Kerajinan dari Kertas Origami

√ Cara Membuat Kerajinan dari Kertas Origami [Terlengkap]

Kerajinan dari Kertas Origami – Origami itu merupakan sebuah seni dalam melipat kertas yang indah dari dulu adanya dan sudah berkembang sampai sekarang ini. Origami ini berasal dari bahasa Jepang yang terdiri dari dua kata yaitu ori serta kami.

Ori tersebut artinya lipat dan kami itu artinya kertas, jadi kalau digabungkan menjadi origami yang memiliki arti lipat kertas. Origami yang dikenal sejak dulu ini memang sangatlah biasa didengar oleh banyak orang.

Untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasan berikut ini.

Seni dalam Melipat Kertas

Kerajinan dari Kertas Origami
Youtube.com

Awal mula adanya seni melipat kertas origami ini beberapa dari referensi yang kami temukan menyebutkan origami ini sudah tersebar dan bisa ditemukan di China, Jepang, Italia, Jerman serta Spanyol. Dari daftar negara-negara tersebut, origami diklaim berasal dari Jepang.

Kalau dalam sebuah cerita, origami ini memang berasal dari Jepang. Berawal dari kedatangan seorang biksu yang berasal dari Tiongkok pada abad ke 6 yang waktu itu membawanya.

Berdasarkan catatan sejarah mengatakan bahwa origami ini waktu dulunya merupakan sebuah simbol yang sangat religius.

Maka dari hal tersebut, Jepang tidak bisa jauh dari kegiatan seni dalam melipat sebuah kertas ini. Pada tradisi shinto di Jepang, kertas kertas yang berbentuk segi empat dipotong serta dilipat hingga menyerupai lambang simbolik Dewata, lalu digantungkan di Kota Jingu (Kuil Agung Imperial), ise, sebagai persembahan.

Cara Membuat Kerajinan Bunga dari Kertas Origami

Kerajinan dari Kertas Origami
Youtube.com

Origami dengan berbentuk bunga-bunga itu sangat digemari sekali dan disukai oleh banyak orang. Dalam proses pembutannya juga cukup mudah sekali untuk dipelajari caranya.

Origami bunga mempunyai bentuk yang sangat indah dan membuatnya cocok jika dijadikan sebagai hiasan, aksesoris furniture pada sudut-sudut ruangan rumah. Berikut berbagai bentuk bunga-bunga yang bisa kalian buat di rumah. Berikut cara pembuatan dan tekniknya.

Cara Membuat Origami Bunga Tulip Unik

1. Siapkan Bahan dan alat

Kerajinan dari Kertas Origami
caraaslan.blogspot.co.id

Bahan serta alat yang digunakan unutk membuat bunga dari kertas kertas origami ini adalah:

  • Kertas lipat yang memiliki ukuran sekitar 20 cm × 20 cm dan mempunyai warna yang berbeda. Semuanya sesuai keinginan kalian.
  • Misalnya warna depannya berwarna biru dan warna putih pada bagian belakangnya. Hal tersebut agar mempermudah kalian dalam proses pengerjaannya.
  • Pinset
  • Pensil ataupun ponsel untuk mencetak sebuah garis serta untuk membuta sketsa kelopak bunga mawar.

2. Siapkan Kertas Lipat

Kerajinan dari Kertas Origami
caraaslan.blogspot.co.id

Selanjutnya yaitu sediakan kertas lipat yang ingin kalian buat menjadi bunga mawar yang unik. Lalu lipatlah kertas origami itu hingga menjadi sebuah kotak persegi yang memiliki ukuran kecil. Intinya, kalian harus membuat lipatan pada kertas tersebut sampai berukuran kecil dan rapih.

3. Tebalkan Bekas pada Lipatan

kerajinan dari kertas origami bunga
caraaslan.blogspot.co.id

Jika sudah selesai, lipatlah kertas origami tersebut sampai menjadi sejumlah kotak persegi yang memiliki ukuran kecil. Setelah itu kalian tebalkan garis pada lipatan tersebut menggunakan pulpen ataupun pensil yang telah kalian sediakan.

Coba kalian usahakan warna bolpoin maupun pensilnya itu beda dengan garis yang pas pertama kali kalian bentuk tadi.

4. Lipatlah Kertas Mengikuti Gambar ini

Kerajinan dari kertas Origami Bunga
caraaslan.blogspot.co.id

Kalau garis tadi sudah ditebalkan menggunakan pensil dan pulpen, selanjutnya adalah kalian

  • Lipat kertas origami tersebut pada tiap-tiap sudutnya.
  • Setelah itu kalian buka lipatannya tadi lalu ditebalkan.
  • Lipat kembali ke empat bagian sudutnya sesuai contoh pada gambar.

Jika langkah tersebut sudah selesai, maka kertas itu harus diberikan lipatan kebawah sesuai dengan gambar nomor 4. Gimana menurut kalian, mudah bukan membuat kerajinan ini?

Kerajinan dari kertas Origami Bunga
caraaslan.blogspot.co.id

Kalau lipatannya sudah ditebalkan, selanjutnya balikan kertas origami tersebut. Jika sudah dibalikkan, maka tebalkan lagi garis menggunakan pulpen sesuai dengan gambar di atas.

Kenapa menebalkan garisnya itu memakai pulpen? Ya, karena agar bisa lebih mudah lagi dalam melipat kertas origami tersebut.

Nah, buat kalian yang sudah ahli, kalian tidak harus juga memerlukan garis bantu seperti contoh di atas. Jika sudah selesai, maka lipatlah kertas tersebut sesuai dengan garis itu.

Kerajinan dari Kertas Origami
caraaslan.blogspot.co.id

Selanjutnya kita harus fokus pada salah satu sudut lagi.

Buatlah sebuah lipatan lembah sepanjang garis yang berwarna merah (pada contoh gambar di atas). Sekarang kita harus fokus dengan garis merah tersebut.

Buat sebuah lipatan lembah dengan membawa sudut bagian kanan ke arah kiri. Setelah itu nanti hampir sama dengan gambar nomor 3 di atas. Kemudian kita balikkan lipatan tersebut sampai pada posisi atasnya berbentuk segitiga yang baru di bagian bawah lipatan terbalik dan sesuai pada contoh gambar nomor 4 di atas.

Kerajinan dari Kertas Origami Bunga
caraaslan.blogspot.co.id

Selanjutnya kita akan membuat lipatan lembah bersama dengan garis yang diperlihatkan pada contoh gambar nomor 1 di atas. Lalu lipatlah ke arah yang berlawanan seperti langkah pada contoh nomor 3 di atas tadi.

Kerajinan dari kertas Origami Bunga
caraaslan.blogspot.co.id

Kemudian coba kalian perhatikan pada contoh gambar di atas. Perhatikan ke arah garis yang terdapat pada gambar nomor 1 itu. Lipatlah bagian ujung kertas origami hingga berbentuk seperti kelopak di gambar nomor 2.

Langkah seperti itu kita ulang terus untuk membuat 3 sudut yang lainnya. Pada langkah yang ini, kertas telah terlihat menyerupai origami bunga mawar yang mirip dengan contoh gambar nomor 3 di atas.

Kerajinan dari kertas Origami Bunga
caraaslan.blogspot.co.id
Kerajinan dari Kertas Origami
caraaslan.blogspot.co.id

Coba kalian perhatikan pada contoh gambar di atas tersebut. Bagaimana bisa kalian berada pada langkah ini, caranya dengan membalikkan ke bagian atas mirip dengan contoh gambar nomor 1 di atas.

Kemudian berikan tanda “X” pada bagian atas bunga seperti contoh pada gambar nomor 1 di atas, bertujuan agar mempermudah untuk melakukan langkah selanjutnya.

Nah, cara yang pertama yaitu kalian harus melakukan penekanan secara lembut dari 4 sisi pada bagian yang telah diberikan tanda “X”. Seperti yang sudah dicontohkan pada gambar nomor 2 di atas itu.

Kemudian kalian letakkan tangan kalian di bagian dalam yang telah diberikan lubang sebanyak 4 lubang.

Lalu kalian harus menekan dengan cara pelan-pelan dan putar pada tanda “X” itu bersama dengan searah jarum jam berputar sehingga membentuk seperti contoh gambar nomor 3 di atas.

Kalau kalian mau lebih mudah lagi dalam membuatnya, maka bisa memakai pinset. Jika memakai pinset maka kalian putar pada bagian tengah bunga tersebut dan tekan dengan cara perlahan di bagian pusat bunga seperti contoh gambar nomor 4 di atas.

Untuk langkahnya sudah kita bahas di atas tadi, mungkin kalian akan merasa kesulitan maka untuk meminimalisir kerusakan, kalian harus lebih berhati-hati, supaya bisa menghasilkan kualitas bunga origami yang bagus sesuai apa yang diinginkan.

Manfaat Seni Melipat Kertas Origami

Kerajinan dari Kertas Origami
Pixabay.com

Origami itu adalah sebuah kertas lipat yang bisa dipakai untuk mainan anak-anak seperti yang sudah kita ketahui berasal dari Jepang. Origami juga memiliki ukuran yang bervariasi mulai dari yang kecil sekitar 16×16 cm serta 20×20 cm.

Apakah kalian sudah mengetahui, bahwa origami ini tidak cuma sekedar melipat kertas biasa. Karena origami ini mempunyai manfaat untuk buah hati kalian jika dia memainkannya. Nah, manfaat tersebut dirangkum seperti:

  • Melatih Ketekunan Anak
  • Melatih Ketelitian anak
  • Melatih Anak dalam Membuat Sebuah Karya Seni
  • Mengasah Imajinasi Anak
  • Mengajarkan Untuk Lebih Kreatif
  • Mengajarkan Anak Untuk Membuat Replika
  • Mengajarkan Anak Untuk Mengikuti Perintah
  • Melatih Daya Ingat Anak

Demikianlah pembahasan seputar kerajinan dari kertas origami yang bisa berikan kepada kalian. Baca juga kerajinan dari botol bekas dan contoh kerajinan tekstil. Semoga artikel ini bisa kalian jadikan sebagai referensi dalam membuat sebuah karya seni di rumah. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: