Cara Membuat Link Google Drive

cara membuat link google drive

Jika kamu mengunduh aneka file yang ada di internet, pasti bertemu link dari Google Drive. Link ini menjadi salah satu alternatif karena dianggap memiliki kecepatan transfer yang besar. Nah, saat download file, pernahkan terbesit pertanyaan: cara membuat link Google Drive ini bagaimana?

Sebenarnya untuk membuat link atau tautan untuk download dengan Google Drive itu sangat mudah. Bahkan, dalam beberapa langkah saja kamu bisa membuat dan membagikan pada orang lain.

Kalau kamu belum tahu bagaimana caranya, simak ulasan di bawah ini.

Cara Membuat Link Google Drive dengan Mudah

cara membuat link google drive
cio.co.ke

Membuat tautan dengan menggunakan Google Drive sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, kalau kamu belum terbiasa untuk melakukannya, ikuti beberapa cara mudah di bawah ini.

  1. Mengunggah File di Google Drive

Cara upload google drive

Sebelum membagi file dengan memberikan link Google Drive, kamu harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Gunakan email untuk melakukan pendaftaran sampai masuk ke halaman My Drive untuk mulai mengelola file. Selanjutnya unggah file dengan cara di bawah ini.

  • Tambahkan file dengan melakukan klik + di bawah logo Google Drive.
  • Akan muncul beberapa pilihan menu di sana, pilih file upload.
  • Kamu akan diarahkan menuju drive yang ada di PC atau laptop. Dari sini pilih file apa saja yang ingin diunggah. Hampir semua file bisa di-upload mulai dari foto, lagu, dokumen, dan file lain.
  • Tunggu file diunggah selama beberapa saat, semakin besar ukuran file, semakin lama waktu untuk upload, kecuali koneksi internet cepat.
  • File akan diunggah ke folder root atau luar. Kamu bisa mengelolanya dengan membuat folder untuk dimasukkan ke sana.

Selain dengan menekan logo + untuk menambahkan file, kamu juga bisa melakukan drag atau tarik file dari drive menuju halaman Google Drive. Setelah itu tunggu muncul tulisan “+ copy” lalu lepaskan drag. File akan otomatis terunggah.

  1. Membuat Tautan Menuju Folder

cara membuat link google drive

Setelah file berhasil diunggah, sekarang saatnya untuk membagi link atau tautan agar bisa dibagikan. Untuk cara pertama kamu bisa memberikan akses langsung ke foldernya agar orang lain bebas memilih mana yang akan diunduh, simak langkahnya.

  • Klik kanan pada file yang akan dibagikan, pilih Share atau Bagi jika memakai Bahasa Indonesia.
  • Saat muncul jendela baru, lihat bagian bawah “Get Link”, selanjutnya tekan Change.
  • Dari sana, kamu bisa langsung melakukan copy link secara langsung. Default dari pengaturan ini adalah semua orang bisa melihat.
  • Selanjutnya ubah lagi pengaturannya apakah boleh melihat saja (viewer), memberikan komentar (commenter), dan menyunting (editor).
  • Setelah disesuaikan, link akan berubah lagi dan bisa disalin kembali untuk dibagikan.
  1. Membuat Tautan Download

cara membuat link google drive

Selain masuk langsung ke dalam folder untuk beberapa jenis file, kamu juga bisa memberikan semacam direct link. Jadi, orang yang membukanya akan langsung diarahkan ke halaman download dari Google Drive. Berikut langkah membuat link jenis langsung.

  • Salin link seperti cara nomor dua, pastikan untuk mengubahnya ke bentuk viewer saja.
  • Misal link berikut:

“https://drive.google.com/file/d/kodefile/view”

  • Ubah formatnya jadi:

“https://drive.google.com/uc?id=kodefile&export=download”

  • Tunggu file untuk dipindah dari virus kalau ukurannya kecil.
  • File bisa terunduh langsung ke PC.

Mengapa Harus Menggunakan Google Drive?

Cara Membuat Link Google Drive

Sebenarnya situs yang berfungsi untuk hosting dari aneka jenis file jenis banyak mulai dari Zippyshare, Mega, sampai Mediafire. Lantas, kenapa memiliki Google Drive ketimbang layanan lain yang sama-sama ada versi gratisnya? Simak beberapa alasannya di bawah ini.

  1. Terintegrasi dengan Google

Google Drive adalah salah satu produk dari Google sehingga sudah pasti terintegrasi dengan sistem lainnya. Misal dengan email atau Google Document & Sheet. Integrasi ini akan memudahkan kamu untuk melakukan apa pun termasuk bekerja.

Dari email, kamu bisa memberikan tautan dengan menggunakan Google Drive. Selanjutnya kalau ingin bekerja dengan Google Docs, file akan secara real-time tersimpan langsung ke Google Drive sehingga bisa diakses dari mana saja.

  1. Hampir Semua Ponsel Android Memilikinya

Google juga memiliki OS ponsel bernama Android. Saat ini semua ponsel Android secara default memiliki Google Drive di dalamnya dan penyuntingan dokumen lainnya. Saat file yang dibagikan dibuka dari browser ponsel, secara otomatis akan terbuka di Google Drive.

Ponsel Android yang kamu gunakan juga bisa dipakai untuk mengunggah file ke Google Drive. Bahkan, kalau fitur sinkronisasi dinyalakan, antara aplikasi di PC, browser, sampai di ponsel bisa saling berkaitan kalau ada perubahan data terjadi.

Dari ponsel pun kamu bisa kok membagikan link Google Drive ke pengguna lain. Caranya kurang lebih sama dengan membuat link dengan kriteria tertentu. Lalu segera salin dan bagikan seperti biasa.

  1. Mudah untuk Melakukan Organisasi

Google Drive bentuknya mirip sekali dengan sistem pada komputer Windows. Semua file bisa dengan mudah diorganisasi atau dikelompokkan sesuai kebutuhan. Misal kamu ingin mengelompokkan data ke folder khusus pekerjaan atau folder khusus hiburan.

  1. Koneksi Cepat Saat Diunduh

Google Drive banyak dipilih oleh pengguna khususnya mereka yang suka sekali download karena kecepatannya dalam koneksi. Beberapa situs hosting file biasanya ada batasan kecepatan kalau tidak membeli VIP atau premium. Google Drive semuanya sama meski versi gratis.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memakai Google Drive

Cara Membuat Link Google Drive

Sebelum memutuskan untuk menggunakan Google Drive sebagai alat untuk melakukan sharing, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

  • Cek ketentuan dari sharing sebelum memberikan link Google Drive. Apakah orang yang membuka link bisa melakukan edit, memberikan komentar, atau sekadar melihat saja.
  • Hindari memberikan link yang memungkinan orang lain untuk melakukan edit. Kalau sampai file terhapus, kamu sendiri yang akan kerepotan.
  • Saat mengunduh file dengan link Google Drive khususnya berjenis video, ruang yang dipakai akan semakin kecil. Itulah kenapa setelah mengunduh dan tersimpan di PC, cek pada Google Drive untuk dihapus secara permanen file-nya.
  • Ada batasan unduh pada link Google Drive kalau dalam sekali waktu diakses oleh banyak orang.
  • Tidak ada fitur pemindai virus untuk file yang ukurannya besar. Jadi, nyalakan antivirus yang kamu miliki.

Google Drive adalah tempat penyimpanan online yang memiliki kapasitas 15 GB untuk versi gratisnya. Selanjutnya kalau ingin mendapatkan kuota lebih besar bisa berlangganan paket tertentu untuk beberapa bulan ke depan, biasanya akan bertambah sampai 100 GB.

Sebagai salah satu layanan terbaik dari Google, platform ini cocok dipakai untuk kamu yang bekerja secara online dan ingin menghindari beberapa masalah klasik saat memakai komputer yakni data sering hilang pada kondisi tertentu padahal sudah lelah saat mengetik.

Dengan memahami cara membuat link Google Drive di atas, kamu bisa dengan mudah melakukan share aneka file untuk diunduh sampai dibuka lagi untuk melakukan collaboration job dengan orang lain. Selain itu kamu juga bisa memiliki cadangan data yang bisa diakses kapan pun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like