√ 14+ Jenis Makanan Khas Kota Palu yang Paling Enak

Makanan Khas Palu
Pixabay.com

Indonesia mempunyai beragam jenis suku bahasa, adat istiadat dan agama. Namun pada kali ini kita akan membahas seputar makanan khas dari kota Palu. Berbicara soal kuliner, kota Palu ini tidak kalah dengan kota-kota besar lainnya loh guys.

Tanpa kita semua ketahui, kota Palu ini ternyata mempunyai keunikan dan juga keragaman tersendiri. Jadi, kalau kalian sedang berliburan ke kota Palu, maka sempatkanlah untuk mampir sebentar dan menikmati kuliner khas daerah Palu ini.

Oke di sini kami akan share informasi mengenai beragam jenis makanan khas kota Palu yang paling enak.

Kue Paranggi, Kue Khas Palu

Makanan Khas Palu
tfanews.com

Kue paranggi merupakan kue khas Palu yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Jajanan ini mempunyai rasa yang tidak kalah dengan kue-kue khas yang ada di Sulawesi lainnya loh guys. Jadi kalian tidak perlu khawatir akan rasa yang dimiliki oleh kue ini.

Selain dikenal dengan sebutan paranggi, kue yang satu ini juga biasanya suka disebut bolu gula merah.

Bahan yang digunakan untuk membuat kue paranggi:

  • Terigu 1 kg
  • Telur 1 butir
  • Potas 1 sendok
  • Tbm 1 sendok
  • Gula pasir 1 sendok
  • 1 Kepok gula merah (dicairkan)
  • Air 3 gelas
  • Minyak 1 gelas

Langkah untuk membuatnya sebagai berikut:

  • Kocok gula, telur, tbm dan juga potas hingga kaku.
  • Beri tambahan terigu, lalu aduk hingga tercampur rata.
  • Tambahkan minyak.
  • Masukan gula merah yang telah dicairkan, aduk hingga kental.
  • Kalau sudah menjadi kental maka masukan ke dalam cetakan.
  • Masukkan dalam kukusan yang telah dipanaskan.
  • Kue paranggi siap untuk disantap.

Kue paranggi ini mempunyai bentuk setengah lingkaran, kalau di daerah Jawa lebih mirip seperti kue apem dari segi bentuk dan teksturnya.

Jika kalian mau menjadikan kue ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah tidak perlu khawatir, karena kue paranggi ini bisa bertahan selama satu minggu loh guys.

Sagu Dange atau Labia Dange

Kuliner khas Palu
kabarkecebong.com

Apakah kalian sedang berada di kota Palu sekarang ini? Buat kalian yang hendak berkunjung ke kota Palu ini, maka kalian akan mendapatkan sebuah pemandangan yang sangat indah.

Tidak cuma itu saja, kota Palu juga terkenal dengan jembatan kuningnya yang ikonik. Selain dari pada itu, kalian juga harus berkunjung ke tempat kuliner khas di Palu ini, salah satunya yaitu dange.

Sagu dange merupakan sebuah makanan khas Palu yang dibuat dari sagu sebagai bahan utamanya serta dibentuk seperti sebuah bangunan piramida.

Selain memiliki rasa yang pastinya enak, sagu dange ini juga bisa mengenyangkan perut kalian loh, hehehe.

Sambal Ikan Roa

Jajanan Khas Palu
m.blanja.com

Sambal ikan roa merupakan sambal yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh, sambal ikan roa ini cukup populer di kalangan masyarakat Palu. Selain memiliki harga yang cukup murah, sambal ini mempunyai rasa yang sangat unik.

Sambal ini dibuat menggunakan ikan roa sebagai bahan utamanya. Sambal ini bisa kalian temukan di sekitar perairan Sulawesi saja.

Apakah kalian tertarik untuk mencobanya?

Makanan Khas Palu, Duo Sale

Jajanan Khas Palu
Youtube.com

Duo sale ini merupakan sebuah makanan khas kota Palu berupa sambal, di wilayah Indonesia sendiri tidak banyak yang mempunyai sambal khas. Duo sale ini dibuat menggunakan ikan teri yang dijadikan sebagai bahan utamanya.

Sambal ini mempunyai rasa yang pedas dan ada manis-manisnya gitu deh, hehehe. Kalau kalian makan sambal ini dijamin akan membuat selera makan kalian meningkat, ayo coba kalian buktikan saja.

Bahan sambal ini sama dengan sambal pada umumnya seperti:

  • Cabe Merah
  • Bawang Merah
  • Tomat
  • Dsb.

Jajanan Khas Palu, Banua Cokelat

Jajanan Khas Palu
Pixabay.com

Makanan yang satu ini bernama banua cokelat, makanan ini mungkin bisa membuat kalian ingin cepat-cepat mencobanya. Banua cokelat ini terbuat dari biji kakao sebagai bahan utamanya.

Banua cokelat ini diolah menggunakan teknik khusus sehingga dapat menghasilkan rasa yang sangat khas sekali pada setiap banua cokelat ini.

Rasa yang dimiliki banua cokelat ini sedikit agak pahit, tapi dibalik rasa pahit tersebut tersimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita, berbeda dengan cokelat-cokelat yang biasa kita makan tersebut telah ditambahkan gula, susu bahkan pemanis buatan.

Kuliner Khas Palu, Kerak Sagu

Kuliner Khas Palu
ayojalanjalan.com

Apa yang ada di benak pikiran kalian? Mungkin kalian mengira makanan ini adalah kerak telor. Makanan ini bernama kerak sagu loh guys, memang terlihat hampir mirip dengan kerak telor khas Betawi.

Tapi bahan pembuatan kerak sagu ini berbeda loh. Kerak sagu ini dibuat menggunakan sagu dan juga parutan kelapa sebagai bahan utamanya.

Untuk proses pembuatannya hampir sama dengan kerak telor khas Betawi. Pembuatan kerak sagu ini dengan cara dimasukkan ke dalam sebuat cetakan hingga matang. Dan biasanya kerak sagu juga ditambahkan telor ayam ataupun bebek.

Makanan Khas Palu, Tabaro Dange

Makanan khas Palu
Youtube.com

Tabaro dange merupakan makanan khas Palu yang terbuat dari sagu serta parutan dari kelapa sebagai bahan utamanya. Untuk proses pembuatannya masih memakai cara yang tradisional memakai tungku seperti pembuatan kue serabi di Jawa Barat.

Namun ada yang cukup unik dalam memakai cetakan, karena cetakan yang digunakan tersebut merupakan sebuah cetakan yang terbuat dari tanah liat.

Tabaro dange ini mempunyai dua varian, yang pertama memakai isian dari beragam jenis ikan, kalau yang kedua itu dari gula merah. Jadi kalau kalian sedang berada di kota ini, maka kalian wajib mencobanya.

Kuliner Khas Palu, Nasi Jagung

Makanan khas Palu
takanta.id

Sulawesi memang cukup terkenal dengan petani jagung, sama juga dengan kota Palu. Kota ini termasuk salah satu penghasil makanan yang berbahan dasar jagung seperti nasi jagung pada gambar di atas.

Untuk pembuatan nasi jagung sendiri memakai jagung yang sudah terbilang cukup tua, setelah itu jagung tersebut dikeringkan dan jika sudah kering jagung langsung ditumbuk sampai menjadi beras.

Jagung yang sudah menjadi beras langsung dicampurkan bersama beras ke dalam pengolahannya.

Namun untuk memasaknya itu tidak sama dengan memasak beras yang biasa kita masak, karena proses memasak jagung dengan beras, ketika di tahap akhir beras yang sudah dicampur bersama jagung akan dikukus memakai kukusan dari bambu.

Kacang Goyang

Jajanan khas Palu
galeriwisata.com

Makanan ini memiliki nama yang sangat unik yaitu kacang goyang. Dinamakan kacang goyang karena jika kalian memakan kacang ini dapat menggoyangkan lidah kalian, hehehe ada-ada saja.

Kacang goyang ini mempunyai rupa serta bentuk yang mirip dengan kacang telur. Kacang ini juga bisa kalian jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Selain mempunyai rasa yang enak, kacang goyang ini bisa kalian bawa kemana saja dan dimanapun kalian berada.

Bawang Goreng Khas Palu

Oleh Oleh Khas Palu
Youtube.com

Kalian sudah pernah mencicipi bawang goreng khas Palu belum? kalau belum pernah, maka kalian harus mencobanya.

Bawang goreng khas Palu ini termasuk ke dalam salah satu makanan paling favorit loh, jajanan khas Palu ini juga bisa kalian jadikan sebagai oleh-oleh. Bawang goreng palu ini memiliki rasa yang lebih gurih dan renyah.

Yang paling menonjol dari bawang goreng ini adalah bawang ini mempunyai wangi yang tajam.

Jajanan Khas Palu, Uta Kelo

Kuliner khas Palu
kurio.co

Uta kelo merupakan makanan yang dibuat dari daun kelor yang telah dimasak bersama campuran santan. Uta kelo ini mempunyai rasa yang sangat gurih yang dihasilkan dari santan dan rasa pedas yang berasal dari cabe rawit.

Makanan khas Palu yang satu ini sangat sayang sekali kalau kalian lewatkan. Karena selain dari rasanya yang enak, makanan ini juga mempunyai berbagai kasiat untuk tubuh kita.

Palu Mara Khas Palu

Makanan khas Palu
Youtube.com

Makanan yang satu ini bernama palu mara, makanan ini merupakan makanan khas yang cukup populer di kalangan masyarakat kota Palu.

Terdapat banyak warung-warung makanan yang menjual makanan ini, rasa yang dimilikinya juga sangatlah enak, karena membuatnya itu menggunakan bahan rempah-rempah dari bagian timur Indonesia.

Kalian juga bisa membuat makanan ini di rumah, karena proses pembuatan palu mara ini cukup sederhana.

Apakah kalian tertarik untuk mencobanya?

Kapurung

Makanan Khas Palu
id.wikipedia.org

Kepurung ini termasuk salah satu makanan yang berasal dari Sulawesi Selatan, tetapi posisinya yang cukup berdekatan dengan Palu maka makanan ini bisa kalian temui jika sedang berada di kota Palu ini.

Bahan untuk membuat kepurung antara lain:

  • Sagu
  • Air panas
  • Dsb.

Kalau bahan tersebut sudah kalian tempatkan dalam satu wadah, maka kalian langsung aduk saja sampai menghasilkan tekstur yang kental. Untuk cara memakan makanan yang satu ini juga memiliki cara yang cukup unik.

Berikut cara memakan kepurung:

  1. Lettakan bola-bola sagu ke dalam mangkuk.
  2. Beri tambahan sayur yang telah direbus.
  3. Siram memakai kaldu ikan
  4. Tambahkan mangga dan udah rebus.

Kepurung ini mempunyai citarasa yang lezat, sehingga sayang sekali kalau kalian tidak mencicipi makanan ini ketika sedang berada di Palu.

Burasa

Jajanan Khas Palu
krafhandmade.blogspot.com

Burasa merupakan sebuah makanan dari buras atau lontong yang berbentuk gepeng dan kerap diartikan dengan sebutan bubur beras yang memiliki beragam rasa. Makanan ini dibuat dari adonan bubur beras yang kemudian dikasih bumbu serta dibungkus menggunakan daun pisang.

Pada waktu makanan ini disajikan hanya pada saat-saat tertentu saja, misalnya seperti acara hajatan, kalau sekarang sudah bisa kita temui di pasar tradisional yang terdapat di kota Palu.

Nah, itu dia pembahasan seputar makanan khas kota Palu yang bisa kalian coba, semoga artikel ini bisa menjadikan referensi kalian yang suka menjelajahi wisata kuliner di tanah air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like