Kerajinan dari Kayu Bekas

√ 5+ Kerajinan dari Kayu Bekas dan Cara Pembuatannya

Mengikuti perkembangan zaman, sebuah kerajinan tangan ini semakin berkembang sangat pesat dan banyak sekali disukai oleh masyarakat. Bahan pembutannya juga beragam jenis. Akan tetapi, kerajinan dari kayu bekas ini masih menjadi pusat perhatian oleh masyarakat.

Begitu juga dengan kerajinan tangan yang lainnya. Kerajinan yang terbuat dari bahan kayu saat ini juga sudah semakin banyak ragam jenisnya, mulai dari yang paling mudah sampai sebuah kerajinan yang harus mendapatkan sentuhan dari tangan para ahli.

Nah, berikut ini adalah contoh kerajinan dari kayu bekas yang sangat cantik dan menarik, simak terus ya!

Kerajinan dari Kayu Bekas – Kerajinan Limbah Kayu Pinus

Kerajinan dari Kayu Bekas
hamparan.net

Kerajinan yang pertama adalah kerajinan dari kayu pinus. Kerajinan yang satu ini tidak kalah menarik nih dari kerajinan yang terbuat dari kayu yang lainnya. Seperti halnya limbah kayu pada umumnya, kayu bekas juga bisa dirubah menjadi sebuah kerajinan yang cantik, juga unik dan pastinya bisa menguntungkan kalian.

Hal tersebut seperti yang dilakukan oleh salah seorang wanita yang bernama Retno Hastuti di Waru, tepatnya di daerah Malang.

Hanya mengolah limbah kayu pinus yang dipopulerkan dengan sebutan GS4 Wooodcraft, Retno ini telah berhasil membuat beberapa kerajinan dari kayu bekas seperti:

  • Peralatan rumah tangga
  • Souvenir pernikahan
  • Mainan anak-anak
  • Dsb.

Nah, penghasilan yang diperoleh dari produk-produk tersebut juga sangat mengejutkan sekali. Dalam jangka waktu kurang lebih sebulan, dia bisa memperoleh penghasilan sekitar Rp 25 juta sampai Rp 30 juta.

Bahkan kalau sedang musim pernikahan, penghasilannya bisa meningkat lebih banyak lagi, sangat menarik sekali bukan.

Cerita awalnya, Retno ini memperoleh limbah kayu pinus tersebut dari pabrik mabel punya temannya. Kemudian di mulai membelah kayu-kayu yang ada di lokasi pabrik tersebut dan menjadikan potongan-potongan kecil dan diapun mengkreasikannnya.

Hal tersebut dikerjakan tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Bahkan, Retno ini sempat meminjam mesin pemotong kayu selama satu jam lamanya hanya untuk membelah kayu-kayu tersebut.

Semua itu dilakukan Retno hanya menggunakan bekal kreativitas serta kesabaran yang dia miliki.

Kerajinan dari Kayu Bekas – Lampu Hias Stik Es Krim

Kerajinan dari Kayu Bekas
Youtube.com

Kalian ini termasuk orang yang suka memakan es krim tidak? Kira-kira apa yang kalian lakukan setelah memakan sampai habis es krim tersebut?

Apakah kalian sudah tau bahwa stik es krim ini bisa dikreasikan menjadi beragam jenis kerajinan tangan yang unik dan menarik, serta bisa bermanfaat pastinya. Dan kalian juga bisa membuat beberapa kerajinan seperti:

  • Tempat pensil
  • Miniatur rumah
  • Miniatur alat transportasi
  • Dsb.

Salah satu contohnya yaitu kerajinan lampu hias berbahan dasar kayu bekas dari stik es krim, kerajinan yang unik ini memiliki bentuk yang sangat cantik untuk dinikmati dan mempercantik sudut ruangan kalian.

Kalian mungkin mau bertanya di mana bisa membeli lampu hias cantik ini. Jadi saya akan kasih kabar baik untuk kalian, bahwa kalian tidak usah mengeluarkan uang banyak-banyak untuk bisa memiliki lampu cantik ini, karena bisa kalian buat sendiri.

Bahan dan peralatan yang harus dipersiapkan seperti:

  • Siapkan stik es krim
  • Gunting
  • Lem
  • Lampu
  • Pisau
  • Dsb.

Cara Membuatnya Lampu Hias dari Stik Es Krim

Kerajinan Tangan dari Kayu
Jasaarsitekmalang.net
  • Kalian letakkan stik es krim sebanyak dua secara sejajar.
  • Lalu beri lem pada tiap-tiap ujung dari stik tersebut.
  • Setelah itu, letakkan stik es krim yang tadi sudah diberi lem sampai menyambung dua stik yang sejajar tadi (pastikan kalian meletakkannya dalam posisi tegak).
  • Kasih sedikit lem lagi pada bagian ujung dari kedua stik es krim tersebut.
  • Kemudian tempelkan stik es krim pada kedua ujung jembatan tersebut (pastikan kalian menempelkannya dalam posisi mendatar).
  • Kalian ulangi lagi langkah 1 sampai 4 tadi, hingga berbentuk sebuah lengkungan.
  • Untuk alasnya, kalian cuma harus menyusun beberapa stik es krim dengan sejajar sampai penjangnya seperti 3 buah stik yang disusun berbaris rapih.
  • Setelah itu beri lem pada kedua dari ujung stik tersebut yang sejajar tadi, lalu letakkan tiga stik es krim secara berbaris pada tiap-tiap ujungnya.
  • Tempelkan 2 stik lagi di atas 3 stik yang berbaris tadi sampai membentuk susunan seperti sebuah piramida.
  • Buatlah jembatan dengan cara menempelkan satu stik es krim pada kedua ujung dari alas secara melintang. Kedua stik ini memiliki fungsi sebagai tatakan  yang membuat stik tidak akan menempel secara langsung ke permukaan meja.
  • Berikan lubang pada bagian stiok untuk tempat lampu.
  • Kemudian kalian pasang lampu dan penutup lampu yang berupa sebuah lengkungan yang sudah kalian buat tadi.

Kerajinan dari Kayu Bekas – Kerajinan Limbah Kayu

Kerajinan dari Kayu Bekas
Wargajogja.net

Kerajinan ini layaknya seperti kerajinan dari sedotan yang dia merupakan hasil dari olahan limbah sedotan. Kerajinan yang terbuat dari limbah kayu ini juga mempunyai banyak sekali manfaat serta banyak disukai oleh masyarakat.

Hal tersebut memang sudah benar-benar dibuktikan oleh salah seorang pria bernama Agung Irianto, dia merupakan seorang pengrajin limbah kayu di daerah Kediri, yang bisa menghasilkan jutaan rupiah tiap bulannya.

Kerajinan yang terbuat dari kayu bekas ini salah satu sebuah kerajinan yang di kreasikan olehnya dan berhasil menarik perhatian dari masyarakat.

Awalnya terdapat banyak limbah kayu yang berserakan di sekitar lokasi dia tinggal, Agung pun mulai berinisiatif untuk memanfaatkan limbah tersebut.

Hanya bermodal pisau dapur dan juga limbah dari kayu jati, dia bisa membuat sebuah lampu hias, kursi plastik serta meja.

Cara membuat kerajinan seperti ini juga cukup terbilang mudah, simak ulasan di bawah ini.

Langkah-langkah dalam membuat kerajinan dari kayu bekas yaitu:

  1. Siapkan limbah kayu.
  2. Kemudian kalian potong hingga menjadi potongan kecil.
  3. Setelah itu hasil dari potongan tersebut kalian iris dengan ukuran 2×5 cm.
  4. Kemudian kalian tempelkan pada sebuah kerangka yang dibuat dari kertas mika.
  5. Jika semua permukaan kerangka tersebut sudah tertutup oleh potongan kayu tipis tadi, kalian haluskan kerajinan tersebut.
  6. Lalu kalian cat menggunakan pernis atau bisa juga memakai pelitur supaya terlihat lebih menarik dan bagus.

Kerajinan dari Kayu Bekas – Tempat Tidur dari Kayu Palet

Kerajinan dari Kayu Bekas
Pinterest.com

Limbah palet bukan cuma sekedar sekedar barang bekas dan tidak mempunyai nilai. Jika diolah dan bisa dikreasikan dengan cara yang benar, maka kayu palet tersebut bisa kalian rubah menjadi sebuah kerajinan yang cantik serta unik. Kaya contoh tempat tidur ini.

Kerajinan tangan ini merupakan sebuah bentuk kreativitas bernilai tinggi, dan juga termasuk salah satu cara untuk melestarikan lingkungan supaya anak cucu kita bisa hidup lebih baik.

Walaupun tempat tidur ini terbuat dari bahan kayu bekas, tetapi tempat tidur itu masih terlihat kokoh dan bagus. Karena cara membuatnya sangat mudah dan tepat.

Nah, jadi yang harus kalian persiapkan dalam membuat kerajinan seperti ini yaitu:

  • Kayu palet bekas
  • Paku
  • Palu
  • Sekrup
  • Dsb.

Jika alat dan bahannya sudah siap, maka kalian hanya perlu menyatukan palet bekas tersebut untuk membentuk sebuah tempat tidur dengan bentuk yang kalian sukai.

Tempat tidur yang terbuat dari palet sebagai bahan utamanya ini juga masih mempunyai banyak sekali fungsi. Jadi selain dijadikan sebuah alas untuk kasur, kalian juga bisa memakainya sebagai sebuah tempat penyimpanan.

Kalian bisa menyimpan majalah, buku serta barang-barang lainnya pada ruang yang terdapat dalam palet tersebut, sehingga tempat tidur tersebut bagus dipakai pada kamar yang tidak terlalu besar.

Nah, jadi selain dijadikan sebagai tempat tidur, palet kayu bekas ini juga bisa dibuat menjadi furnitur lainnya seperti:

  • Tempat tanaman
  • Sofa
  • Sekat ruangan
  • Dsb.

Kerajinan dari Kayu Bekas – Tempat Tisu dari Kayu Bekas

Kerajinan dari Kayu Bekas
Bukalapak.com

Kerajinan yang terakhir yaitu tempat tisu dari kayu bekas. Tidak cuma kerajinan yang terbuat dari kardus saja yang bisa dibuat menjadi sebuah tempat tisu, kerajinan dari kayu juga ternyata bisa lho dijadikan sebagai tempat tisu.

Tempat tisu seperti ini sangat bagus sekali jika dipakai pada acara seperti resepsi pernikahan atau acara-acara lainnya. Bentuk yang dihasilkannya itu sangat bagus dan kuat, sehingga bisa bertahan lama.

Cara membuatnya yaitu:

  1. Buatlah susunan dari beberapa potongan kayu sampai membentuk balok.
  2. Kemudian beri cat pernis atau pelitur.
  3. Setelah itu kalian tambahkan ornamen berupa sebuah ukiran supaya kotak tisu tersebut terlihat lebih menarik dan unik.

Nah, ternyata membuat kerajinan menggunakan bahan dasar dari kayu itu sangat mudah bukan? Kalian juga bisa kok membuatnya sendiri di rumah kalian. Syukur-syukur bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari hasil kerajinan yang kalian buat.

Itulah pembahasan kita seputar kerajinan tangan dari kayu bekas yang bisa kami berikan. Semoga artikel ini bisa kalian jadikan sebagai referensi ketika membuat sebuah karya dalam bentuk kerajinan dan semoga bisa bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: