Ragam Kerajinan Tangan. Indonesia mempunyai banyak bahan dasar limbah yang bisa dijadikan sebagai karya ragam kerajinan tangan. Product kerajinan dari bahan limbah organik yang ada di Indonesia sangat kreatif, inovatif, bermacam serta senantiasa berkembang serta sudah di kenal di mancanegara. Oleh karenanya Indonesia di kenal sebagai negara eksportir paling besar kerajinan yang di buat oleh tangan (handmade). Tangan-tangan trampil serta pemikiran kreatif inovatif karya anak bangsa cukup dikagumi oleh bangsa lain. Kita pantas bangga untuk hal itu. Sebagian photo karya dalam pameran yang dikerjakan di sebagian tempat bisa menunjukkan begitu Indonesia kaya kerajinan dari limbah organik unik dan menarik

√ 47+ Macam Kerajinan dari limbah organik yang mudah dibuat

Kerajinan dari limbah organik – Negara Indonesia ini memiliki banyak sekali limbah yang dapat dijadikan sebagai sebuah kerajinan. Para pembuat kerajinan yang terdapat di Indonesia ini sangatlah inovatif, kreatif dan selalu berkembang bahkan sudah di kenal di berbagai mancanegara.

Oleh karena itu negara Indonesia ini dikenal dengan julukan eksportir paling besar sebuah kerajinan tangan yang dibuat oleh (handmade). Ketererampilan serta ide-ide kreatif dan inovatif yang dimiliki oleh anak bangsa ini sudah membuat bangsa lainnya terkagumi.

Kita semua pantas membanggakan hal tersebut, karena mereka telah mengharumkan nama bangsa ini dengan sebuah kerajinan yang mereka buat.

Pengertian dari Limbah Organik

Jadi limbah organik ini adalah suatu jenis limbah yang dapat diperbaharui, diuraikan, serta dapat di daur ulang kembali. Limbah organik ini adalah hasil dari perkumpulan sisa-sisa tanaman dan juga hewan-hewan yang telah mati dan mengalami pelapukan sampai pembentukan kembali.

Limbah organik ini berada di posisi pelapukan yang aktif dan dijadikannya sebagai mangsa dari serangan jasad mikro. Yang berakibat limbah tersebut mengalami perubahan terus-menerus hingga harus diperbaharui lagi dengan penambahan dari sisa-sisa tanaman dan hewan.

Kerajinan Tangan dari bahan Limbah Organik

kerajinan tangan dari limah organik
ryanstanton.wordpress.com

Adapun limbah organik yang digunakan untuk menjadi bahan dasar dari suatu kerajinan tangan ini dapat dibedakan menjadi dua sisi, yaitu:

1. Limbah Organik yang Kering

Pada sampah yang kandungan airnya sangat rendah, seperti:

  • Kardus atau kertas.
  • Serbuk gergaji.
  • Kayu.
  • Tempurung kelapa.
  • Kulit telur.
  • Sisik ikan.
  • Kerang.
  • Dsb.

Hampir semua limbah organik kering yang disebutkan di atas itu dapat di daur ulang kembali untuk dijadikan sebuah kerajinan yang unik, karena memiliki sifat yang sangat kuat dan juga bertahan lama.

Untuk memproses limbah organik yang kering tidak perlu membuat banyak persiapan, jadi limbah ini bisa langsung dipakai karena dia memiliki sifat yang kering. Akan tetapi hal yang perlu diantisipasi itu adalah jika bahan limbah organik yang kering ini terkena air, maka harus dikeringkan terlebih dahulu dengan cahaya matahari.

Selain menggunakan cahaya matahari tadi juga bisa menggunakan cara lain seperti memakai alat pengering agar kandungan air yang ada pada bahan kerajinan dari limbah organik itu bisa kembali seperti semula. Pada bahan limbah organik yang kering tersebut bisa dibuat beragam macam jenis kerajinan.

2. Limbah Organik yang Basah

Pada yang mempunyai kandungan air yang sangat tinggi, seperti:

  • Kulit sayuran
  • Kulit buah
  • Dedaunan

Limbah organik basah dan bisa dijadikan sebuah kerajinan seperti biji-bijian, jerami, kulit jagung, kulit bawang, dan lain-lain.

Pemrosesan yang dilakukan untuk limbah basah ini bisa dilakukan dengan cara dikeringkan terlebih dahulu sampai kandungan air yang ada pada limbah tersebut benar-benar habis. Bahan yang sudah kering ini adalah bahan baku yang nantinya akan dibuat menjadi macam-macam kerajinan.

Sampah organik adalah sebuah limbah yang berasal dari sisa-sisa bekas makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan yang telah mengalami proses pelapukan.

Pengelompokan Hasil dari Limbah Organik

pengelompokan untuk sebuah kerajinan dari limbah organik
Pixabay.com

Untuk pengelompokan yang dihasilkan dari limbah organik ini terbagi 4 yaitu:

1. Daerah Pertanian

Limbah organik yang dihasilkan dari daerah ini yaitu jerami padi, kulit jagung, batang dari daun singkong, kulit bawang serta yang lainnya.

2. Daerah Pegunungan

Limbah organik yang paling banyak dihasilkan dari daerah seperti pegunungan ini adalah kulit buah-buahan dengan tekstur yang cukup keras seperti durian, kulit petai Cina, salak, dan lainnya.

3. Daerah Perkotaan

Adapun Limbah yang terdapat di daerah perkotaan umumnya sebuah kulit kacang, serutan kayu, kertas, kulit telur, kardus, kayu, serbuk gergaji, dan yang lainnya. Cara memproses sembah bahan limbah organik pada umumnya tidak ada yang berbeda. Pembuatan nya dikerjakan oleh mesin atau pun cara yang manual.

4. Daerah Pesisir Pantai

Limbah organik yang terdapat di daerah pesisir pantai ini cukup banyak sekali, diantaranya yaitu cangkang dari kerang laut, tulang ikan, sisik ikan, serabut kelapa, tempurung kelapa, dan yang lainnya.

Kerajinan dari Limbah Organik

Berikut ini akan kami tampilkan beberapa contoh kerajinan yang terbuat dari limbah organik yang tentunya menarik dan juga unik, simak ulasan berikut ini.

1. Kerajinan dari Limbah Organik Bonggol Jagung

kerajinan bonggol jagung dari bahan limbah organik
ilovebonggoljagung.blogspot.com

Bonggol jagung merupakan salah satu dari limbah pertanian yang sampai sekarang ini belum maksimal penggunaannya, bonggol jagung juga sampai sekarang ini masih terbatas digunakan hanya sebatas pekan ternak.

Namun para ahli kerajinan tangan di Indonesia melihat hal seperti ini merupakan salah satu sebuah peluang yang sangat menarik untuk dijadikan sebuah kerajinan tangan dengan nilai jual yang amat tinggi.

Dari limbah bonggol jagung ini kalian dapat membuat berbagai macam kerajinan seperti:

  • Lampu hias.
  • Tempat tisu.
  • Toples.
  • Miniatur rumah dan peralatannya.
  • Tatakan.
  • Lampion.
  • Dsb.

Namun hambatan dalam membuat kreasi yang terbilang cukup unik ini yaitu dalam hal menjaga bonggol jagung nya agar tidak berjamur. Cara membuat agar bonggol jagung nya tidak berjamur yaitu dengan cara merendamnya kedalam larutan anti jamur.

2. Kerajinan dari Limbah Organik Kulit Bawang Putih

kerajinan dari limbah organik bunga kulit bawang
bukalapak.com

Di sekitar kita mungkin terdapat banyak bahan limbah yang ternyata kalau diamati lebih jauh lagi mengandung nilai eksotika atau suatu keindahan tertentu. Bentuk alami dari kulit bawang putih misalnya, jika kalian lihat dengan seksama itu menunjukan terdapat guratan-guratan dan juga warna yang indah.

Oleh karena itu limbah dari kulit bawang dapat kalian jadikan sebagai bahan kerajinan tangan ataupun prakarya yang menarik. Memang sifatnya yang rapuh dan juga tipis ini sedikit menyulitkan jika dibentuk dan juga dikreasikan.

Akan tetapi, ketika kita mampu melakukannya dengan penuh ketelatenan dan perlu kesabaran, maka hiasan unik dan indah seperti gambar di atas itu akan menjadi lebih baik dan juga bisa memiliki nilai jual yang tinggi.

3. Kerajinan dari Limbah Organik Pelepah Pisang

kerajinan limbah organik-tempat tisu
cara-mania.blogspot.com

Limbah dari pelepah pisang mudah sekali kita dapatkan diberbagai tempat. Hal ini dikarenakan pohon pisang yang mudah tumbuh pada permukaan tanah yang berbagai macam kondisi.

Dengan bermodal kreativitas yang baik untuk tetap berinovasi, waktu dulu limbah pelepah pisang ini sering sekali teruang dan sekarang sudah bisa diubah menjadi sbeuah kerajinan yang berpeluang dijadikan sebuah usaha baru yang dapat menghasilkan untung bagi pelakunya.

Bahkan sudah banyak para pengrajin dari pelapah pisang ini yang telah berhasil membawa produknya menembus pasar dunia dan juga menciptakan sebuah lapangan kerja yang baru untuk sekaligus untuk mengurangi angka pengangguran di negara kita.

Sumber penghasilan tidak datang hanya lewat wasilah perusahaan-perusahaan besar, jika kita mau mengeluarkan kekreativitasan kita sedikit saja untuk menjadikan sebuah kerajinan dari bahan organik yang unik, maka semua benda itu bisa menjadi sumber usaha kita sendiri yang akan menghasilkan pundi-pundi rupiah.

4. Kerajinan dari Limbah Organik Kulit Bawang Merah

kerajinan kulit bawang dari bahan limbah organik yang unik.
duniabelajaranak.id

Limbah kulit bawang banyak sekali kita temukan di sekitaran sampah rumah warga. Kulit bawang ini juga memiliki faedah lainnya misalnya dipakai untuk bahan baku oleh para pengrajin dari bahan limbah organik.

Sebelum kulit bawang dipakai, sebaiknya dijemur terlebih dahulu menggunakan sinar dari matahari. Kemudian kulit bawang merah sudah bisa digunakan untuk menjadi sebuah karya seni.

5. Kerajinan dari Limbah Organik Kulit Jagung

kerajinan dari limbah organik-bunga dari kulit jagung yang unik
brainly.co.id

Kulit jagung merupakan sesuatu yang dapat dijadikan sebuah kerajinan dari bahan alam yang sangat sederhana dan sangat berguna. Hanya dengan bermodal kulit jagung, dapat kita gunakan menjadi seuah kerajinan yang unik.

6. Kerajinan dari Limbah Organik Tulang Sapi Bekas

kerajinan dari limbah organik tulang sapi
kerajinanindonesia.id

Limbah tulang sapi biasanya menjadi sampah yang sudah tidak dapat diolah. Berbeda lagi ketika tulang sapi tersebut sudah diolah. Sesuai dengan bahan yang dipakai berupa limbah tulang sapi yang disulap menjadi sebuah kerajinan yang mempunyai nilai tinggi.

7. Kerajinan dari Limbah Organik sabut kelapa

kerajinan sabut kelapa dari bahan limbah organik
tokomesinkelapa.com

Kelapa dikenal dengan bermacam-macam manfaat, mulai dari batang, daun, sabut, sampai buahnya. Kelapa juga banyak sekali dimanfaatkan hanya untuk diambil bagian akar sabutnya saja, dari akar tersebut kita dapat membuatnya menjadi sebuah kerajinan yang unik seperti gambar diatas.

8. Kerajinan dari Limbah Organik Kulit salak

kerajinan dari limbah organik kulit salak yang unik
ragamkerajinantangan.blogspot.com

Salak merupaka buah yang kulit dan bijinya itu dapat dijadikan salah satu kreasi seni yang dapat menghasilkan uang. Jadi, biji dan buah salak dapat kita buat menjadi sebuah hiasan yang bagus dan unik seperti salah satu kerajinan yang ada pada gambar di atas.

Kerajinan dari Limbah Organik Lainnya

Daftar Nama Kerajinan dari Limbah Organik Lainnya
1. Kerajinan dari Limbah Organik Kayu Kelapa
2. Kerajinan Limbah Organik Kulit Bambu
3. Kerajinan dari Limbah Organik Sisik Ikan
4. Kerajinan Limbah Organik Serbuk Gergaji
5. Kerajinan Limbah Organik Tulang Ikan
6. Kerajinan Limbah Organik Tulang Ayam
7. Kerajinan Limbah Organik Kulit Buah Durian
8. Kerajinan Limbah Organik Kulit Petai Cina
9. Kerajinan Limbah Organik Kulit Jeruk Bali
10. Kerajinan Limbah Organik Biji Karet
11. Kerajinan Limbah Organik Biji Kopi
12. Kerajinan Limbah Organik Batang Pohon Pisang
13. Kerajinan Limbah Organik Batang Singkong
14. Kerajinan Limbah Organik Kulit Kacang Tanah
15. Kerajinan Limbah Organik Kulit Kacang Arab
16. Kerajinan Limbah Organik Kacang Kedelai
17. Kerajinan Limbah Organik Daun Pandan
18. Kerajinan Limbah Organik Daun Kering
19. Kerajinan Limbah Organik Daun Mangga

Manfaat Kerajinan dari Limbah Organik

Untuk manfaat dari kerajinan limbah organik ini salah satunya adalah bisa kalian jadikan sebagai bisnis, yang nantinya akan menghasilkan uang dengan cara menjualnya.

Dengan bermodal kekreatifan saja, kalian sudah bisa menciptakan kerajinan tangan yang indah. Di bawah ini kami menyediakan video tentang cara menyulap limbah organik untuk dijadikan sebuah kerajinan yang bernilai tinggi.

Catatan:

Kami juga menyediakan berbagai macam produk kerajinan dari limbah organik mulai dari:

  • Tas dari rotan,
  • Tas dari cluth pandan,
  • Tas dari batok mini,
  • Tas gaul rajut nilon,
  • Tas dari eceng kerawang, dan
  • Cover untuk pot mendong keranjang.

Info lebih lanjut, silahkan hubungi kami dengan klik disini.

Demikian pembahasan mengenai kerajinan dari limbah organik yang unik. Semoga apa yang sudah kami tulis itu bisa kalian praktekkan di rumah masing-masing, dan bisa untuk mengasah skill kalian dalam membuat kerajinan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: