Contoh Undangan Aqiqah Untuk Acara Tasyakuran

Contoh Undangan Aqiqah – Apakah kamu sudah tau apa itu aqiqah? Kalau kamu beragama muslim pasti sudah mengetahui apa itu aqiqah. Dalam istilah agama, aqiqah adalah sembelihan bagi anak yang baru lahir sebagai salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT dengan niat dan syarat tertentu.

Sebagian dari ulama, aqiqah ini biasa disebut dzbihah atau nasikah yang mempunyai arti sembelihan. Hukum Aqiqah menurut kalangan Syafi’i dan Hambali merupakan sunnah muakkadah.

Dengan memakai landasan dasar dari salah satu hadist Nabi Saw, yang berbunyi “Anak tergadai dengan aqiqahnya. Disembelihkan untuknya pada hari ketujuh (dari hari kelahirannya).” (HR. At-Tirmidzi, Hasan Shohih).

Dalam artikel ini hanya memberikan referensi dari beberapa contoh undagan aqiqah. Jadi kamu tidak akan pusing untuk merangkai kata-kata yang akan kamu tulis. Karena kami sudah meyediakan referensi kata-kata yang bagus dan menarik serta desain undangannya juga insyaAllah kami berikan.

Berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Aqiqah

Contoh Undangan Aqiqah
720px.com

Aqiqah adalah salah satu bagian dari ibadah kita kepada Allah SWT atas kelahiran buah kelahiran laki-laki maupun perempuan.

Acara ini dilaksanakan dengan melakukan penyembelihan hewan yang akan dikurbankan dengan memiliki niat karena Allah semata. Hal tersebut merupakan bagian dari rasa syukur kita karena sudah diberikan harta yang tidak ternilai dengan apapun.

Pelaksanaan aqiqah juga masih termasuk pada hukum dan syarat yang mesti dipenuhi.

Sebagai bagian sunnah muakkadah yang dianjurkan langsung oleh Rasulullah dan sudah diberikan contoh dan juga proses yang mesti dilakukan. Maka daripada itu sebagian dari orang tua diharuskan untuk melaksanakan aqiqah setelah melahirkan si buah hati.

Kamu juga harus melakukan berbagai macam persiapan dari awal sampai pada proses akhir yang akan dilewati. Jika kamu sudah mempersiapkan dengan sangat matang maka acaranya akan berjalan dengan lancar.

Pastikan kamu sudah memiliki gambaran terkait undangan aqiqah yang nantinya akan kamu buat.

Tips Membuat Undangan Aqiqah dan Tasyakuran

Berikut adalah beberapa hal yang wajib kamu persiapkan untuk membuat undangan aqiqah dengan benar, antara lain:

  • Pemilihan kata atau kalimat yang pas
  • Desain yang sesuai
  • Menggunakan warna yang natural dan tidak berlebihan
  • Dsb.

Macam-Macam Undangan Aqiqah dan Desain

Berikut merupakan contoh-contoh undangan aqiqah yang bisa kamu tiru, antara lain:

Contoh Undangan Aqiqah Sederhana

Contoh undangan aqiqah yang baik tidak harus menggunakan kata-kata atau kalimat yang bertele-tele. Cukup memakai kalimat yang pendek, padat, serta jelas. Sehingga maksud dan tujuannya bisa tersampaikan dengan baik kepada orang yang membacanya.

Intinya kita sanak, kerabat, tetangga, dan teman-teman yang kita kenal supaya mereka bisa hadir dalam acara tersebut. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat undangan aqiqah.

  1. Saat membuat undangan aqiqah harus kamu awali dengan salam pembuka, karena salam pembuka ini merupakan suatu hal yang wajib kamu pakai sebagai salam sapaan kepada orang yang membacanya. Dan biasanya dengan memakai kalimat “Assalamu’alaikum” atau bisa menggunakan kata yang lain.
  2. Jika kamu sudah membuat salam pembukaan, selanjutnya kamu harus membuat isinya. Contoh isi dari undangan aqiqah meliputi hari, tanggal, tempat, dan serangkaian acara dalam aqiqah tersebut (jika ada). Hal yang wajib kamu perhatikan betul-betul adalah terkait waktu acara. Jika waktu acara tersebut sudah salah, maka akan sangat fatal sekali. Tidak akan ada tamu yang hadir atau bisa jadi jamnya telat, hehe.
  3. Kemudian jika kedua langkah di atas sudah selesai, langkah selanjutnya adalah membuat kalimat penutup. Penutup adalah salah satu hal yang sangat penting dalam syarat membuat sebuah undangan aqiqah. Penutup merupakan salah satu bentuk pengharapan atau permohonan penulis terhadap si pembaca surat, supaya orang yang diundang tersebut dapat menghadiri acara yang akan diselenggarakan. Kalimat penutup dengan salah merupakan bentuk sopan santun dalam membuat surat undangan.

Itulah beberapa hal penting yang wajib kamu perhatikan sebelum membuat surat undangan aqiqah. Tetapi kamu tidak perlu khawatir kalau masih merasa kebingungan dalam merangkai katanya.

Contoh Tulisan Undangan Aqiqah

Berikut akan kami tulis contoh yang bisa kamu tiru dalam membuat sebuah surat undangan aqiqah.

 

UNDANGAN

Senin, 27 Maret 2020

Yth Bapak / Ibu / Saudara /i

Ditempat

Assalamu’alaikum wr. wb

Alhamdulillah, puji syukur atas nikmat serta rahmah yang diberikan oleh Allah SWT, kami sekeluarga bermaksud untuk mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i agar dapat hadir dalam acara tasyakuran anak kami yang kedua “Muhammad Dira” yang insyaAllah akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal    : Jum’at, 31 Maret 2020

Pukul                 : 13.00 WIB – selesai

Alamat              : Komplek Pondok Indah, Blok B Nomor 8, Jakarta.

Suatu kehormatan bagi kami sekeluarga apabila Bapak/Ibu/Saudara/i berkenan hadir dalam acara aqiqah anak kami.

Atas kehadiran dan doanya kamu ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum wr. wb

Hormat kami,

 

Umar & Siti Aisyah

 

Contoh Desain Undangan Aqiqah yang Unik

Kalau kamu termasuk orang yang anti mainstream, kamu juga dapat membuat undangan aqiqah tersebut menjadi lebih unik. Anti mainstream tersebut maksudnya itu berbeda dengan yang lainnya.

Baca Juga dong : Contoh Poster

Nah, berikut beberapa contoh undangan aqiqah yang bagus dan juga unik.

Contoh Undangan Aqiqah

undangan tasyakuran
650px.com

Unik banget kan hasil desainya? Apakah kamu menginginkan desain seperti gambar tersebut, kamu juga dapat memesannya langsung dipercetakkan terdekat. Pastinya dari segi desainnya sudah tidak diragukan lagi.

Undangan yang unik bisa membuat para pembacanya menjadi bahagia saat diberi undangan tersebut, percayalah!

Contoh Undangan Aqiqah yang Baik dan Benar

 

UNDANGAN

Senin, 27 Maret 2020

Kepada Yth. Bapak/Ibu/Saudara/i

Di tempat

Assalamu’alaikum wr. wb

Alhamdulillah telah lahir dengan selamat, anak kedua kami pada tanggal 25 Maret 2020 dan diberi nama “Muhammad Arif”

Sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT, kami mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i untuk bisa hadir dalam acara tasyakuran dan Aqiqah anak kami yang insyaAllah akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal   : Jum’at, 30 Maret 2020

Pukul               : 15.00 WIB s/d selesai

Alamat            : Jalan Imam Bonjol, Nomor 15, Jakarta.

Doa restu dan kehadiran Bapak/Ibu/Saudara/i merupakan sebuah kehormatan serta kebahagian bagi kami dan keluarga.

Atas kehadiran dan doanya kami ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum wr.wb

 

Contoh Desain Undangan Aqiqah yang Simple

Hal yang wajib diperhatikan saat sedang membuat sebuah undangan aqiqah adalah desain undangannya. Karena pertama kali yang dilihat oleh semua orang sebelum membaca adalah dari desain undangannya.

Baca Juga dong : Contoh Proposal Pengajuan Dana

Jika desainnya sudah kurang bagus atau jelek, maka bisa mengurangi minat baca orang-orang. Tapi kamu janagan khawatir, kalau kamu benar-benar tidak bisa desain maka kamu bisa gunakan jasa desain percetakkan yang menurutmu bagus.

Pastinya di setiap percetakkan itu mempunyai standar kualitas yang berbeda-beda khususnya dari segi harga. Berikut beberapa contoh desain undangan aqiqah yang bisa kamu jadikan sebegai referensi.

Contoh Undangan Tasyakuran
600px.com

Contoh desain undangan di atas terlihat sangat elegan bukan? Dengan pemilihan warna yang tepat maka kamu bisa membuat undangan tersebut menjadi terlihat menarik.

Dalam segi desain yang wajib banget kamu perhatikan adalah fontnya. Jika desainnya sudah bagus tetapi fontnya kurang begitu mendukung maka hasilnya juga akan kurang maksimal. Misalnya fontnya terlalu kecil, maka si pembaca akan kesulitan membacanya.

Baca Juga dong : Contoh Ucapan Selamat Menikah

Desain di atas menurut kami itu sudah sangat memenuhi standar untuk dijadikan undangan aqiqah.

Contoh Undangan Aqiqah
700px.com

Kamu juga bisa memakai desain yang simpel seperti contoh gambar di atas, contoh undangan aqiqah dan tasyakuran di atas sangat cocok sekali untuk kamu jadikan sebagai referensi.

Undangan yang simpel akan sangat mudah dimengerti dan dipahami oleh para pembaca, karena kalimatnya tidak begitu panjang.

Cara Membuat Kartu Undangan Aqiqah dengan Mudah

Contoh Undangan Aqiqah
600px.com

Dalam pembuatan undangan aqiqah sebenarnya itu cukup mudah lho. Yang terpenting kamu harus mengetahui seperti apa saja prosesnya. Kamu juga harus mempunyai banyak kemampuan dalam memainkan kata dan gambar, serta bisa melahirkan nilai estetika yang bagus.

Baca Juga dong : Contoh Undangan Pernikahan

Keindahan untuk tampilan undangan kami rasa sangatlah penting, karena hal tersebut akan menjadi magnet oleh orang yang melihatnya agar tertarik untuk membacanya.

Jangan sampai undangan yang kamu buat itu hanya sebatas pajangan karena tidak memiliki nilai sama sekali.

Agar hal tersebut tidak terjadi, maka kamu harus melakukan cara-cara berikut:

Gunakan Pembuatan Undangan Secara Online

Pertama kamu bisa membuatnya dengan menggunakan aplikasi yang sudah banyak tersedia secara online. Sekarang juga sudah sangat mudah sekali untuk menemukan contoh-contoh gambar untuk desain undangan aqiqah.

Manfaatkan teknologi untuk bisa membuat undangan yang bagus.

Menggunakan Aplikasi yang Tepat

Kamu harus bisa memilih aplikasi yang tepat sesuai dengan yang sudah kamu kuasai. Kamu juga bisa membuatnya melalui word yang termasuk mudah untuk kamu lakukan dan kartu ucapan aqiqah dapat kamu edit dengan cepat.

Atau juga bisa menggunakan aplikasi photoshop yang sangat banyak sekali penggunanya. Bisa juga kamu memakai platform / aplikasi canva yang sangat mudah digunakan.

Aplikasikan Pemikiran Pemikiran Personal

Gunakanlah ide-ide cantik yang kamu miliki untuk membuat undangan aqiqah tersebut. Karena dalam proses pembuatannya itu masih sangat memerlukan sentuhan alami sebagai permintaan orang yang memiliki hajat tersebut. Sehingga bisa lebih menjiwai isi dari undangan yang dibuat tersebut.

Penutup

Itulah beberapa contoh undangan aqiqah dan tasyakuran yang bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam membuat ataupun mendesain undangan yang lebih bagus dari contoh yang sudah kami berikan di atas.

Semoga kamu dapat mengambil sisi positif dari undangan yang kami jadikan sebagai referensi tersebut. Terimakasih.

3 pemikiran pada “Contoh Undangan Aqiqah Untuk Acara Tasyakuran”

Tinggalkan komentar