Rizal Firdaus Setiap nafas seseorang merupakan sebuah langkah menuju ajalnya.

√ 13+ Jenis Kain yang Bagus Untuk Dijadikan Gamis Trend 2020

4 min read

Jenis Kain Untuk Gamis – Hal yang paling dasar dalam memproduksi atau membeli gamis adalah jenis kain seperti apa yang bagus dan cocok. Karena ada banyak sekali jenis kain untuk gamis yang kita jumpai di pasaran.

Sebelum membuat sebuah gamis, kita harus mengetahui dengan detail terlebih dahulu jenis kainnya. Supaya gamis yang dihasilkannya juga memiliki kualitas yang bagus. dan disukai di pasar.

Pada tulisan ini bukabukumu.com sudah merangkum sedemikian rupa seputar jenis kain yang cocok untuk dijadikan gamis dalam membeli atau memproduksi gamis sendiri.

Ayo sama-sama kita simak ulasan di bawah ini sampai habis!

Jenis-jenis Kain yang Cocok Untuk Baju Gamis

Gamis ini sudah memiliki tempat khusus di hati semua wanita, beragam jenis dan model gamis juga sudah banyak sekali beredar dimana-mana.

Hal ini tidak cuma dinilai dari modelnya saja, tetapi juga dinilai dari segi jenis bahan yang dipakai, karena hal tersebutlah paling mempengaruhi harga serta kenyamanan dalam memakainya.

Berikut 12 jenis kain yang cocok untuk dijadikan sebagai gamis versi bukabukumu.

1. Kain Balotelli

Jenis Kain Untuk Gamis
mizutex.com

Kain Balotelli adalah salah satu jenis kain yang memiliki bahan yang cukup tebal serta mempunyai tekstur yang khas, seperti motif kotak-kotak kecil yang bergaris.

Kain ini dibuat daru serat campuran sebagai bahan utamanya, walaupun sebagian ada yang bilang bahwa kain Balotelli itu tergolong ke dalam jenis kain katun.

Karakteristik yang ada pada kain Balotelli yaitu:

  • Memiliki tekstur yang berserat
  • Tidak menerawang
  • Tidak melekat di tubuh saat dipakai
  • Kainnya cukup tebal
  • Halus
  • Tidak mudah kusut
  • Nyaman digunakan
  • Dsb.

Namun dari itu semua masih ada salah satu jenis Balotelli yang terasa panas saat dipakai dan agak sedikit lebih kaku.

Jenis kain ini sangat sering sekali dipakai dalam produksi gamis syar’i, hijab, blouse, rok serta baju koko.

2. Kain Crepe

Jenis kain untuk gamis

Kain Crepe adalah salah satu dari banyaknya jenis kain yang unik yang paling banyak diminta oleh para kaum hawa.

Kain Crepe ini juga merupakan jenis kain yang memiliki sifat fleksibel, lentur, tidak kaku, dan ciri yang paling menonjol dari kain ini adalah tekstur yang mirip seperti butiran kerikil di atas perumukaannya.

Baca Juga : Mengenal Bahan Katun Rayon

Kain ini masuk ke dalam golongan kain yang tebal, yang membuatnya sangat cocok untuk membuat gamis.

Terdapat banyak sekali jenis kain Crepe ini di pasaran, misalnya seperti:

  • Crepe de Chine
  • Wool Crepe
  • Crepe Georgette
  • Bubble Crepe
  • Dsb.

3. Kain Jersey

 jenis kain untuk gamis yang adem

Kain Jersey adalah salah satu jenis kain tekstil rajutan yang dibuat dari 98% katun dengan sedikit campuran sintetis.

Karakteristik yang dimiliki kain ini adalah cotton stretch yang halus, dan jauh lebih tebal dari kain spandex serta tidak berbulu.

Kelebihan yang dimiliki oleh jenis kain ini membuatnya banyak sekali yang menggunakan untuk pembuatan t-shirt ataupun gamis. Hal ini disebabkan karena sebagai berikut:

  • Kainnya hangat,
  • Elastis,
  • Flexibel,
  • Sangat isolasi.

Apalagi ditambah bahannya yang jatuh, membuat kain jersey mengikuti lekuk tubuh para wanita dan pastinya sangat enak dan nyaman sekali untuk digunakan.

Kalau untuk gamis sendiri, biasanya sih memakai bahan dari jersey dengan kualitas yang lebih tebal jika disamakan dengan bahan jersey yang sering dipakai untuk pembuatan t-shirt.

4. Kain Chiffon / Sifon

jenis kain untuk gamis yang adem

Kain Chiffon atau yang sering disebut dengan sifon. Kain jenis ini biasanya terbuat dari bahan sutra, katun, nilon, polyester, rayon, atau campuran dari kain-kain tersebut.

Kalau untuk karakteristik yang dimiliki oleh jenis bahan ini cukup tipis, halus, tidak menerawang, jatuh dan licin.

Baca Juga : Keunggulan Bahan Wolfis

Dalam mempraktekkannya untuk pembuatan baju gamis biasanya perlu memakai tambahan lapisan dalam lagi atau yang biasa disebut dengan furing.

5. Kain Katun Rayon

jenis kain untuk gamis kebaya

Kain Rayon merupakan salah satu dari jenis kain yang mudah kusut, lembut, agak licin, jatuh, serta mempunyai daya serap keringat.

Kain rayon ini memiliki berbagai jenis motif yang disediakan. Kain rayon ini juga biasa sering digunakan dalam memproduksi daster, gamis yang indah.

6. Kain Katun Jepang

Jenis Kain Untuk Gamis

Kain katun Jepang termasuk dalam kategori bahan kain yang belum lama mendapatkan posisi dihati masyarakat, terkhusus bagi para kaum hawa.

Kain katun Jepang ini termasuk ke dalam salah satu jenis kain yang cukup mahal dan sangat cocok sekali jika dipakai di daerah-daerah yang beriklim tropis, karena bahannya yang sangat adem dan nyaman.

Baca Juga : Jenis Kain Satin

Kain katun Jepang ini mempunyai kelebihan dari teksturnya yang halus, bahannya yang tebal, serta tidak gampang terurai, serta memiliki warna yang jauh lebih awet.

Tapi perlu digaris bawahi, bahwa sekarang-sekarang ini sudah banyak tersebar kain katun Jepang yang palsu (kw), hal ini membuat banyak karakteristik yang jauh dari yang original.

7. Kain Cotton Combed

Jenis Kain Untuk Gamis

Kain cotton combed dirangkai dari benang kapas ketika sedang pemintalan / spinning memakai mesin tambahan yang biasa disebut sebagai mesin combing.

Mesin tersebut memiliki tugas untuk membuat serat-serat pendek dari sebuah kapas yang kurang optimal dari mesin sebelumnya yaitu mesin cording.

Kain cotton combed ini merupakan jenis kain yang terkenal sangat halus, nyaman serta dingin saat dipakai.

8. Kain Wolfis

jenis kain untuk gamis yang nyaman

Kain wolfis sudah menjadi langganan untuk dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan baju gamis. Karena kain ini termasuk jenis kain yang sangat tipis dan ringan, bahkan tidak tembus pandang, jadi selalu aman untuk dipakai.

Karakteristik lain dari jenis kain ini yaitu adem, hal seperti inilah yang paling banyak dicari oleh banyak orang.

9. Kain Ceruti

jenis kain untuk gamis pesta

Kain ceruti merupakan salah satu kain yang memiliki tekstur seperti kulit jeruk pada bagian permukaannya, namun tetap terasa halus saat diraba.

Jenis kain ini hampir sama dengan kain sifon, tetapi lebih halusan kain ceruti.

Karakteristik kain ceruti ini sangat lembut, elastis, jatuh serta sedikit lebih beda. Kain ceruti yang tersebar di pasaran memeiliki berbagai jenis.

Berikut jenis-jenis kain ceruti seperti:

  • Kain ceruti Geogette,
  • Kain ceruti BabyDoll,
  • Kain ceruti Premium,
  • Kain ceruti Diamond,
  • Dsb.

Kelebihan yang dimiliki jenis kain ini selain dari harganya yang cukup terjangkau walaupun tergolong ke dalam kain semi premium.

Kain ini sangat nyaman dan adem saat dipakai. Kain ceruti juga biasa dipakai dalam pembuatan rok, jilbab, baju serta gamis.

10. Kain Katun Ima

jenis kain untuk gamis pesta

Kain katun ima merupakan bahan kain yang terbuat dari serat kapas, sehingga membuat katun ima ini tergolong sebagai kain katun.

Karakteristik yang dimiliki kain ini sangat ringan, tidak berbulu, adem, lembut, mengkilap serta warnanya awet. Kain katun ini dibuat dari 100% bahan katun.

Biasanya terdapat sebuah label bertulisan “Pure Cotton Japanese”.

Kain katun ima ini sangat cocok sekali jika dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan gamis, dan dipakai dalam memproduksi seperti:

  • Mukena,
  • Dress,
  • Hand craft,
  • Sprei dan
  • Bedcover.

11. Kain Maxmara

Jenis Kain Untuk Gamis

Kain maxmara merupakan sebuah kain yang memiliki beragam motif yang menarik dan unik.

Kain ini juga bisa membuat pakaiannya terlihat lebih elegant, murah, dan anggun. Kalau untuk karakteristik dari jenis kain ini yaitu tidak transparan, licin, jatuh, dan ringan. Jenis dari kain ini yang sudah banyak tersebar seperti:

  • Kain Maxmara Galaxy,
  • Kain Maxmara Lux,
  • Kain Maxmara Polos dan
  • Kain Maxmara Midi.

Untuk harga yang ditawarkannya juga terbilang cukup murah, namun kualitas kain ini tidak murahan.

12. Kain Linen

Jenis Kain Untuk Gamis

Kain linen merupakan jenis kain yang memiliki karakteristik yang berserat, halus, kaku, jatuh, dan ringan.

Kain jenis ini tidak begitu tebal dan tidak menerawang.

Untuk kelebihan yang dimiliki jenis kain linen ini yaitu bahwa kain linen memiliki warna-warna yang cerah dengan beragam motif-motif yang sangat menarik.

13. Kain Sutra Cina

Jenis Kain Untuk Gamis

Kain sutra Cina merupakan jenis kain yang terbuat dari bahan sutra yang sudah ditenun secara sederhana. Hal ini membuat kain sutra Cina sebagai jenis kain yang mempunyai sifat yang sangat lembut, halus, serta dingin.

Dari sifat-sifat yang dimiliki jenis kain sutra ini memberikan efek yang sangat enak dan nyaman sekali, tapi sayangnya bahan ini jika sedang diteriska itu sangat berhati-hati.

Bahan sutra merupakan salah satu bahan yang tidak bisa tahan dengan panas setrika.

Jadi, usahakan untuk menyetrika dengan suhu panas yang paling rendah / standar.

Penutup

Demikian sudah pembahasan kita mengenai jenis kain untuk gamis yang bisa kami infokan. Semoga bisa kalian jadikan sebagai referensi dalam menentukan sebuah pilihan. Semoga bisa bermanfaat, terimakasih.

Rizal Firdaus Setiap nafas seseorang merupakan sebuah langkah menuju ajalnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: