10 Jenis Kain yang Cocok Untuk dijadikan Gaun Pesta

Jenis Gaun Untuk Pesta – Memiliki tampilan yang cantik dan menawan pada sebuah acara pernikahan tentu saja merupakan impian semua perempuan. Mulai dari busana hingga hiasan yang digunakan juga harus terlihat sempurna.

Perkembangan dunia fashion sangat cepat, berbagai jenis model outfit untuk dipakai pada acara pesta atau kondangan juga semakin beragam.

Jika berbicara seputar outfit untuk ke pesta, kain yang dijadikan sebagai bahan pastinya jangan sampai ditinggalkan dong. Jadi, jenis kain yang kamu pilih menjadi salah satu aspek yang paling penting pada tiap fashion.

Di sini kami sudah merangkum 10 jenis kain yang digunakan untuk gaun pesta. Penasaran? Mari sama-sama kita simak ulasan di bawah ini!

Jenis Kain Untuk Gaun Pesta

Berikut 10 Jenis kain yang cocok dijadikan gaun pesta trend saat ini.

1. Kain Brokat

Jenis Kain Untuk Gaun Pesta

Brokat merupakan salah satu jenis kain yang sekarang ini sedang hits.

Dari beberapa puluhan tahun yang lalu sudah banyak sekali orang-orang yang menggunakan bahan kain ini untuk dijadikan kebaya dan baju pesta. Kain berasal dari broccato yang artinya kain yang disulam.

Baca Juga : Apa itu Bahan Katun Rayon?

Kain brokat sangat cocok dijadikan baju pesta, karena akan memberikan penampilan yang elegan dan terlihat lebih mewah.

Banyak juga yang memadukan brokat ini dengan kain sutra atau ornamen-ornamen yang mewah lainnya. Pakaian yang memakai kain brokat adalah gaun pernikahan, baju pesta, serta kebaya.

2. Kain Organza

Jenis Kain Untuk Gaun Pesta

Jenis kain yang satu ini tidak perlu diragukan lagi akan kepopulerannya, karena sudah dinobatkan sebagai salah satu jenis kain yang digemari banyak orang, hehehe.

Jenis kain ini biasa dibuat dari bahan rayon atau sutra halus. Biasanya juga kain sering dijadikan sebagai luaran baju pesta, karena memiliki bentuk yang transparan.

Selain dijadikan sebagai bahan baju, ternyata kain organza juga banyak dijadikan sebagai hijab, untuk menampilkan kesan yang elegan dan mewah saat hadir ke sebuah acara pesta.

3. Kain Satin

jenis kain untuk baju pesta muslimah

Salah satu jenis kain yang sangat umum dijadikan baju pesta adalah kain satin. Kain satin memiliki beragam jenis, misalnya seperti jenis kain satin yang pada umumnya dipakai yang memiliki ciri-ciri seperti:

  • Permukaannya mengkilap,
  • Halus (terbuat dari bahan sutra),
  • Licin.

Selain itu juga ada Duchesse satin yang terdiri dari campuran antara rayon dengan sutra yang lembut, dan ada satin Valvet yang akan kita bahas di bawah nanti.

Selain untuk dijadikan dress, bahan satin ini biasa dijadikan sebagai bahan untuk membuat fashion lainnya seperti gaun pesta, gaun pengantin, dan yang lainnya.

4. Kain Embroidery

Jenis Kain Untuk Gaun Pesta

Kain embroidery merupakan salah satu jenis kain yang biasa dijadikan baju untuk ke acara pesta dan baru muncul beberapa tahun terakhir ini. Jika didengar dari namanya saja sudah bisa kita tebak kalau kain jenis ini mempunyai sulaman.

Baca Juga : Keunggulan Bahan Wolfis

Kain embroidery ini biasanya mencampurkan terknik sulaman dan border, sehingga nampak lebih kompleks, artistik, dan juga inovatif.

Selain memiliki bentuk dasar yang indah, kain jenis ini jika dibentuk menjadi sebuah baju pesta atau dress, pasti akan terlihat lebih anggun dan menawan.

5. Kain Lace

jenis kain untuk busana pesta

Lace adalah salah satu jenis kain sering dijadikan sebagai gaun pesta atau gaun untuk pernikahan, kain ini juga hampir mirip dengan brokat.

Pada dasarnya, kain lace ini memiliki bentuk yang beraneka ragam, yang mudah didapatkan adalah bentuk bunga.

Supaya bisa lebih menawan, kamu bisa mencampurkan kain lace ini dengan sutra, linen, dan kain katun untuk dress, atau bahkan gaun pesta kamu.

6. Kain Tulle

Jenis Kain Untuk Gaun Pesta

Berbicara mengenai kain tulle, mungkin sebagian dari kalian sama sekali tidak tahu. Kain tulle ini dibuat dari hasil campuran nilon, sutra, dan rayon.

Kain tulle mempunyai bentuk yang transparan, sehingga biasa dijadikan untuk penambah luar gaun. Untuk gaun pengantin, dulunya kain tulle ini dijadikan sebagai penutup wajah.

Baca Juga : Jenis Kain Satin

Jika kalian memakai kain tulle untuk dijadikan sebagai busana dalam pesta, itu bisa membuat penampilan kamu lebih anggun dan elegan lho.

7. Kain Lycra atau Spandex

Jenis Kain Untuk Gaun Pesta

Lycra atau spandek merupakan jenis kain yang biasanya dijadikan untuk membuat pakaian yang bertekstur licin, lembut, dan elastis.

Jika berbicara seputar kain yang bagus dan elastis, kain spandex adalah juaranya, keren ngga tuh, wkwkwk.

Karena sifatnya yang elastis, kain spandex ini sangat mudah sekali untuk dilipat. Selain biasa dijadikan sebagai bahan baju pesta, kain spandex juga sering dijadikan sebagai pakaian jaket dan casual.

8. Kain Silk

Jenis Kain Untuk Gaun Pesta

Jika kamu menginginkan sebuah gaun yang terlihat classic, seperti bahan yang satu ini sangat cocok untuk kamu. Kamu dapat memilih heavy silk supaya terlihat jatuh.

Kain silk ini merupakan salah satu kain yang berat tetapi halus, dengan adanya aksen drapperi yang lembut, dapat menjadikan penampilan kamu lebih anggun.

9. Kain Chiffon

jenis kain untuk dress pesta

Kain Chiffon merupakan salah satu kain luxury fabric. Kain jenis ini mempunyai tekstur yang lembut dan tipis ketika digunakan.

Chiffon ini dibuat dari campuran polyester dan rayon. Dia juga dapat kamu jadikan sebagai gaun after party. Kamu juga dapat menambahkan veil sebagai pengembang pada gaun.

10. Kain Velvet

jenis kain Untuk gaun pesta

Kain valvet bisa kamu jadikan sebagai gaun pengantin yang mewah. Kalau dulu, jenis kain seperti ini hanya dipakai oleh para bangsawan saja, khususnya para raja di Eropa bagian timur.

Kain ini memberikan efek kehangatan pada tubuh kamu dan mempunyai tekstur yang sangat lembut saat dikenakan.

Gaun dengan model yang bisa dibilang cukup sederhana bisa terlihat mewah dengan kain valvet ini. Kamu dapat memakai valvet sutra untuk dijadikan sebagai gaun pengantin impian kamu.

Jenis-jenis kain tersebut, kamu lebih suka yang mana? Tulisan jawabanmu dikolom komentar ya!

Penutup

Demikian ulasan seputar 10 jenis kain yang bagus untuk dijadikan sebagai gaun pesta. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kamu. Terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    %d blogger menyukai ini: