Contoh Kerajinan Tekstil

√ Kerajinan Tekstil – Pengertian, Contoh dan Jenisnya [Terbaik]

Contoh Kerajinan Tekstil – Merupakan sebuah karya dalam bentuk kerajinan tangan dan dibuat menggunakan bahan (limbah) tektil. Beragam jenis kerajinan tangan yang bisa dibuat menggunakan bahan tekstil seperti:

  • Taplak meja
  • Seprai pelapis
  • Sarung bantal
  • Dan ragam sandang lainnya.

Kerajinan tekstil sendiri terbagi menjadi 2 yaitu kerajinan tekstil modern dan kerajinan tekstil tradisional. Dari tiap-tiap kerajinan tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Kalau kerajinan modern biasanya dipakai untuk kebutuhan fungsional dan praktis.

Kalau kerajinan tradisional dipakai sebagai simbolis pada beragam upacara adat. Supaya tidak kebingungan memahaminya, silahkan baca ulasan di bawah ini sampai habis.

Pengertian Kerajinan Tekstil

Contoh Kerajinan Tekstil
Pixabay.com

Kerajinan tekstil adalah sebuah karya seni yang mana pada proses pembuatannya itu memakai bahan tekstil.

Tekstil sendiri merupakan sebuah bahan yang berasal dari sebuah serat dan diolah dari bahan benang atau kain.

Bahan tersebut biasanya sering dipakai sebagai salah satu bahan untuk membuat busana dan produk kerajinan yang lainnya.

Oke, apakah kalian bisa mengambil kesimpulan dari pengertian di atas? Jadi bahan tekstil tersebut meliputi kain, pakaian dan benang serta beragam benda lainnya yang dibuat menggunakan serat.

Untuk bahan-bahan serat yang dipakai pada tekstil ini biasanya seperti:

  • Serat staple
  • Serat Alam
  • Serat Filamen
  • Serat Sintetis
  • Dsb.

Jenis-jenis Kerajinan Tekstil

Contoh Kerajinan Tekstil Modern
Pixabay.com

Sebelumnya sudah kita bahas di awal tadi bahwa kerajinan tekstil ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu kerajinan tekstil modern dan kerajinan tekstil tradisional.

Seiring perkembangan zaman dan diikuti juga dengan perkembangan industri tekstil yang semakin cepat. Pada saat ini sudah banyak sekali para desainer atau para perancang yang sudah menghasilkan sebuah karya busana modern.

Namun tidak sedikit juga dari mereka yang mengembangkan ide dari kerajinan tekstil tradisional di Indonesia bertujuan supaya dikenal luas oleh jutaan orang. Di bawah ini merupakan pembagian kerajinan tekstil yang ada di Indonesia sebagai berikut.

A. Kerajinan Tekstil Modern

Kerajinan tekstil modern adalah sebuah karya tekstil yang dibuat memakai alat bantu modern sehingga mampu membuat sebuah produk tekstil dalam jumlah yang banyak.

Contoh dari kerajinan dari tekstil modern yaitu sebuah pakaian yang dapat dipakai pada kehidupan sehari-hari misalnya seperti baju, topi, dan aneka aksesoris lainnya. Selain daripada itu ada juga yang dipakai sebagai pelengkap interior seperti:

  • Sarung bantal
  • Kain seprai
  • Lap
  • Keset
  • Dsb.

B. Kerajinan Tekstil Tradisional

Kerajinan tekstil tradisional itu adalah sebuah kerajinan tangan yang dibuat dengan memakai peralatan yang sederhana juga memakai bahan yang berasal dari alam itu sendiri.

Alat yang dipakai itu biasanya juga masih terbilang sangat sederhana banget dan tidak bisa memproduksi barang dalam jumlah yang banyak, jadi sangat terbatas sekali. Contoh dari kerajinan tekstil sederhana yaitu:

  • Kain sarung
  • Kain tenun
  • Batik tulis
  • Dsb.

Contoh Jenis-jenis Kerajinan Tekstil

Kerajinan tekstil ini merupakan sebuah karya yang terwujud melalui beberapa proses pembuatan produk dari bahan tekstil. Nah, desain itu merupakan tahapan pertama dalam membuat sebuah kerajinan dengan merancang suatu karya seni dan akan mempermudah dalam mencapai sebuah tujuan pada pembuatan karya tersebut.

Di bawah ini adalah contoh kerajinan tekstil yang terdapat di Indonesia.

1. Kerajinan Tekstil Sulam

Contoh Kerajinan Tekstil Sulam
xiia62017lamyravivian.wordpress.com

Sulam atau bordir ini merupakan sebuah hiasan yang dibuat pada kain atau bahan lainnya dengan memakai benang dan juga jarum. Selain memakai benang, sulaman ini bisa memakai bahan lain seperti logam, manik-manik, peyet serta bulu burung.

Jadi kerajinan sulam ini sendiri terdiri dari beragam jenis, dan tergantung dari hasil kerajinan tersebut juga contohnya sulam timbul, sulam datar, sulam terawang dan sulam-sulam yang lainnya.

2. Kerajinan Batik

Contoh Kerajinan Tekstil
Hellobly.com

Selanjutnya adalah kerajinan batik. Nah, batik ini merupakan salah satu karya seni yang memiliki nilai yang tinggi dan sudah mendapat pengakuan oleh dunia. Dalam membatik ini biasanya memakai peralatan sederhana seperti sebuah canting atau kuas yang dipakai untuk membuat pola pada kain.

Kalau untuk memberi warna pada kain tekstil itu sendiri memakai teknik tutup celup. Pada kerajinan tekstil batik ini merupakan sebuah warisan dari budaya nusantara serta sudah menjadi ciri khas dari bangsa Indonesia.

3. Kerajinan Jahit Perca

Contoh Kerajinan Tekstil Modern
Pixabay.com

Selanjutnya kerajinan perca. Perca ini merupakan hasil dari sisa-sisa kain dalam membuat pakaian atau kerajinan tekstil yang lainnya. Menjahit perca itu merupakan salah satu langkah dalam membuat sebuah produk kerajinan tekstil yang memakain bahan-bahan dari potongan kain perca.

Potongan kain perca tersebut digabungkan dengan cara dijahit sesuai pola yang sudah dibuat sebelumnya. Menjahit perca ini harus fokus pada teknik menjahitnya tidak pada apa yang digunakannya.

Jika mau tau lebih jauh lagi seputar kerajinan perca, kalian bisa membaca artikel lain yang berjudul kerajinan tangan dari kain perca.

4. Kerajinan Jahit Tindas

Contoh Kerajinan Tekstil
Pixabay.com

Jahit tindas (quilting) ini merupakan sebuah teknik menghias bagian permukaan pada kain dengan cara membuat lapisan kain bersama pelapis, lalu dijahit tindas pada bagian permukaan di kain tersebut.

Nah, teknik tindas ini biasanya sering dipakai untuk membuat selimut dengan menggunakan hiasan-hiasan yang timbul.

5. Kerajinan Cetak Saring

Contoh Kerajinan Tekstil Modern
blog.porinto.com

Selanjutnya yaitu kerajinan cetak saring, dia merupakan salah satu pada pembuatan cetak dengan memakai layar. Jadi layar tersebut biasa memakai bahan sutra atau nilon yang didesain dengan kerapatan dan pola yang sudah ditentukan.

Kemudian layar tersebut dikasih pola yang berasal dari negatif desain yang sudah dibuat sebelumnya. Kain tersebut direntangkan kuat supaya bisa menghasilkan layar dan mendapatkan hasil cetakan yang datar.

Jika sudah kalian beri fotoresis dan juga sinar, maka akan terbentuk bagian-bagian yang dapat dilalui tinta. Salah satu dari contoh kerajinan dari cetak saring ini yaitu sablon.

6. Kerajinan Tenun

Contoh Kerajinan Tekstil
arah.com

Tenun ini merupakan salah satu dari teknik membuat kain yang terdapat di berbagai daerah di Indonesia. Setiap daerah biasanya mempunyai ciri khas tersendiri dalam membuat kerajinan tenun ini.

Maka daripada itu dengan melihat kain dan motif tertentu, orang itu dapat mengetahui dari mana kain tenun itu berasal.

Setiap orang akan merasa bangga jika memakai kain tenun yang berasal dari daerahnya. Misalnya pada suku Sumba atau daerah-daerah tertentu itu biasanya menonjolkan corak bintang seperti Sumba Timur dengan corak motif bentuk rusa, kuda, naga, singa, udang dan lain sebagainya.

Kalau Timor Tengah Selatan itu banyak banyak sekali yang menonjolkan corak motif gambar buaya, burung, cicak, serta motif kain kaif. Untuk daerah-daerah lain itu lebih menonjolkan motif daun-daun atau bunga-bunga, kalau motif bintang itu hanya dijadikan sebagai pemanisnya saja.

7. Kerajinan Makrame

Contoh Kerajinan Tekstil Beserta Gambarnya
kargoku.com

Makrame ini merupakan salah satu jenis kerajinan dalam membuat sampul dan menggarap untaian benang dimulai dari awal hingga menjadi satu kain tenun. Nah, hasil dari kerajinan makrame ini memiliki fungsi seperti:

  • Keindahan
  • Kekuatan
  • Dsb.

Fungsi tersebut itu tentunya berbeda-beda. Jadi kalau untuk fungsi dari karya ini dapat kalian lihat pada produk yang dihasilkannya. Kalau untuk ketahanan produk itu sangat bergantung sekali dari bahan kerajinan yang dibuat.

Cara membuat kerajinan tekstil ini bisa kalian ikuti panduan pada video di bawah ini.

Nah, itulah ulasan seputar contoh kerajinan tekstil yang bisa kami berikan. Semoga bisa menambah wawasan kalian dan menjadikan artikel ini sebagai referensi kalian, semoga bisa bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: