Rizal Firdaus Setiap nafas seseorang merupakan sebuah langkah menuju ajalnya.

alat musik tradisional kalimantan

6 min read

Alat Musik Tradisional Kalimantan

Alat Musik Tradisional Kalimantan – Berbicara mengenai Kalimantan, dia merupakan salah satu pulau yang ada di Indonesia, dan dia memiliki beragam jenis provinsi, mulai dari:

  • Kalimantan Barat,
  • Kalimantan Timur,
  • Kalimantan Selatan, dan
  • Kalimantan Utara.

Dengan adanya beberapa provinsi tersebut, maka tidak heran lagi kalau Kalimantan juga memiliki beragam jenis seni serta budaya yang menarik.

Disini telah kami rangkum dari berbagai sumber yang membahas seputar kesenian alat musik tradisional kalimantan, mulai dari Kalimantan Barat sampai dengan Kalimantan Utara.

Berikut ulasan menarik seputar alam musik tradisional.

Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat

Kalimantan Barat adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia dan terletak di Kepulauan Kalimantan dengan ibu kota Provinsi Pontianak.

Kalimantan Barat ini berbatasan dengan bagian Serawak, Malaysia. Meskipun sebagian kecil yang ada di Kalimantan Barat ini adalah perairan laut, tetapi dia juga memiliki banyak pulau-pulau besar dan kecil.

Alat musik tradisional khas Kalimantan Barat ini meliputi:

  • Keledik,
  • Agungk,
  • Entebong,
  • Kollatung, dan
  • Balikan.

Langsung aja kita simak penjelasan seputar alat musik tradisional Kalimantan Barat.

Keledik

Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat

Keledik adalah salah satu alat musik asli Kalimantan Barat yang dibuat menggunakan bambu, buah labu, dan juga benang sebagai bahan utamanya.

Cara memainkan alat musik yang satu ini yaitu dengan cara ditiup dan dihisap. Alat musik keledik juga biasa dikenal dengan sebutan korondek oleh sebagian masyarakat Rumpun Uut Danum.

Alat musik Keledik ini sering sekali dimainkan untuk mengiringi tarian, nyanyian tradisional, teater, serta pada saat upacara adat.

Agukng/Gong

Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat

Agukng atau Gong adalah sebuah alat musik tradisional Kalimantan Barat. Alat musik ini hampir mirip sekali dengan gong. Bedanya Agukng ini dimainkannya dengan cara ditabuh memakai stik kayu.

Masyarakat Kalimantan Barat ini menganggap Agukng sebagai alat musik yang sakral.

Alat musik tradisional ini dapat ditemukan hampir di seluruh suku dayak. Agukng masuk ke dalam jenis instrumen perkusi yang dibuat menggunakan logam sebagai bahan utamanya.

Agukng juga merupakan alat musik tradisional yang mempunyai banyak sekali kegunaan.

Tidak hanya menjadi alat musik saja, Agukng juga bisa dijadikan sebagai mas kawin, dan menjadi simbol semangat saat pernikahan. hehe mantaappss kan!

Entebong

Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat

Entebong adalah alat musik yang terbuat dari kayu dan juga kulit hewan sebagai bahan utamanya. Jika dilihat dari bentuk Entebong ini hampir mirip dengan alat musik Gendang.

Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara ditabuh.

Kollatung

Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat

Kollatung adalah sebuah alat musik yang dibuat dari tembaga kuningan sebagai bahan utamanya. Alat musik Kollatung ini juga sangat miripan sekali dengan Agukng yang berfungsi sebagai mas kawin pernikahan. wkwk unik bukan.

Balikan

Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat

Balikan adalah salah satu jenis alat musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Barat. Alat musik ini juga biasa dikenal dengan sebutan alat musik Kuranting.

Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara dipetik sama dengan Sapek. Alat musik ini dibuat oleh para suku dayak yang tinggal di wilayah Kapuas Hulu.

Alat Musik Tradisional Kalimantan Timur

Kalimantan Timur atau sering dikenal dengan sebutan Kaltim ini adalah salah satu Provinsi Indonesia yang berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi.

Kaltim memiliki luas sekitar 129.066,64 km² dan memiliki populasi sebesar 3.6 juta.

Kaltim masuk ke dalam golongan wilayah dengan kepadatan penduduk terendah keempat di Indonesia. Ibukotanya adalah Samarinda.

Kaltim sebelum melebar menjadi Kalimantan Utara merupakan salah satu provinsi terluas kedua di Nusantara setelah Papua yang memiliki luas sebesar 194.489 km persegi.

Alat musik tradisional Kalimantan Timur (Kaltim) antara lain:

  • Kadire,
  • Sampe,
  • Gemer,
  • Jatung Utang,
  • Uding/Uring,
  • Kelentangan, dan
  • Gening.

Berikut penjelasan terlengkapnya.

Kadire

Alat Musik Tradisional Kalimantan Timur

Kadire adalah salah satu jenis alat musik tiup yang sangat terkenal di Kalimantan bagian Timur.

Alat musik Kadire ini menghasilkan irama pentatonik. Alat musik dari Kalimantan Timur ini sering sekali digunakan dalam mengiringi tarian, nyanyian, upacara adat, serta hiburan teater.

Sampe

Alat Musik Tradisional Kalimantan Timur

Sampe adalah salah satu jenis alat musiknya suku dayak. Alat musik ini dibuat menggunakan bambu sebagai bahan utamanya.

Alat musik ini memiliki peran yang sangat penting di Kalimantan Timur, khususnya di bagian daerah pedalaman. Alat musik ini biasa dijadikan hiburan dan juga biasa dipakai dalam upacara adat.

Gamer

Alat Musik Tradisional Kalimantan Timur

Gamer adalah sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul, cara memukulnya yaitu seperti kita sedang memukul gendang.

Banyak yang menganggap semua alat musik pukul itu adalah gendang, kenyataannya Gamer memiliki 4 jenis dapat dibedakan dari bentuk ukurannya seperti:

  • Tuat,
  • Tuking,
  • Gimar,
  • Prahi, dan
  • Pampong.

Jatung Utang

Alat Musik Tradisional Kalimantan Timur

Jatung Utang adalah salah satu jenis alat musik tradisional khas Kalimantan Timur.

Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara dipukul, tetapi kamu juga bisa memukulnya di satu bagian saja, karena dia mempunyai panjang sampai 3 meter dan diameter yang dimilikinya sekitar 50 cm.

Alat musik ini dibuat menggunakan kayu sebagai bahan utamanya, kemudian dibuat sebuah rangkaian dan diikat menggunakan sebuah tali di setiap kayu yang telah disusun.

Alat musik Jatung Utang dimainkan hanya pada saat upacara adat dan tarian daerah.

Uding/Uring

Alat Musik Tradisional Kalimantan Timur

Uding/Uring adalah salah satu jenis alat musik dari Kalimantan Timur yang sangat jarang sekali ditemukan di suku-suku yang ada di bagian pinggir pantai.

Cara memainkan alat musik ini cukup mudah, yaitu:

  • Gunakan dua jari kemudian
  • Membuka mulutnya seakan-akan sedang berkata “a” posisikan melintang pada mulutnya,
  • Setelah itu memetik ujungnya menggunakan jari tangan lainnya sampai bilahnya itu bergetar dan mengeluarkan suara.

Kelentangan

Alat Musik Tradisional Kalimantan Timur

Kelentangan adalah jenis alat musik pukul dari Kalimantan Timur. Cara memiankannya yaitu dengan cara dipukul pada bagian yang menonjol hingga bisa mengeluarkan nada yang berirama.

Kelentangan juga terbuat dari kayu yang menggelombang sebagai bahan utamanya, karena bahan kayu tersebut memiliki sifat yang cukup kuat serta ringan.

Gening

Alat Musik Tradisional Kalimantan Timur

Alat musik tradisional dari Kalimantan Timur yang terakhir yaitu Gening. Alat musik tradisional ini berasal dari suku dayak yang memiliki arti yaitu “bunyi”.

Cara memainkannya itu dengan cara dipukul.

Alat musik Gening ini terbuat dari kayu sebagai bahan utamanya, tetapi pada daerah-daerah tertentu juga ada yang membuatnya itu menggunakan logam sebagai bahan utamanya.

Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan tidak hanya dikenal dengan Tari Banjarnya saja. Kalimantan Selatan juga mempunyai keunikan budayanya yang lain, salah satunya yaitu alat musik tradisional.

Kira-kira alat musik tradisional seperti apa aja sih? Supaya ngga bikin penasaran, langsung aja yuk simak ulasan di bawah ini.

Alat musik tradisional Kalimantan Selatan meliputi:

  • Kalang Kupak,
  • Kintung,
  • Panting,
  • Kurung-kurung,
  • Kuriding,
  • Serunai Banjar,
  • Kelampat, dan
  • Mahidin.

Berikut macam-macam alat musik Kalimantan Selatan, antara lain:

Kalang Kupak

Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan

Kalang Kupak adalah salah satu alat musik tradisional dari Kalimantan Selatan, lebih tepatnya yaitu dari suku Bukit.

Alat musik taradisional yang satu ini terbuat dari bambu sebagai bahan utamanya. Bambu yang dipakai untuk membuat alat musik ini juga bukan jenis bambu-bambu sembarangan.

Alat musik Kalang Kupak ini biasa dimainkan pada saat upacara adat Balian saja.

Hanya bisa menggunakan bambu tipis saja untuk membuat alat musik Kupak ini.

Kintung

Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan

Kintung adalah sebuah alat musik tradisional dari Kalimantan Selatan. Alat musik yang satu ini dibuat menggunakan bambu sebagai bahan utamanya.

Suara yang dihasilkan dari Kintung ini dapat diatur sendiri di bagian serutan atau rautannya.

Cara memainkan alat musik tradisional Kintung ini yaitu dengan cara dipukul. Kintung juga sudah dilengkapi dengan dua buah tongkat yang berfungsi sebagai alat pukulnya.

Alat musik Kintung ini termasuk jenis musik instrumental dan juga dapat mengiringi lagu yang ingin dimainkan.

Supaya lebih seru dan asik, mainkan alat musik ini bersamaan dengan gendang dan juga gong.

Panting

Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan

Panting adalah sebuah alat musik tradisional Kalimantan Selatan yang mempunyai bentuk hampir mirip dengan alat musik gambus. Tetapi ukuran alat musik Panting lebih kecil daripada gambus.

Cara memainkan Panting ini yaitu dengan cara dipetik.

Menurut beberapa referensi yang kami dapatkan, alat musik ini termasuk dalam jenis musik ansambel campuran, dan biasanya sering dijadikan sebagai pengiring tarian lokal dalam sebuah pertunjukkan.

Alat musik ini juga sering dijadikan sebagai hiburan semata, karena pada tiap-tiap syarir yang dibawakannya bisa menghibur banyak orang.

Panting juga bisa dimainkan untuk mengiringi acara sarana pendidikan, pernikahan, juga nilai-nilai agama.

Apakah kalian tertarik mencobanya?

Kurung-Kurung

Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan

Kurung-kurung adalah salah satu alat musik tradisional Kalimantan Selatan yang sangat unik.

Alat musik tradisional ini dibuat dari kayu sebagai bahan utamanya dengan memiliki ukuran panjang yang pada bagian bawahnya itu terbuat dari bahan bambu.

Uniknya alat musik tradisional ini dapat mengeluarkan alat musik yang lucu jika sudah dihentakkan ke tanah.

Suara yang dihasilkan dari alat musik Kurung-kurung ini berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Di situlah kalian dapat memainkannya dengan cara bergilir jika ingin mengeluarkan nada yang unik.

Alat musik Kurung-kurung biasa dimainkan ketika ada pejabat yang dianggap sangat penting.

Kuriding

Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan

Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan

Kuriding adalah alat musik tradisional Kalimantan Selatan yang sangat unik dari alat musik tradisional lainnya.

Cara agar bisa mengeluarkan bunyi pada alat musik ini, kalian harus menarik gagang talinya dan kemudian akan mengeluarkan bunyi.

Suara yang dikeluarkan dari alat musik ini sangat mirip sekali dengan suara alat musik harpa. Tetapi alat musik ini sangatlah berbeda, dan kalian perlu menempelkannya ke mulut kalian saat memainkannya.

Cara memainkan alat musik Kuriding jelas berbeda dengan cara memainakan alat musik lainnya.

Serunai Banjar

Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan

Serunai Banjar adalah sebuah instrumen musik yang biasa dimainkan pada sebuah acara seni bela diri yang berasal dari hulu sungai.

Walaupun sedikit alay, musik ini sudah jarang sekali dimainkan lagi, karena seni pentas sedikit demi sedikit sudah mulai hilang. Alat musik modern sekarang sudah menjadi pengganti alat musik tradisional lainnya.

Mari sama-sama kita lestarikan kembali alat musik tradisional yang hampir hilang ini, karena sudah tergantikan dengan alat musik modern.

Serunai Banjar merupakan jenis alat musik tiup yang memiliki bentuk seperti alat musik terompet.

Kalampat

Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan

Kalampat juga merupakan salah satu jenis alat musik tradisional Kalimantan Selatan. Alat musik Kalampat ini dibuat dari batang batung sebagai bahan utamanya.

Kalampat sangat mirip sekali dengan alat musik gendag, tetapi dia mempunyai kepala tunggal.

Cara memainkan alat musik Kalampat ini yaitu dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul yang terbuat dari rotan.

Alat musik tradisional ini sering dimainkan ketika sedang panen padi dan juga upacara suku dayak lainnya.

Mahidin

Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan

Mahidin adalah salah satu dari kesenian yang dipertunjukkan yang bertujuan untuk penyajinan estisis.

Alat musik Mahidin dibuat menggunakan kulit kambing yang dikeringkan sebagai bahan utamanya.

Pada tiap-tiap kulit kambing yang digunakan itu diberi kerangka terlebih dahulu dari kayu dengan garis tengah sekitar 28-30 cm, kemudian pada bagian bawahnya sekitar 25 cm.

Kayu yang dipakai untuk pembuatannya menggunakan pohon yang sama dengan pohon nangka.

Alat Musik Tradisional Kalimantan Utara

Kalimantan Utara atau biasa disingkat Kalut adalah sebuah provinis di Indonesia yang berada di bagian utara Pulau Kalimantan.

Provinsi ini juga berbatasan langsung dengan Malaysia,tepatnya pada bagian Serawak dan Sabah.

Alat musik Tradisional Kalimantan Utara (Kalut) antara lain: Babun, Rebab, Gambang.

Babun

Alat Musik Tradisional Kalimantan Utara

Babun adalah alat musik pukul yang memiliki bentuk seperti gendang, terbuat dari bahan kayu dan berbentuk bulat. Setiap sisinya memiliki lubang dibagian tengah juga dilapisi dengan kulit kambing.

Alat musik ini juga biasa digunakan untuk mengiringi tarian daerah dan juga wayang kulit.

Rebab

Alat Musik Tradisional Kalimantan Utara

Rebab adalah alat musik gesek yang mempunyai lubang resonasi berbentuk bulat. Di Kalimantan sendiri alat musik ini sering dimainkan untuk mengiringi acara musik daerah juga upacara adat.

Gambang

Alat Musik Tradisional Kalimantan Utara

Gambang adalah alat musik tradisional yang dari 18 bilah bambu dan dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini biasa digunakan dalam kesenian gambang kromong.

Baca juga referensi yang biasa kami jadikan kutipan yaitu thebirdnature.com.

Penutup

Itulah ulasan seputar alat musik tradisional Kalimantan yang telah kami rangkum dari beragam sumber. Artikel ini sengaja kami buat karena salah satu bentuk peduli kami terhadap budaya Indonesia yang semakin hari semakin tergeser dengan perkembangan teknologi.

Mari sama-sama kita lestarikan budaya kita. Terimakasih.

Rizal Firdaus Setiap nafas seseorang merupakan sebuah langkah menuju ajalnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: