Bahan Kain Wolfis

Apa itu Bahan Wolfis? Berikut Keunggulan yang Wajib diketahui

Bahan Kain Wolfis – Banyak sekali yang bertanya-tanya mengenai apa itu bahan wolfis? Nah, berhubungan bahan kain yang satu ini sudah lazim sekali dicari oleh orang-orang, bahkan sudah diakui akan harga yang ditawarkannya ini sangat terjangkau.

Ditambah dengan kualitas bahan kain yang cukup baik, dan membuatnya menjadi salah satu bahan yang banyak sekali dicari untuk dijadikan sebagai busana muslimah.

Kalian sudah penasaran kan? Kira-kira, seperti apa sih ciri-ciri dari bahannya.

Mari sama-sama kita simak informasi mengenai bahan wolfis yang sudah kami rangkum dengan bahasa yang mudah dipahami.

Apa itu Bahan Wolfis?

Bahan Kain Wolfis

Bahan wolfis adalah sebuah kain yang dibuatnya tidak menggunakan serat campuran, baik itu katun maupun sutra, seperti beberapa pendapat keliru yang banyak beredar.

Maka daripada itu, keunggulan yang dimiliki kain wolfis ini sebenarnya masih berada dibawah jenis sutra dan juga katun. Wolfis merupakan salah satu jenis kain yang dibuat dari 100% polyester.

Nama asli dari wolfis ini adalah Woolpeach, dia merupakan suatu bahan kain yang mempunyai ciri-ciri seperti:

  • Sangat lembut.
  • Tidak bikin gerah.
  • Halus.
  • Jatuh.
  • Dsb.

Tekstur yang dimilikinya juga sangat halus, bahkan serat kain yang dimilikinya itu hampir tidak terlihat. Hehehe, mantapss kan!

Bagi orang yang masih awam dengan jenis bahan kain, mungkin pas awalnya itu masih sulit dan kebingungan untuk mengenali bahan kain wolfis.

Uniknya, dari sekian banyak orang yang pertama kali mereka kenal adalah bahan wolfis sebelum jenis kain yang lainnya.

Hal ini disebabkan karena harganya yang sangat ekonomis, dan menjadikan bahan wolfis ini sebagai pilihan nomor 1 dalam memproduksi busana muslimah. Hehehe, keren bukan!

Selain dari harganya yang murah serta ringan, bahan wolfis merupakan sebuah kain yang tidak tembus pandang (transparan), walaupun termasuk ke dalam salah satu jenis kain yang tipis.

Bahan wolfis juga menjadi bahan yang sangat lazim dipakai oleh para konveksi dalam memproduksi gamis syar’i dan jilbab. Hal ini bisa terjadi karena bahan wolfis ini mempunyai ciri-ciri kain yang cukup baik dan harganya juga yang sangat terjangkau.

Bahan Kain Wolfis itu Bukan dari Gabungan Katun atau Sutra

bahan kain wolfis untuk jilbab

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai bahan katun Rayon. Silahkan jika mau kalian baca terlebih dahulu. Okey kita lanjut, disini kami akan meluruskan kembali, bahwa bahan kain wolfis itu bukanlah seperti apa yang dipikirkan oleh kebanyakan orang.

Sebagaimana informasi yang sudah beredar, dan menganggap bahan wolfis ini sebagai jenis kain yang dibuat dari serat campuran antara katun dengan sutra atau yang lainnya.

Sebenarnya hal ini tidak benar!

Seandainya bahan wolfis ini terbuat dari serat campuran, baik sutra, katun serta polyester, maka tujuan produksi bahan kain wolfis ini tidak berhasil.

Alasan utama dibuatnya bahan wolfis adalah untuk menciptakan harga jual kain yang murah dan bisa terjangkau oleh semua kalangan, namun dengan kualitas yang terbaik.

Suatu pabrik pasti bisa menekankan biaya produksi bahan wolfis, jika terbuat dari 100% polyester. Daripada harus menemui beragam jenis komposisi bahan kain yang berbeda-beda, yang modalnya itu bisa jadi lebih mahal.

Misalnya dengan ditambahkan serat sutra ataupun katun.

Padahal untuk memproduksi bahan kain yang jatuh serta lembut, pabrik itu cuma membutuhkan softener tambahan saja. Yang dimana harga pada bahan softener itu sangatlah terjangkau.

Ciri-ciri Bahan Wolfis

bahan kain wolfis premium
notepam.com

Jika kita lihat dari teksturnya, bahan wolfis ini memang tidak mempunyai ciri khas tersendiri layaknya seperti kain Balotelli dengan garis-garisnya.

Atau seperti kain Bubble crepe yang teksturnya itu mirip sekali dengan kulit jeruk yang tidak kasat mata.

Namun tekstur yang dimiliki oleh bahan wolfis ini tidak begitu nampak dan tidak mempunyai ciri khas. Kalau kita raba, sifat halusnya itu akan lebih berasa dan tipis namun tidak menerawang.

Jadi, bahan wolfis itu bukan kain yang dibuat dari serat katun. Maka daripada itu, jangan membanding-bandingkan kualitas bahan ini dengan jenis-jenis kain katun.

Keunggulan Bahan Kain Wolfis

Bahan Kain Wolfis

Untuk keunggulan yang dimiliki oleh kain wolfis ini sangat banyak sekali kalau ditinjau dari berbagai sisi. Salah satu hal yang terpenting adalah harga yang ditawarkannya itu sangat ekonomis sekali.

Dengan kualitas bahan kain yang cukup membuat kita puas, membuat para pengusaha konveksi gamis sayr’i dan jilbab yang selalu mengandalkan bahan wolfis ini sebagai bahan pada produk mereka.

Setelah itu, hasil dari berbagai produk gamis yang dibuat menggunakan bahan wolfis itu dapat dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Sehingga bisa membuat para konsumen tertarik untuk membelinya.

Sebagai perbandingan saja, sebenarnya masih ada jenis kain yang tidak kalah bagusnya dari kain wolfis. Yaitu bahan katun Supernova, dia terbuat dari dari serat alami (serat katun) dan memiliki harga yang sama-sama murah dengan kain wolfis.

Kaunggulan bahan wolfis adalah karakter pada kainnya itu ringan dan jatuh.

Tidak sama seperti kain katun yang mungkin oleh sebagian orang dirasa kurang jatuh. Khususnya pada jenis kain katun Linen. Tetapi masing-masing jenis kain memiliki keunggulan tersendiri.

Banyak juga jenis kain sekarang ini yang memiliki karakteristiknya jatuh.

Kekurangan Bahan Kain Wolfis

Bahan Kain Wolfis Premium
mizutex.com

Kalau untuk masalah kekurangan yang ada pada bahan wolfis, mungkin setiap orang itu mempunyai pendapatnya masing-masing.

Adapun redaksi versi Bukabukumu, kekurangan yang terdapat pada bahan wolfis ini adalah terdapat pada kualitas kain yang tidak sebagus kain katun.

Beragam Jenis Warna yang Variatif

Bahan Kain Wolfis Premium

Beragam jenis warna pilihan yang sangat variatif ini dapat disebut sebagai kelebihan bahan wolfis, dan juga sebagai kekurangannya.

Warna yang terdapat pada bahan wolfis seri lama itu biasanya akan berbeda dengan warna yang terdapat pada seri terbarunya.

Kalau kalian membeli kain wolfis pada toko yang sama serta dalam waktu yang berbeda, mungkin lebih sulit untuk mendapatkan warna yang sama seperti saat kalian membeli waktu pertama kali.

Baca Juga : Jenis Kain Untuk Gau Pesta

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa lokasi produksi itu terkadang diharuskan untuk memperoleh warna yang sama sesuai dengan permintaan si konsumen.

Kalian akan menemukan perbedaan kontras warna pada bahan wolfis, walaupun pada warna-warna basic seperti navy, mocca, hitam, maroon serta cokelat.

Namun, jika pilihan warna yang variatif itu adalah salah satu alasan kalian untuk membeli bahan kain, maka wolfis tersebut merupakan sebuah pilihan yang bagus. Karena hampir semua warna itu dimiliki oleh bahan wolfis.

Di samping itu kalian juga jangan kaget kalau kualitasnya itu bisa jadi berbeda-beda pada tiap-tiap warna. Karena memang seperti itulah bahan wolfis.

Bahan Wolfis Premium dengan Wolfis Murah?

Bahan Kain Wolfis Premium
Mizutex.com

Ketahuilah, bahwa kain wolfis itu grade kualitasnya tidak sama. Aslinya tidak cuma ini saja, tapi terdapat beberapa varian.

Misalnya seperti:

  • Miracle
  • Jasmine
  • Monalis
  • Dsb.

Itu semua merupakan wolfis. Maka daripada itu, kurang elok sekali jika membeda-bedakan harga antar satu toko dengan toko yang lainnya tanpa mengetahui keadaan bahan kainnya secara langsung.

Secara garis besarnya itu terdapat dua jenis, yaitu:

  1. Wolfis Premium
  2. Wolfis Murah

Perbedaan antara keduanya itu cukup mencolok sekali, seperti penjelasan di bawah ini.

Wolfis premium adalah jenis kain wolfis yang karakteristiknya itu selalu jatuh, tidak transparan serta halus.

Baca Juga : Jenis Kain yang Cocok Untuk Gaun Pesta

Bebeda dengan wolfis murah, jenis ini memiliki karakteristik jatuh, halus tetapi seratnya itu longgar dan juga transparan.

Dari kedua perbedaan ini benar-benar nyata sekali saat dibandingkan secara bersama dan aktual.

Jadi, kalian jangan terburu-buru dalam mengambil kesimpulan bahwa wolfis di tetangga itu jauh lebih murah, sedangkan wolfis di sebalah itu kemahalan. Padahal belum membandingkannya secara langsung.

Bagaimana Mengenal Bahan Wolfis

Bahan Kain Wolfis

Agar lebih jelas lagi mengenai wolfis, terkhusus buat kalian yang sedang mencari referensi seputar bahan kain, berikut redaksi Bukabukumu akan mencoba membuat gambaran singkat mengenai bagaimana mengenal bahan wolfis.

Untuk yang sama sekali belum pernah melihat bahan wolfis bahkan merabanya langsung juga belum pernah, coba diingat-ingat lagi pas dulu ketika sedang praktek kerja lapangan.

Biasanya kain ini dijadikan sebagai bahan untuk membuat rok warna hitam yang biasa digunakan oleh anak-anak PKL.

Walaupun tidak semuanya, namun beberapa kali suka bertemu dengan yang namanya seragam PKL, biasanya bawahan yang digunakannya tiu memakai bahan dari wolfis lho.

Penutup

Demikian pembahasan seputar kain wolfis yang telah kami rangkum sebagaimana apa yang telah teman-teman baca semua. Dengan adanya tulisan ini, semoga bisa menjadi referensi untuk kalian sedang kebingungan, hehehe.

Terima kasih.

Satu pemikiran pada “Apa itu Bahan Wolfis? Berikut Keunggulan yang Wajib diketahui”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: