho.

Cara download game di laptop melalui GOG:

  1. Masuk ke dalam aplikasi GOG Galaxy yang sudah di download.
  2. Kemudian kamu harus mendaftar terlebih dahulu agar bisa masuk. Jika sudah daftar maka langsung login menggunakan akun yang sudah dibuat tadi.
  3. Jika sudah masuk, pilih menu Store.
  4. Lalu cari game yang mau kita download. Jika mencari game versi gratis kita bisa pilih Free pada kolom Prince.
  5. Untuk menginstalnya, buka game tersebut kemudian klik Download and Install Now.

5. Steam

Cara Download Game di Laptop

Steam sendiri merupakan sebuah platform yang bisa kita pakai untuk mendownload game. Steam juga hampir mirip dengan GOOG.

Yang membuat beda dengan yang lain, Steam ini mempunyai berbagai fitur menarik yang dapat memberikan pengalaman terbaik saat kita bermain game.

Dengan memanfaatkan aplikasi Steam ini kita bisa berkomunikasi dengan para pemain lainnya, baik lewat pesan teks ataupun pesan suara.

Bagaimana cara menginstal game yang ada di Steam Store ini? Ok, sebelumnya kita harus sudah mendownload aplikasi tersebut di PC / Laptop kita, ikuti langkah berikut ini.

Cara download game di laptop melalui Steam:

  1. Masuk ke aplikasi steam yang sudah kita download. Lalu login memakai akun Steam. Jika belum ada kita dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengikuti intruksi yang sudah ada.
  2. Jika sudah berhasil masuk ke halaman utama dari aplikasi Steam tersebut. Buka menu Store. Lalu pilih menu Games kemudian cari game yang mau kita download berdasarkan kategori yang tersedia. Jika ingin mendownload game gratis, maka pilih kategori Free to Play.
  3. Jika sudah mendapatkan game tersebut. Kamu klik Play Game, berikan centang pada opsi Creat Dekstop Shortcut kalau kita mau membuat pintasan game tersebut dari desktop. Kemudian pilih Next.
  4. Setelah itu tunggu sampai proses penginstalannya selesai. Jika sudah selesai game tersebut akan muncul di dekstop secara otomatis.

Tips Penting:

Aplikasi Steam ini biasanya sering mengadakan diskon harga game lho. Jadi untuk mengetahui diskon ini kamu harus sering-sering membuka Steam, atau juga bisa mengetahuinya melalui email Steam. Siapa tau ada game yang kamu suka yang sedang diskon.

6. CNET

Cara Download Game di Laptop

CNET merupakan sebuah situs web yang juga menyediakan berbagai jenis game dan aplikasi untuk Windows serta Android.

Cara yang akan kita lakukan ini berbeda dengan yang sebelumnya. Disini kita mendownload aplikasi platformnya.

Cara download game di laptop melalui Emulator:

  1. Buka aplikasi Google di laptop kita. Kemudian buka halaman Cnet.
  2. Lalu kita cari dan pilih game yang mau kita instal.
  3. Jika kita sudah menemukan gamenya. Kemudian klik Download Now untuk menginstalnya.
  4. Dan secara otomatis nanti akan ada sebuah jendela persetujuan dari browser, apakah kita mau mendownload file tersebut. Oh iya, kita juga bisa mendownloadnya memakai IDM, tujuannya agar proses downloadnya bisa lebih cepat.

7. Emulator

Cara Download Game di Laptop

Emulator merupakan salah satu aplikasi yang menyediakan salah satu aplikasi penyedia game. Dan dia juga bisa digpakai untuk program dari sistem operasi yang lainnya agar bisa berjalan pada sistem operasi kita.

Emulator juga memiliki banyak sekali jenis yang bisa digunakan pada Windows maupun laptop kita. Berikut beberapa macam emulator yang bisa kita gunakan untuk memainkan game di laptop, antara lain:

  • PSX2, merupakan emulator yang bisa kita gunakan untuk bermain game konsol PS2 di laptop kita para pengguna Windows.
  • BlueStack, merupakan emulator yang bisa kita gunakan untuk menginstal game di laptop Windows.
  • ePSXe, merupakan emulator yang dapat kita pakai untuk bermain game PS2 dan PS1 di laptop kita pengguna Windows.
  • PPSPP, merupakan emulator yang bisa kita pakai untuk bermain game-game PS di laptop Windows kita.

Nah, demikian sudah pembahasan seputar cara download game di laptop dengan mudah. Semoga bisa kalian praktekkan sendiri di rumah.

Tinggalkan komentar