21+ Jenis Perlengkapan Alat Kantor [Terlengkap]

Alat alat kantor
Pixabay.com

Alat Alat Kantor – Setelah sebelumnya kita sudah membahas mengenai alat laboratorium beserta fungsinya.

Pada kali ini kita akan sedikit memberi tahu tentang berbagai hal yang mengenai macam-macam perlengkapan kantor, yakni segala sesuatu yang diperlukan untuk melengkapi beragam peralatan yang ada di dalam kantor setiap perusahaan.

Untuk perlengkapan kantor ini biasanya dalam bentuk barang-barang yang kecil, sering dipakai, dan biasanya juga selalu cepat habis, serta harganya pun tidak terlalu mahal.

Perlengkapan kantor atau disebut dengan Office Stationary ini bisa kalian beli di supermarket ataupun toko buku serta peralatan tulis.

Pengertian Alat-alat Kantor

Alat-alat kantor adalah suatu barang yang dipakai untuk menghasilkan sebuah pekerjaan yang diharapkan ketika di kantor.

Alat-alat kantor merupakan suatu barang atau fasilitas yang wajib dimiliki dalam suatu perkantoran. Berikut macam-macam alat kantor yang wajib kalian ketahui:

1. Alat Kertas

Alat alat kantor
Pixabay.com

Kertas termasuk salah satu dari perlengkapan kantor yang cukup dibutuhkan banget untuk menulis, mencetak ataupun menggambar.

Bagi banyaknya perusahaan, kertas mempunyai banyak sekali manfaat sehingga kertas tersebut hampir menjadi suatu kebutuhan pokok untuk menopang aktivitas kantor.

Munculnya kertas merupakan dari sebuah revolusi baru dalam dunia tulis menulis yang menyumbangkan sebagian arti besar dalam peradaban dunia.

Kertas yang biasa dipakai untuk alat perlengkapan kantor ini biasanya berjenis seperti:

  • HVS (Houtvrij Schrijfpapier)
  • Ukuran A4 (21 cm x 29.7 cm)
  • F4 atau Folio (21.6 cm x 33 cm)

2. Alat Pensil dan Penghapus

Alat alat kantor
Pixabay.com

Pensil ini merupakan salah satu dari pada perlengkapan kantor yang bisa dipakai sebagai sarana untuk menulis ataupun menggambar sesuatu untuk mengungkapkan suatu ide ataupun sebuah gagasan yang ditulis diatas kertas.

Sifat dari pensil yang fleksibel (mudah dipakai serta dihapus) pensil juga sering sekali digunakan ketika dalam membuat perancangan yang belum final (sementara).

Macam-macam ide atau pemikiran yang ada itu bisa langsung ditulis diatas kertas dan juga bisa dihapus jikalau memang tidak diperlukan.

Ada banyak sekali jenis dan ukuran pada pensil yang bisa kita gunakan, secara umum biasanya pensil yang sering digunakan adalah pensil yang berukuran HB serta 2B.

Perbedaan dari ukuran tersebut terletak pada pekat atau tidaknya sebuah goresan yang dihasilkan.

Untuk beberapa kebutuhan tertentu seperti desain dan juga arsitek, sebagian perusahaan ada yang memakai pensil jenis mekanik yang mempunyai ukuran ketebalan yang cukup stabil.

3. Alat Pulpen

Alat alat kantor
Pixabay.com

Pulpen ini berasal dari bahasa Belanda “vulpen” adalah sebuah peralatan yang paling sering dipakai untuk menulis di atas kertas.

Alat ini berwujud mata pena berujung tajam yang dilengkapi dengan pegangan berisi kantong tinta yang dapat diisi kembali.

Dalam perkembangannya, alat tulis ini tersedia dengan berbagai jenis, misalnya seperti Pulpen fountain, Pulpen Ballpoint, pulpen gel, Pulpen Rollerball serta Pulpen Hi-Tecpoint.

Masing-masing dari jenis pulpen tersebut mempunyai variasi harga dan juga kualitas yang berbeda-beda, sebagian dari kalangan pebisnis memakai pulpen dapat menjadikan salah satu hal yang dapat meniakan citra personal.

4. Alat Tipe-X

Alat alat kantor
Bukalapak.com

Tipe-X ini merupakan sebuah alat yang sangat sering dipakai untuk menghapus tulisan-tulisan di atas kertas yang sudah ditulis dengan pulpen atau hasil dari print-out.

Tipe-X ini berwujud cairan putih yang dikemas dalam botol ukuran kecil dan ujungnya botol meruncing yang berfungsi sebagai dasar untuk menghapus.

5. Alat Penggaris

Penggaris
Kompasiana.com

Penggaris termasuk salah satu dari alat kantor yang cukup berguna untuk dipakai dalam mengukur sekaligus sebagai alat bantu gambar yang dapat menciptakan garis lurus.

Ada berbagai jenis penggaris yang dapat dipakai ketika sedang beraktivitas di kantor.

Dari mulai penggaris yang lurus hingga yang berbentuk segitiga (segitiga siku-siku, sama kaki serta segitiga siku-siku 30°–60°).

Penggaris tersebut terbuat dari bahan plastik, logam dan jenis yang lainnya.

6. Alat Tinta Printer

Alat alat kerja
Jakartanotebook.com

Ada beragam jenis tinta printer yang dapat dipakai untuk mencetak berbagai macam keperluan di kantor, penggunaan jenis tinta ini sangat tergantung sekali dengan kebutuhan mesin printer yang sedang dipakai itu.

Beberapa jenis printer biasanya menggunakan tinta printer yang tidak sama, misalnya seperti printer Dot Matrix itu tidak akan sama kebutuhan tintanya dengan printer jenis lainnya seperti:

  1. Ink jet Printer
  2. Laser jet Printer
  3. Thermal Printer
  4. Dsb.

Kalau secara umum, tinta printer ini memiliki 4 jenis warna primer sesuai dengan standar cetak, yaitu Cyan, Magenta, Yelow serta Key/Black (CMYK).

Perbedaan jenis tinta printer tersebut biasanya akan memiliki hasil serta kualitas yang berbeda pastinya.

7. Alat Penjepit Kertas

Penjepit Kertas
Pixabay.com

Penjepit pada kertas atau yang sering disebut paper-clip merupakan perlengkapan kantor yang sangat berguna untuk mengumpulkan lembaran-lembaran kertas dalam jangka waktu yang sementara.

Paperclip mempunyai bentuk yang kecil dengan bermacam warna dan penjepit ini sangat mudah untuk dilepas.

Baca Juga : Alat-alat Keselamatan Kerja.

Penjepit kertas
Pixabay.com

Selain dari pada Paper-clip yang terbuat dari kawat yang mudah dibengkokkan, terdapat jenis penjepit kertas lain yang dipakai untuk menyatukan atau mengumpulkan kertas dalam jumlah yang cukup banyak.

Penjepit kertas jenis ini biasanya sering disebut binder-clip, mempunyai ukuran yang lebih besar serta daya jepit yang lebih kuat.

8. Alat Tempat Kartu Nama

Tempat Kartu Nama
Bukabukumu.com

Kartu nama merupakan sebuah benda kecil yang berfungsi sebagai alat untuk promosi sekaligus sebagai kartu identitas yang biasanya dipakai untuk mewakili perusahaan.

Selain bisa dibawa kemana saja, kartu nama biasanya juga selalu diletakkan di setiap meja kantor dengan wadah yang khusus.

Untuk tempat kartu nama memiliki beragam bentuk dan juga bahan yang dipakai, misalnya seperti yang terbuat dari bahan mika, logam, kayu dan lainnya.

9. Alat Kop Surat

Alat alat kerja
Printondemand.co.id

Setiap perusahaan yang mau bisnisnya berkembang dan tetap maju, kop surat ini dapat menjadi salah satu perlengkapan kantor yang harus ada, untuk memenuhi suatu kebutuhan korespondensi pada kantor.

Kop surat ini selain dapat dipakai sebagai alat untuk menunjukkan sebuah identitas perusahaan, perlengkapan ini juga efektif dipakai sebagai media promosi dalam bentuk surat.

10. Amplop

Amplop
Tokopedia.com

Amplop di zaman sekarang termasuk salah satu dari perlengkapan kantor yang berfungsi untuk membungkus surat.

Selain sebagai pembungkus, amplop ini juga dapat dipakai sebagai media promosi dan meningkatkan citra perusahaan melalui sebuah surat.

Amplop yang difungsikan sebagai branding usaha, biasanya akan dibikin sebuah desain yang menarik supaya mampu memunculkan kesan yang baik oleh si penerimanya.

Berbagai bahan dan bentuk bisa dieksplorasikan supaya dapat tampil berbeda dengan amplop-amplop yang dimiliki oleh perusahaan yang lainnya.

11. Alat Flashdisk,Memory-Card dan Eksternal Hardisc

Alat alat kantor
Pixabay.com

Alat-alat di atas ini berguna untuk menyimpanan data-data digital selain dari pada komputer.

Tidak hanya untuk media penyimpanan saja, alat ini juga berfungsi untuk memindahkan data-data digital dari komputer satu kepada komputer yang lainnya.

Perlengkapan kantor yang berupa Flashdisk, Memory-card dan Eksternal Hardisc ini mempunyai kapasitas yang berbeda-beda dari masing-masing alat tersebut.

12. Alat Stop Map

Alat alat kantor
Shopee.co.id

Stop map ini termasuk ke dalam salah satu perlengkapan kantor yang dipakai untuk menyimpan kertas dan juga dokumen supaya tidak terlipat ataupun tertekuk.

Stop map atau yang biasa disebut dengan sebutan Map ataupun folder ini dapat dipakai untuk mengklasifikasikan setiap dokumen berdasarkan kategorinya masing-masing, perlengkapan ini sangatlah membantu menyusun kertas dokumen.

Stop map biasanya dibuat menggunakan bahan dasar dari plastik atau kertas tebal yang juga dapat difungsikan sebagai cover untuk dokumen, Tidak ada ukuran baku ketika membuat stop map.

Secara umum benda ini memiliki ukuran yang sudah disesuaikan dengan ukuran kertas A4 dan F4.

Bagi banyaknya perusahaan, stop map ini sering sekali dimanfaatkan sebagai alat promosi, dicetak memakai teknik full color yang menampilkan identitas brand ataupun corporate identity pada sebuah perusahaannya.

13. Alat Stempel

Alat alat kantor
Shopee.co.id

Stempel ini merupakan salah satu perlengkapan kantor yang dimanfaatkan sebagai alat pengesahan dari berbagai transaksi dan juga korespondensi pada perusahaan.

Stempel ini mempunyai peran yang sangat penting untuk menunjukkan identitas sebuah perusahaan.

Selain untuk alat penguat keputusan pimpinan perusahaan serta sebagai bentuk pertanggungjawaban.

Ada berbagai macam dan bentuk stempel yang dipakai, mulai dari yang berbentuk bulat, bentuk kotak, bentuk oval, ataupun yang berbentuk bebas.

14. Alat Gunting

Alat alat kantor
Pixabay.com

Pada setiap kantor keberadaan gunting juga tidak kalah penting dengan alat-alat yang lainnya, gunting ini dapat dipakai untuk memotong bahan yang tipis seperti sebuah kertas, plastik tipis, tali, kain atau bahan yang lainnya.

Gunting lebih baik dari pada sebuah pisau untuk beberapa penggunaan misalnya seperti memotong artikel Koran ataupun gambar.

Selain dari itu bisa dipakai untuk memotong rambut, karena gunting ini mempunyai dua sisi yang tajam.

15. Alat Stapler

Alat alat kantor
Pixabay.com

Stapler merupakan sebuah alat untuk menyatukan sejumlah kertas dengan cara memasukkan isi stapler.

Pada isi stepler tersebut biasanya mempunyai bentuk menyerupai huruf “U” yang terlipat pada bagian bawah kertas jika panjang kedua ujung isi stapler tersebut melebihi ketebalan dari kertas.

Stapler ini juga mempunyai banyak sekali ukuran serta cara penggunaannya.

16. Alat Perforator

Alat alat kantor
Bukalapak.com

Perforator merupakan sebuah alat yang terbuat dari bahan besi dan digunakan untuk membuat lubang dengan rapi pada setiap permukaan kertas.

Baca Juga : Alat Ukur Tanah.

Untuk cara manggunakan perforator ini yaitu dengan cara menjepit beberapa kertas, lalu kalian posisikan pada baja tajam yang berbentuk silinder dengan bagian tengah ujungnya berbentuk agak cekung.

Setelah kalian menekan tuas perforator tersebut maka pada kertas akan terbentuk lubang dengan sendirinya.

17. Alat Perekat (Lem)

Alat perekat
Elevania.co.id

Lem merupakan bahan lengket dalam bentuk cairan yang dapat menempel pada 2 benda ataupun lebih. Lem juga dapat dibuat dari bagian tumbuhan dan hewan serta bahan kimia dari minyak.

Lem pada pertama kali adalah sebuah cairan alami yang berasal dari pohon saat ditebang.

Lalu banyak orang yang belajar untuk membuat lem dengan cara merebus kaki, tulang serta tulang rawan binatang.

Sebagian lem yang kuat pertama kali dibuat menggunakan bahan tulang ikan, karet, serta susu.

Lem yang sederhana bisa kalian buat di rumah dengan mencampur tepung terigu bersama air. Lem tersebut akan merekatkan potongan-potongan pada kertas bersama.

Banyak sekali seni yang dapat dibuat memakai lem, seperti keliping.

Keliping adalah sebuah karya seni yang dibuat dengan menggunakan lem untuk menempelkan benda-benda berwarna ke sebuah kertas.

18. Alat Kalender

Alat alat kantor
Pixabay.com

Kalender merupakan sebuah sistem untuk memberikan nama pada setiap periode waktu (seperti hari dan juga bulan sebagai contohnya).

Nama-nama tersebut dikenal sebagai tanggal dan bulan di kalender.

Tanggal ini bisa didasarkan dari suatu gerakan pada benda angkasa seperti matahari dan juga bulan.

Kalender tersebut bisa mengacu kepada alat yang mengilustrasikan sistem tersebut (misalnya seperti, sebuah kalender yang terdapat dinding).

19. Alat Lainnya

Alat alat kantor
Bukabukumu.com

Beberapa dari peralatan yang sudah disebutkan diatas itu merupakan standar minimal yang memang harus ada ketika sedang membeli perlengkapan untuk di kantor.

Nah, itu dia beberapa alat-alat kantor yang wajib ada ketika kalian sedang membelinya. Semoga bermanfaat buat kalian semuanya, jangan lupa share artikel ini kepada yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Contoh Undangan Pernikahan
Baca Yuk!

Contoh Undangan Pernikahan

Contoh Undangan Pernikahan – Undangan adalah satu bagian dari sekian banyak list ketika akan melangsungkan pernikahan. Undangan juga…